Sponsors Link

13 Cara Membuat Rumah Kontainer Praktis dan Mudah

Adanya perumpamaan yang menyebutkan sampah seseorang merupakan harta bagi orang lain, ada benarnya. Dengan memanfaatkan lebih dari 14 juta kontainer yangn tidak terpakai, saat ini membuat hunian dengan bahan dasar  kontainer membuat banyak orang tertarik. Melihat bahan baku yang dapat dijangkau dan mampu mewujudkan impian seseorang untuk membuat hunian yang ramah lingkungan dan hemat biaya serta tidak ketinggalan jaman, tentunya banyak menarik perhatian bagi orang-orang di jaman sekarang meskipun ada kelebihan dan kekurangan rumah kontainer.

ads

Saat ini beberapa orang memilih membuat hunian tempat tinggal berbahan dasar kontainer karena harganya yang relatif terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti menahan pengeluaran pada konstruksi dan biaya perawatan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan membangun rumah biasa.

Selain itu hunian dengan bahan kontainer termasuk ke dalam golongan cukup mudah dalam proses pengiriman dan pemasangannya. Selain itu, kita juga membantu lingkungan dengan memanfaatkan daur ulang terhadap kontainer-kontainer yang sudah tidak digunakan kembali. Untuk Anda yang ingin sekali memiliki rumah kontainer, berikut 13 cara membuat rumah kontainer praktis dan mudah.

1. Membuat desain rumah

Hal pertama yang dilakukan sebelum membeli kontainer yang perlu dilakukan adalah menentukan ide-ide desain bagaimana bentuk rumah yang ingin dihuni. Seperti menentukan seberapa luas bangunan yang ingin ditempati serta menentukan ruangan apa yang dibutuhkan.

2. Konsultasi kepada ahlinya

Meskipun cara membuat rumah kontainer mudah, ada baiknya juga melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya untuk mendesain atau mengubah bentuk kontainer sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya, seperti melepas atau menghilangkan salah satu struktur komponen kontainer. Jika melakukan sendiri secara tidak tepat akan menyebabkan struktur bangunan menjadi kurang aman.

3. Membeli kontainer

Tahap ini tergantung pada kebutuhan yang diinginkan, bagaimana dan seberapa ukuran kontainer yang ingin dibeli. Untuk itu diperlukan mencari info yang cukup mendalam untuk memilih kontainer sesuai kebutuhan karena kita tidak tahu kondisi kontainer sebelumnya. Melihat tempat yang menjual kontainer di daerah Anda secara langsung akan memberi keuntungan lebih, karena Anda dapat melihat dan memilih secara langsung bagaimana kondisi kontainer yang Anda butuhkan.

4. Membangun pondasi

Terdapat beberapa pilihan pondasi yang tentunya disesuaikan dengan tipe dan kebutuhan yang Anda  inginkan, seperti menggunakan bahan pondasi beton atau kayu di atas tanah secara langsung untuk membangun hunian dengan satu kontainer atau beberapa kontainer. Tentunya pillihan-pilihan ini harus dipikirkan secara matang sesuai dengan keinginan Anda.

Ketika memutuskan untuk menggunakan  pondasi beton, maka perlu menambahkan  pula plat baja untuk ditanamkan di dalam beton di mana balok-balok sudut kontainer akan diletakkan. Hal ini memungkinkan kontainer untuk dapat langsung dilas langsung ke pondasi beton.

5. Menempatkan Kontainer

Cara yang paling mudah untuk meletakkan kontainer sebagai salah satu alternatif jenis-jenis rumah tinggal adalah dengan menggunakan crane atau alat derek. Ada banyak cara yang bisa digunakan selain menggunakan alat derek ini, namun untuk segi kemudahan, kecepatan dan keamanan sangat dianjurkan untuk menggunakan alat derek saja. Anda dapat menyewa alat ini ke perusahaan kontruksi bangunan yang ada di daerah Anda beserta operator yang dapat mengoperasikan alat derek karena ini akan membantu Anda menyimpan banyak waktu.

Pilihan lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah dengan menggunakan forklift atau mesin pengangkat barang untuk benda berat selama beberapa jam. Biasanya pengiriman kontainer telah menyiapkan alat ini untuk membantu konsumen. Namun, kapasitas mesin pengangkat barang ini sangat bermacam-macam, pastikan alat yang Anda gunakan mampu mengangkat berat kontainer yang telah Anda beli. Setelah kontainer sudah dilletakkan di pondasi yang Anda inginkan, Anda dapat melakukan penyesuaian akhir untuk mencocokkan posisi kontainer seperti keinginan Anda hanya dengan menggunakan linggis besar.


6. Menyambungkan kontainer

Menggabungkan beberapa kontainer dapat dilakukan dengan menggunakan baut, penjepit khusus atau bisa dilakukan dengan metode pengelasan. Cara mudah yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan menggunakan beberapa set baut besar atau melubangi/membor pelat logam. Penggunaan baut ini nantinya akan menguntungkan Anda apabila suatu saat ingin melakukan renovasi atau membongkar strukur bangunan. Sedangkan proses pengelasan ini lebih mudah dan menyimpan banyak waktu bagi Anda yang memang sudah memutuskan untuk tidak ingin melakukan perubahan struktur dasar pada kontainer.

7. Menambahkan penguat bangunan

Sebelum Anda menghilangkan atau menambahkan beberapa komponen kontainer seperti melepas dinding atau memasang atap pada kontainer, ada baiknya adalah menambahkan struktur tambahan pada kontainer sesuai dengan kebutuhan agar berfungsi dengan baik seperti halnya bahan-bahan dalam membangun rumah lainnya. Untuk itu sangat dianjurkan bagi Anda untuk berkonsultasi kepada ahlinya untuk menentukan penambahan penguat struktur bangunan sebelum membangun hunian kontainer Anda.

8. Memasang Atap

Hal ini dapat dilewatkan jika tidak ingin melakukan penambahan atap karena bergantung dengan desain, di mana dan bagaimana saat proses menata kontainer. Jika tetap menginginkan penambahan atap untuk mempercantik tampilan hunian kontainer dapat menggunakan desain atap gantung rendah yang pemasangan dan harganya sangat terjangkau. Namun, perlu dipastikan kembali bagaimana fungsi ruang yang diinginkan apakah akan mengisolasi atap dan perlu tidaknya nanti untuk penggunaan akses di bawah atap.

9. Membuat bukaan kontainer

Langkah selanjutnya untuk cara membuat rumah kontainer praktis dan mudah adalah dengan melepas beberapa metal kontainer juga diperlukan untuk penambahan pintu dan jendela di dinding kontainer atau di antara kontainer-kontainer yang telah dipasang jika menginginkan akses diantara kontainer.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memotong dinding metal kontainer antara lain dengan menggunakan pemotong plasma, pemotong obor atau menggunakan gergaji. Sangat dianjurkan untuk menggunakan pemotong plasma, karena memberikan hasil potongan yang rapi serta bersih pada metal baja atau besi dan tidak meninggalkan bekas pada lantai kayu.


10. Menghilangkan atau mengganti lantai

Sayangnya, kebanyakan lantai kayu yang didapatkkan saat membeli kontainer tidak dalam kondisi yang maksimal. Kebanyakan kayu lantai yang berada didalam kontainer telah rusak atau telah terkena beberapa bahan kimia. Ini tergantung dengan kondisi yang diinginkan apakah diperlukan untuk menggnti semua lantai kayu dengan yang baru sesuai dengan keinginan atau tidak.

11. Menutup retak atau celah

Di saat menghilangkan beberapa tembok dalam metal kontainer, tanpa disadari kita telah menciptakan jarak celah yang terlihat antara kontainer satu dengan kontainer yang lain. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan mengelas strip baja pada celah samping. Pada saat pemasangan atap, telah dilakukan pengelasan pada balok diantara celah untuk dukungan struktural. Penutupan retak bisa juga dilakukan dengan penyemprotan busa atau mendempul celah yang terlihat.

12. Menutup Lubang Kontainer dengan Frame dan Sarung penahan cuaca

Ini merupakan tahan konstruksi yang paling mudah, terutama jika sudah mempunyai pengalaman dalam pemasangan bingkai. Pada pemasangan bingkai ini dapat dilakukan dengnan kombinasi sekrup dan baut.

13. Pemasangan Listrik

Ada baiknya pemasangan kabel-kabel listrik dilakukan sebelum melakukan penutupan atau sebelum menambahkan interior di dalam kontainer sebagai rumah prefabrikasi. Hal ini, selain mudah, juga membuat hunian nantinya akan terlihat rapi tanpa adanya kabel yang menjalar keluar. Selain itu akan ada kesulitan di saat memasang kabel listrik jika dinding atau lantai kontainer telah tertutup. Jika sudah terlanjur, kabel masih bisa terpasang dengan diletakkan mengikuti dinding yang nantinya dapat ditutup dengan pelindung kabel sehingga masih rumah nantinya masih terlihat rapi.

Demikian beberapa cara membuat rumah kontainer praktis dan mudah sebagai salah satu alternatif rumah tinggal. Terlebih jika Anda menginginkan rumah dengan desain minimalis serta ramah lingkungan dan di kantong. Selamat mencoba!

, , ,



Oleh :
Kategori : Desain