Sponsors Link

4 Cara Agar Kusen Kayu Awet yang Harus Diketahui

Salah satu filosofi rumah minimalis sederhana adalah sebuah rumah yang memiliki pintu maupun jendela yang khas dan sesuai dengan konsep yang dibangun yakni rumah minimalis sederhana dan tidak terkesan glamor. Untuk mewujudkan hal tersebut maka anda bisa memilih sebuah bahan terbaik yakni bahan kusen karena memang sudah terkenal memiliki ketahanan yang cukup kuat.

ads

Bahan kusen memang salah satu bahan yang kuat yang saat ini telah banyak digunakan, baik sebagai bahan utama maupun bahan tambahan di dalam membangun sebuah rumah. Sebenarnya bahan kusen tidak jauh berbeda dengan bahan-bahan dalam membangun rumah lainnya seperti menggunakan kayu atau bahan plastik yang akan digunakan sebagai penghias rumah.

Meskipun memang bahan kusen terkenal kuat, namun bukan berarti anda tidak melakukan perawatan terhadap bahan tersebut karena mau sekuat apapun bahan yang ada di rumah anda, tetap harus memerlukan perawatan agar supaya kualitasnya tetap terjaga.

Sebenarnya cara agar kusen kayu awet tidaklah terlalu sulit, yang penting anda melakukannya secara rutin. Selain itu perawatan kusen kayu juga tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Memang, menggunakan kuset kayu akan menjadikan rumah anda memiliki nilai seni dan memiliki nilai keindahan tersendiri seperti yang telah kami jelaskan pada kelebihan rumah kayu. Meskipun begitu, jika anda tidak melakukan perawatan dengan benar, maka tentu saja kualitas dari kuset tersebut akan memburuk dan jika dibiarkan malah akan membuat pemandangannya tidak menyenangkan.

Dan karena itulah kami ingin menjelaskan kepada anda mengenai bagaimana cara agar kusen kayu awet sehingga rumah anda akan tetap terjaga nilai seninya dan akan membuat siapapun yang datang ke rumah anda akan merasa betah dan tidak ingin cepat beranjak pulang.

1. Mengoleskan zat anti serangga

Cara perawatan kusen kayu agar tetap terjaga kualitasnya adalah dengan mengoleskan zat anti serangga secara rutin dan teratur. Biasanya cara ini akan dilakukan pertama kali sebelum maupun juga ketika kusen kayu tersebut pertama kali di pasang.

Mungkin anda sudah tahu tujuan dari mengoleskan zat ini adalah untuk melindungi kusen anda dari gangguan berbagai serangga, terutama rayap yang akan siap menggerogoti kayu tersebut jika tidak dilakukan perawatan yang baik. Selain cara ini juga bisa menjadi sebuah cara membasmi rayap di lemari yang memang sudah terbukti ampuh untuk mengusir gangguan rayap maupun serangga lainnya.

2. Membersihkan bagian-bagian yang berlubang

Cara selanjutnya yang juga harus anda perhatikan ketika anda ingin menjaga agar kusen kayu awet adalah dengan dengan cara membersihkan bagian-bagian kayu yang berlubang. Meskipun kayu anda memiliki kualitas yang baik, namun tetap saja seiring dengan bertambahnya waktu maka anda akan melihat ada beberapa lubang atau pori-pori yang ada di kusen tersebut.

Jika anda biarkan maka lubang tersebut kemungkinan akan tambah besar sehingga anda tidak boleh membiarkan hal ini terjadi. Anda bisa melakukan cara yang sudah sering dilakukan oleh kebanyakan orang yakni dengan menambalnya menggunakan dempul. Cara ini memang terbukti sangat ampuh bukan hanya untuk menghilangkan lubang pada kayu yang ada di jendela, namun ternyata juga berguna untuk digunakan pada pintu, maupun juga lemari, atau perabotan rumah lainnya yang menggunakan kayu sebagai bahan utamanya.

Setelah itu, anda mulailah membersihkan dan menghaluskannya dengan menggunakan kertas gosok. Hal ini bertujuan agar supaya kusen anda akan kembali mulus dan tidak ada bekas dari lubang tersebut setelah selesai dilakukan dempul.

3. Melakukan pengecatan

Melakukan pengecatan juga termasuk salah satu cara untuk merawat kusen kayu agar tetap awet dan kualitasnya terjaga. Anda harus tahu bahwa cat yang harus anda gunakan merupakan sebuah cat khusus yang memang digunakan untuk kayu, sehingga anda harus benar-benar memilih cat yang sesuai dengan jenis kayu yang ada di rumah anda.

Pengecetan ini memang sangat perlu dilakukan untuk tetap menjaga agar supaya warna dari kusen tersebut tetap mengkilap dan menarik sehingga siapapun tamu yang berkunjung ke rumah anda akan betah berlama-lama menghabiskan waktunya di sana.

Sponsors Link

Selain itu, dengan melakukan pengecetan ulang, maka secara tidak langsung akan membuat warna dari kayu itu sendiri akan tetap terjaga karena jika anda tidak rutin melakukan pengecetan, minimal satu tahun sekali, maka dikhawatirkan warna khas dari kusen kayu tersebut akan pudar sehingga tidak akan menarik lagi.

4. Hindarkan dari benturan

Mungkin cara perawatan agar kusen kayu awet kali ini cukup sulit, namun bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Anda harus membiasakan diri untuk bersikap waspada agar supaya kusen kayu anda tidak sampai terkena benturan, terutama yang berasal dari benda tajam. Hal ini tentu saja jika sampai terjadi malah akan merusak kualitas dari kayu tersebut atau bahkan akan menimbulkan bekas yang akan sulit untuk dihilangkan.

Goresan ini biasanya ditimbulkan bukan hanya dari benda tajam melainkan terkadang karena goresan yang ditimbulkan oleh kendaraan anda atau malah mainan anak anda. Maka dari itu, usahakan anda selalu mengawasi anak anda ketika ia sedang bermain atau anda bisa mengajaknya ke tempat yang mana tidak akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sampai menimbulkan goresan pada kayu, maka bukan tidak mungkin goresan tersebut akan membuat lubang atau coretan yang bersifat permanen dan tidak bisa untuk dihilangkan.

5. Membersihkan dari serangga

Cara lain dan mungkin menjadi cara terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan membersihkan kusen tersebut dari gangguan serangga. Anda harus rutin membersihkan kusen kayu di rumah anda agar supaya tidak dijadikan sebagai tempat untuk membuat sarang oleh hewan seperti laba-laba.

Tidak jarang laba-laba sering membuat sarang di kayu yang mana sarang-sarang tersebut akan menyebabkan kayu tersebut menjadi kotor sehingga anda harus segera melakukan pencegahan dengan cara membersihkannya secara teratur.

Demikian informasi dari kami mengenai bagaimana cara agar kusen kayu awet. Semoga bermanfaat.

, , ,



Oleh :
Kategori : Pintu