Sponsors Link

9 Cara Mengecat Tembok Baru Tanpa Plamir

mengecat tembok tanpa plamirJenis gaya arsitektur rumah yang digunakan tentunya akan membuat tampilan berbagai jenis-jenis rumah tinggal menjadi lebih beragam. Selain dibedakan dari penggunaan material fasade bangunan, namun juga warna cat rumah elegan biasanya memiliki pengaruh tersendiri. Pemilihan warna cat rumah dapat mengacu pada desain rumah yang digunakan. Desain rumah minimalis seperti rumah minimalis sederhana biasanya cenderung menggunakan warna cat putih karena terkesan simpel dan sederhana. Faktor yang membuat tampilan rumah menjadi menarik bukan hanya terletak dari pemilihan warna yang digunakan saja, namun juga dapat terlihat dari cara pengecatannya,

ads

Cara pengecatan tembok rumah, terlebih tembok rumah yang baru sangatlah penting dilakukan dengan teliti. Pekerjaan cat yang tidak rapi dapat mempengaruhi hasil akhir dari tampilan tembok itu sendiri. Dalam proses pengecatan tembok terbagi menjadi dua cara, ada pengecatan dengan menggunakan plamir dan tanpa plamir. Pada artikel ini akan membahas cara mengecat tembok baru tanpa plamir. Berikut ini adalah langkah-langkah dari cara mengecat tembok baru tanpa plamir yang baik dan benar, yakni:

  1. Plesteran tembok yang sempurna

Untuk menghasilkan tampilan tembok yang sempurna, maka permukaan tembok harus rata. Perhatikan mulai dari proses memplester tembok, karena hal ini sangat berpengaruh pada hasil akhir. Apabila plesteran justru bergelombang maka akan merusak penampilan dinding secara keseluruhan. Maka dari itu proses plester dinding harus dilakukan secara perlahan-lahan dan hati-hati.

  1. Membiarkan tembok mengering

Tembok yang telah selesai di plester kemudian ditunggu selama 28 hari. Hal ini ditujukan agar kondisi tembok benar-benar kering sebelum akan di cat menggunakan jenis cat dinding yang telah Anda pilih. Tembok yang masih dalam keadaan basah kemudian dipaksakan cat, maka cat akan dengan mudah mengalami kerusakan.

  1. Jangan melapisi tembok dengan dempul

Ada sebagian orang yang menyarakankan untuk melapisi tembok dengan plamir. Hal ini dilakukan agar permukaan tembok terlihat lebih halus dan proses pengecatannya pun akan jauh lebih bagus. Namun ada pula yang berpendapat untuk menghindari proses pendempulan. Hal ini dikarenakan pemakaian plamir akan membuat usia tembok menjadi tidak panjang. Lapisan plamir inilah yang dapat menyebabkan cat dinding cepat mengelupas.

  1. Membersihkan tembok dengan amplas

Sebelum mengecat tembok dengan warna yang baru, kondisi permukaan tembok harus bersih dan juga halus. Caranya adalah dengan menggunakan amplas dengan tujuan meratakan permukaan tembok yang bergelombang. Dalam proses ini juga dilakukan penutupan terhadap dinding yang berlubang atau retak dengan menggunakan sealer.

  1. Aplikasikan cat dasar

Sebelum hendak mengecat tembok, sebenarnya tembok perlu di cat terlebih dahulu dengan menggunakan cat dasar. Beberapa kegunaan cat dasar diantaranya sebagai salah satu cara meratakan permukaan tembok, menutup bagian retak-retak kecil yang ada di tembok, untuk merekatkan cat serta membuat warna cat rumah yang indah dan sejuk terlihat jauh lebih cerah.

Sponsors Link

  1. Mengecat bagian lis dan kuas

Setelah cat dasar kering, Anda dapat mulai mengaplikasikan cat tembok. Salah satu bagian dinding yang sulit untuk di cat biasanya adalah bagian lis. Untuk mengecat sudut-sudut lis tembok, Anda dapat menggunakan kuas. Cara mengecat sebaiknya dilakukan dalam satu arah tetap, yang biasanya dilakukan secara horizontal. Apabila warna cat lis dengan warna tembok sama, maka cat lis dapat Anda lebihkan hingga mengenai permukaan tembok.

  1. Mengecat tembok dengan roller

Tidak hanya dengan menggunakan kuas, agar pekerjaan berjalan lebih cepat Anda juga dapat menggunakan alat roller. Roller ini memang umumnya digunakan sebagai alat mengecat tembok atau barang lain. Cukup dengan menyediakan cat dalam jumlah besar yang sudah dicampurkan dengan air, kemudian gunakan roller untuk mengaplikasikan pada tembok. Pencampuran air ini digunakan untuk menghindari pencampuran air selanjutnya. Sebab, menambahkan air secara berskala dapat membuat warna cat berubah-ubah.

Sponsors Link

  1. Menggunakan peralatan berkualitas

Dalam cara mengecat tembok baru tanpa plamir, ada beberapa alat yang perlu Anda gunakan. Pemilihan alat ini juga sebaiknya dicari yang memiliki kualitas tinggi supaya hasil akhir cat terlihat lebih bagus. Beberapa diantaranya adalah kuas, roller, ember serta screen.

  1. Menggunakan screen di dalam ember cat

Embar cat yang digunakan sebaiknya pada bagian dalamnya di berikan screen. Screen yang terbuat dari bahan metal ini biasanya memiliki permukaan yang bolong-bolong. Penggunaan screen ini memiliki beragam manfaat, diantaranya adalah dapat dengn mudah mengecat tembok tanpa terdaoat banyak ceceran cat. Selain itu cat juga dapat terserap dengan baik pada roller. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari bekas roller pada dinding. Keuntungan lain dari penggunaan screen adalah Anda tidak perlu mengaduk cat pada pan terlalu sering.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara mengecat tembok baru tanpa plamir yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,