Sponsors Link

5 Cara Merawat Lantai Kayu yang Baik dan Benar

merawat lantai kayuSiapa yang tidak menggunakan kayu sebagai bagian dalam berbagai jenis-jenis rumah tinggal? Tentu Anda juga termasuk ke dalam salah satunya bukan? Tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan-bahan dalam membangun rumah, terdapat pula jenis kayu untuk furniture yang dapat digunakan untuk membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik. Salah satu yang unik dari material kayu, material ini sangat serba guna. Material kayu juga dapat digunakan sebagai salah satu jenis-jenis lantai rumah. Sebagai lantai rumah, kayu memiliki tampilan yang begitu indah. Namun perlu Anda ketahui bahwa lantai kayu juga memiliki cara perawatan yang berbeda. Cara membersihkan lantai kayu dengan cara membersihkan lantai keramik pun berbeda. Maka dari itu, sebelum Anda menggunakan lantai kayu, penting untuk mengetahui bagaimana cara merawat jenis lantai rumah ini. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dari cara merawat lantai kayu yang baik dan benar, yakni:

ads
  1. Rutin menyapu lantai rumah

Seperti halnya membersihkan rumah pada umumnya, salah satu cara merawat lantai kayu adalah dengan menyapunya secara rutin. Lantai kayu sangat senstif dalam hal-hal tertentu, namun menghilangkan kotoran dan debu dengan menggunakan sapu masih dapat dilakukan. Namun perhatikanlah jenis alat kebersihan rumah yang Anda gunakan. Seperti sapu, pastikan material sapu tersebut terbuat dari bahan yang lembut dan tidak kasar. Hal ini dilakukan agar lantai kayu tidak tergores ketika Anda menyapu. Cara lain yang lebih mudah adalah dengan menggunakan vacuum cleaner.

Namun untuk lantai kayu, ada cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan proses waxing atau disemir ulang. Hal ini dapat dilakukan sebulan sekali dengan bahan pengkilap kayu. Cara mengkilapkan lantai kayu juga dapat dilakukan dengan beberapa cara.

  1. Hindari hal yang menyebabkan lantai lembab

Salah satu hal yang perlu dihindari dari lantai kayu adalah kelembaban. Maka dari itu, mengepel lantai kayu dengan air bersih tidak dapat dilakukan. Cukup dengan menyapu saja dianggap cukup. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena genangan air tersebut dapat mengendap di dalam lapisan plywood yang akhirnya dapat menyebabkan pelapukan. Tidak hanya itu, kelembaban ini akhirnya juga dapat menyebabkan lapisan parket menjadi terkelupas. Sebab terjadi perbedaan tekanan yang drastis. Hal ini akan mengakibatkan persendian parket menjadi lepas sehingga lantai akan berdecit ketika Anda menginjaknya.

  1. Membersihkan lantai dengan menggunakan lap kering

Karena lantai kayu tidak dapat dibersihkan dengan air, untuk setiap noda yang sulit dibersihkan Anda dapat menggunakan lap kering. Anda juga dapat menggunakan air perasan jeruk lemon untuk membantu menghilangkan noda tersebut. Bahan-bahan alami memang dapat membantu menghilangkan noda di lantai kayu.

  1. Berhati-hati dalam memindahkan perabot

Meskipun lantai kayu tidak memiliki permukaan yang sehalus lantai vinyl, namun lantai kayu juga mudah untuk tergores. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati ketika hendak memindahkan suatu barang. Anda perlu melakukannya dengan hati-hati. Atau Anda juga dapat memindahkan barang dengan memberikan bantalan pada bagian bawah perabot sehingga tidak melukai lantai.

  1. Melapisi lantai dengan karpet

Agar membersihkan lantai kayu berjalan dengan mudah, salah satu cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan melapisi lantai dengan karpet. Sehingga kotoran yang terjatuh ke lantai akan semakin berkurang. Anda pun tidak perlu repot-repot membersihkan lantai kayu, hanya perlu membersihkan karpetnya saja.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara merawat lantai kayu yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Lantai