Sponsors Link

3 Cara Memperbaiki Lantai Menggelembung Sesuai Jenis Lantainya

Lantai menjadi salah satu aksen bangunan yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Karena itu telah hadir berbagai jenis model untuk menutupi lantai sehingga rumah menjadi lebih bersih dan nyaman. Anda bisa mencoba mengaplikasikan keramik, kayu, batu granit dan bahan vynil. Hanya saja setiap penutup lantai ini memiliki daya kekuatan dan tingkat keawetan sendiri-sendiri.

ads

Salah satu masalah yang paling sering pada beberapa model lantai tersebut adalah munculnya bagian lantai yang menggelembung. Setelah menggelembung maka biasanya lantai akan terangkat dan Anda bisa melihat bagian dasar lantai. Hampir semua jenis jenis lantai yang digunakan baik itu dari bahan kayu atau keramin ternyata memiliki kekurangan berupa lantai yang menggelembung. Agar Anda tidak bosan lagi mari mencoba cara memperbaiki lantai menggelembung sesuai jenis lantai, seperti dibawah ini.

1. Untuk lantai keramik

Keramik memang menjadi bahan yang sangat baik untuk dijadikan penutup lantai. Dari segi ukuran, motif dan warna keramik maka bisa digunakan untuk lantai ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi. Bahkan Anda juga bisa memasang kemarik untuk dinding. Hanya saja memang ada kelebihan dan kekurangan lantai keramik yang harus kita pahami. Terkadang keramik tidak tahan terhadap tekanan sehingga akhirnya keramik menggelembung. Jika sudah menggelembung maka lantai akan rusak dan keramik bisa terangkat. Untuk itu lakukan cara berikut ini:

  • Siapkan semua alat yang akan digunakan baik untuk mengangkat keramik lama atau memasang kemarik baru.
  • Cobalah untuk mengangkat keramik dengan pelan pada bagian yang menggelembung. Lakukan dengan hati-hati agar keramik tidak pecah.
  • Setelah keramik terangkat semua maka cobalah untuk membuat lubang di bagian tersebut dengan kedalaman sekitar 10 cm. Selanjutnya isikan lubang tersebut dengan kerikil yang ukurannya lembut.
  • Setelah itu cobalah untuk memasang keramik lagi sesuai dengan posisi dan motifnya.

Jangan lupa untuk memasang pada isi nat di sekitar rongga keramik sehingga keramik menempel dengan kuat.

2. Untuk lantai kayu

Banyak rumah mewah atau rumah minimalis yang memilih model lantai kayu. Lantai kayu dianggap lebih dingin dan mewah meskipun rumah berukuran cukup kecil. Tentu saja untuk memasang lantai kayu memang tidak mudah. Biasanya dibutuhkan jasa yang sudah profesional untuk membuat lantai kayu tersebut. Bahkan harus disesuaikan dengan bahan bahan dalam membangun rumah yang lain. Dan sama seperti lantai keramik maka lantai kayu juga bisa menggelembung sehingga akan lebih rusak jika tidak diperbaiki dari awal. Nah berikut cara memperbaikinya.

  • Bor bagian lantai kayu yang menggelembung dengan bor listrik pada bagian tengah lantai kayu. Kemudian angkat kembali papan kayu yang menggelembung tadi.
  • Ukur kedalaman lantai kayu dengan memasukkan paku pada yang sudah dilubangi tadi dan tandai pada paku.
  • Masukkan bahan lem kayu khusus ke dalam alat suntikan kemudian isikan pada lubang yang sudah ditandai dengan paku tersebut.
  • Setelah selesai pasang kembali lantai kayu tersebut ke tempatnya.

3. Untuk lantai vynil

Memasang lantai vynil juga dianggap hal yang sangat menarik untuk berbagai konsep rumah. Model penutup lantai ini bisa diberikan setelah melakukan tips membuat plesteran lantai yang rata. Keuntungan model lantai vynil adalah aplikasi yang sangat mudah, harga yang lebih murah, perawatan yang sangat biasa atau umum dan bisa diganti kapan saja jika sudah merasa bosan. Namun jika bahan lantai vynil dipasang untuk lantai yang luas maka biasanya ada bagian lantai yang akhirnya menggelembung. Kondisi ini dipengaruhi oleh faktor cuaca di lingkungan rumah. Agar gelembung bisa hilang maka bisa melakukan beberapa langkah ini.

  • Jika ternyata gelembung berukuran kecil maka cobalah untuk menusuk bagian gelembung tersebut dengan jarum yang kecil. Setelah udara dibagian bawah gelembung hilang maka biasanya gelembung akan merata lagi.
  • Anda juga bisa melapisi bagian vynil yang menggelembung dengan handuk kemudian gunakan setrika panas pada handuk tersebut. Cara ini untuk memanaskan bahan vynil sehingga gelembung hilang dan lantai tampak rata.
  • Jika gelembung selalu muncul di area yang sama maka cobalah untuk menumpuk bagian tersebut dengan benda yang berat seperti tumpukan buku.

Mengenal Penyebab Lantai Menggelembung

Pada dasarnya beberapa bahan lantai seperti keramik, kayu, papan, dan bahan vynil memang memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun masalah yang jelas dari berbagai jenis bahan lantai ini adalah ketika ada bagian lantai yang menggelembung. Termasuk untuk rumah kecil dengan cara membuat rumah minimalis dan rumah yang berukuran besar. Karena itu ada beberapa penyebab dasar yang membuat lantai menggelembung yaitu:

  1. Kesalahan aplikasi material lantai. Pada dasarnya setiap jenis lantai memiliki model atau cara pemasangan yang berbeda. Untuk lantai keramik harus dilakukan dengan benar karena terkadang nat atau penutup pada celah keramik hancur sehingga keramik terangkat.
  2. Terkena air. Lantai yang terkena air terus menerus bisa menggelembung. Bahkan ini juga bisa terjadi pada lantai kayu dan bahan vynil. Karena itu jika ada air yang mengenai lantai maka segera lap dengan kain khusus dan biarkan kering.
  3. Perubahan cuaca. Adanya beberapa perubahan cuaca baik dari musim penghuan ke musim kemarau juga akan menyebabkan lantai menggelembung. Misalnya saja untuk jenis lantai kayu maka akan menggelembung saat musim penghujan. sementara lantai keramik mudah menggelmbung karena banyak perabot besar.
  4. Masalah kontur tanah. Kontur tanah juga bisa menjadi tolak ukur apakah lantai rumah bisa kuat atau tidak. Biasanya jenis lantai dengan kandungan lempung yang banyak maka lantainya akan cepat rusak seperti menggelembung. Karena itu siasati proses pemasangan lantai dengan tepat.
  5. Kondisi alam. Di daerah yang memiliki getaran tinggi atau sering terkena gempa bumi maka masalah lantai yang terangkat memang sudah tidak asing lagi. Lantai yang sudah sering terkena getaran akan lebih cepat rusak atau terlepas. Hal ini juga sering terjadi pada kawasan yang ramai seperti stasiun, taman kota dan terminal.

Itulah berbagai cara memperbaiki lantai menggelembung sesuai jenis lantai. Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi dan jenis lantai sehingga perawatan lantai rusak dilakukan dengan tepat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Lantai