Sponsors Link

6 Trik Tata Lampu Rumah Minimalis di Semua Ruangan

pencahayaan rumah minimalisSalah satu ciri-ciri rumah minimalis adalah memiliki tata cahaya rumah minimalis. Tata cahaya rumah minimalis merupakan salah satu aspek desain yang menentukan apabila kita membicarakan tentang kenikmatan sebuah ruang pada malam hari. Di siang hari, pencahayaan akan lebih banyak berasal dari sumber cahaya alami seperti cahaya matahari yang masuk melalui jendela. Berbeda dengan malam hari yang justru penerangan utamanya berasal dari cahaya lampu. Berdasarkan point tersebut, maka teknik tata lampu rumah minimalis akan sangat menentukan bagaimana ruangan tersebut akan terlihat.

ads

Tata cahaya menjadi salah satu bagian dari komponen desain di sebuah ruangan. Walaupun memang tidak sepanjang hari karena penggunaannya cenderung pada malam hari, namun pada beberapa ruang tertentu, tata cahaya yang baik akan mampu menciptakan suasana yang nyaman bagi penghuninya. Oleh karena itu, tata cahaya lampu seperti pada rumah minimalis sederhana ataupun berbagai jenis-jenis rumah tinggal sangatlah penting.

Sebagai dasar menata lampu rumah minimalis, pencahayaan pada dasarnya terbagi menjadi tiga jenis pencahayaan. Jenis ini akan membantu Anda menentukan mana yang akan Anda gunakan sesuai dengan fungsi dan jenis ruang yang dipakai. Diantaranya adalah :

  • General Lighting. General Lighting merupakan jenis pencahayaan paling umum digunakan pada sebuah rumah hunian. Contoh penerapan dari jenis general lighting biasanya diletakkan simetris pada tengah ruang. Fungsinya adalah sebagai penerangan ruang. Tidak ada fungsi khusus lain selain hal tersebut.
  • Task Lighting. Task Lighting merupakan jenis pencahayaan tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan efektifitas kegiatan seseorang di dalam rumah. Task Lighting biasanya digunakan pada area-area rumah yang paling sering dilakukan kegiatan. Contoh pengaplikasian dari jenis lampu ini biasanya terletak pada ruangan dapur. Dapur cenderung tidak hanya memiliki penerangan jenis general lighting saja. Penempatan dari task lighting ini dipasang pada bagian bawah meja dapur. Ini untuk mempermudah penghuni rumah dalam memasak makanan. Selain itu, penggunaan task lighting dapat Anda gunakan diseluruh ruangan yang memang membutuhkan penerangan tambahan.
  • Accent Lighting. Accent Lighting memang tidak memiliki fungsi yang dominan seperti general lighting ataupun task lighting. Akan tetapi, jika Anda ingin meningkatkan tampilan interior rumah Anda, accent lighting-lah yang Anda butuhkan. Fungsi utama dari jenis lampu ini adalah memberikan efek expose pada barang atau area tertentu di dalam rumah Anda. Misalnya adalah, jika Anda memiliki koleksi patung kuno Anda dapat menggunakan lampu jenis ini untuk menyorot koleksi patung tersebut.

Mengenal jenis-jenis lampu yang biasa digunakan disebuah rumah tinggal tentunya akan membantu Anda sebagai cara menata rumah minimalis bukan? Setelah mengatahui beberapa tips memilih lampu rumah, untuk tips dan trik desain yang dapat Anda lakukan kepada tata lampu rumah minimalis, cara-cara berikut ini dapat Anda lakukan lho! Diantaranya adalah :

  1. Lampu Ruang Tamu Minimalis

Ruang tamu adalah ruang yang mencerminkan pemilik rumah. Oleh karena itu, penataan sebuah ruang tamu sangatlah penting. Ruang tamu membutuhkan cahaya yang cukup terang karena termasuk dalam area yang cukup sering digunakan di dalam rumah.

Setiap desain yang Anda terapkan pada ruang tamu sebaiknya ditonjolkan dengan menggunakan pencahayaan yang tepat seperti warna cat rumah elegan Anda. Yang dimaksud dengan pencahayaan tepat ini adalah pencahayaan yang rata. Oleh karena itu, gunakanlah lampu plafon disetiap sudut ruangnya. Anda dapat pula menambah lampu gantung yang indah di tengah ruangan untuk membantu penerangan di ruang tamu.

Sponsors Link

  1. Lampu Ruang Keluarga Minimalis

Ruang keluarga merupakan salah satu ruangan yang sering dihabiskan di dalam rumah. Anda dapat menonton televisi, bersenda gurau dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dibutuhkan pencahayaan lampu yang baik pada ruangan ini. Sebagai saran, Anda dapat memasang beberapa lampu di plafon. Anda juga dapat meletakkan beberapa lampu untuk lukisan ataupun hiasan yang akan mempercantik ruang keluarga Anda. Gunakanlah lampu duduk di dekat ruang keluarga yang akan membantu Anda jika ingin membaca buku.

  1. Lampu Ruang Dapur Minimalis

Dapur jelas sekali membutuhkan pencahayaan yang baik karena akitivitas memasak akan berbahaya jika tidak di dukung dengan pencahayaan yang cukup. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan pencahayaan yang tepat agar tidak terjadi kesalahan seperti luka saat memotong bahan masakan dan sebagainya. Anda dapat menggunakan kombinasi dari general lighting dan task lighting sebagai solusinya.

  1. Lampu Ruang Makan Minimalis

Ruang makan juga tidak kalah pentingnya. Ruang makan memerlukan pencahayaan yang cukup terang selain dengan menggunakan lampu plafon. Solusinya, Anda dapat memberi tambahan berupa lampu gantung dibawah meja makan agar seluruh penghuni dapat menikmati makanan dengan pencahayaan yang cukup.

Sponsors Link

  1. Lampu Kamar Mandi Minimalis

Jangan menganggap sepele kamar mandi rumah Anda lho! Kamar mandi dengan pencahayaan yang tidak baik akan memicu terjadinya kecelakaan seperti terpeleset atau terjatuh. Oleh karena itu, untuk mencegahnya kamar mandi memerlukan pencahayaan yang merata. Jangan lupa gunakan kain lampu sebagai penutup lampu di kamar mandi sebagai pelindung. Pilihlah penutup lampu yang baik dan tidak mengurangi efektivitas pencahayaan.

  1. Lampu Kamar Tidur Minimalis

Kamar tidur membutuhkan pencahayaan yang berkualitas pada saat malam hari. Walaupun terkadang, ada juga orang yang lebih menyukai kegelapan saat akan tidur. Rancanglah pencahayaan kamar tidur dengan menggunakan lampu plafon dan lampu tidur. Jangan sampai pencahayaan menjadi berlebihan dan justru malah mengganggu.

Demikianlah tata lampu rumah minimalis. Selamat mencoba.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Minimalis