Sponsors Link

Mengupas 8 Kelebihan Rumah Kayu dan Kekurangannya

rumah kayuRasanya material kayu tidak pernah mengenal kata ketinggalan zaman. Selalu ada tren baru yang diangkat seputar material ini. Salah satunya adalah rumah yang terbuat dari bahan kayu. Kayu dapat menjadi salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang jika diolah dengan baik, maka akan bernilai sangat mahal. Dalam cara membuat rumah kayu minimalis, material ini terapkan sebagai pertimbangan untuk menggantikan batu bata dan juga batako sebagai bahan dasar lain untuk membangun berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Maka dari itu, tidak heran semakin banyak pembangun rumah kayu di berbagai tempat. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai hunian, rumah kayu ini juga dapat dijadikan bisnis berupa cottage karena kesan alami dan natural yang ditimbulkan.

ads

Mengupas alasan yang mendasari mengapa rumah kayu menjadi sangat populer, ternyata terdapat banyak kelebihan rumah kayu yang menjadi alasannya. Ingin tahu? Berikut ini adalah beberapa kelebihan rumah kayu yang dapat diketahui, simak!

  1. Memiliki nilai seni dan artistik

Rumah kayu dikatakan mampu mengedepankan unsur artistik dan alami jika dibandingkan dengan rumah biasa pada umumnya. Sebab kayu memiliki sisi unik yang berbeda dari material lainnya yakni warna natural kayu. Point yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis kayu untuk membuat rumah, pastikan bahwa kayu tersebut termasuk ke dalam jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Selain itu pilihlah jenis kayu yang memiliki corak khusus agar tampilan lebih menarik.

  1. Memberikan nuansa alami dan sejuk

Sejatinya kayu merupakan isolator alami dan sangat efektif untuk mengisolasi suhu dingin dan panas. Dengan kata lain pembangunan rumah kayu dapat membuat rumah Anda menghemat lebih banyak energi jika dibandingkan dengan rumah yang menggunakan material penutup dinding berupa batu alam ataupun beton.

  1. Menghadirkan tampilan yang berbeda

Semakin sulit desain dan keunikan corak kayu yang digunakan, maka akan semakin tinggi pula nilai seni yang dimiliki rumah tersebut. Dari segi tampilan, rumah kayu sudah memiliki daya tarik yang luar biasa dan dapat memikat siapa pun yang melihatnya. Rumah minimalis sederhana dan berbagai desain rumah minimalis bukan lagi menjadi pilihan utama jika disandingkan dengan rumah kayu.

  1. Salah satu material penyerap suara yang baik

Bagi Anda yang  mengidamkan sebuah hunian yang jauh dari keramaian dan tenang, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih rumah kayu. Sebagaimana diketahui, material kayu merupakan salah satu penyerap suara terbaik. Sehingga rumah kayu dapat menjadi pelabuhan tepat untuk menciptakan ketenangan dan kesunyian di dalam rumah.

  1. Dapat menjadi investasi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, rumah kayu tidak hanya dapat dimanfaatkan sebagai hunian namun juga sebagai lahan bisnis baru. Sebab jenis kayu konstruksi yang digunakan dipadu dengan desain rumah dapat meningkatkan daya tarik rumah itu sendiri. Alasan inilah yang memperkuat mengapa rumah kayu sangat menguntungkan untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

  1. Termasuk ke dalam bangunan tahan gempa

Rumah kayu dikatakan memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap gempa. Jika gempa menyerang pada rumah biasa, umumnya dapat menimbulkan retakan sampai roboh. Namun  kayu yang memiliki sifat elastis menjadikannya lebih tahan dan kebal terhadap situasi ini.


  1. Dapat menyesuaikan dengan lingkungan

Salah satu ciri-ciri lingkungan sehat adalah terjadinya kesinambungan yang baik antara hunian dan lingkungan setempat. Prinsip inilah yang sebenarnya dianut oleh rumah tinggal dari jayu. Karena teksur serat-serat kayu yang alami dapat memberikan kesan natural yang saling menyatu padu satu sama lain.

  1. Dapat di daur ulang

Selain itu, yang menarik dari rumah kayu ini adalah material kayu kayu merupakan bahan bangunan yang dapat di daur ulang. Sehingga jika ke depannya rumah tersebut ingin bongkar, sisa bahan bangunan masih dapat dimanfaatkan kembali.

Disamping berbagai macam kelebihannya yang melimpah, rumah kayu juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan rumah kayu, yakni :

  1. Harga kayu terbilang mahal

Untuk Anda yang menginginkan cara membangun rumah dengan dana minim ataupun sedikit tips hemat membangun rumah, sepertinya rumah kayu bukanlah pilihan tepat. Kayu saat ini sedang mengalami penurunan jumlah produksi akibat pohon kayu yang semakin langka. Untuk itu harga material kayu ini sangatlah tinggi.


  1. Proses pekerjaan rumit

Tidak seperti batu bata atau batako yang penyambungannya dapat menggunakan semen, proses pemasangan kayu dengan satu dan yang lainnya terbilang cukup rumit. Untuk itu diperlukan tenaga ahli yang kompeten untuk membangun sebuah rumah kayu.

  1. Tingginya risiko terhadap kebarakan

Bukan suatu rahasia umum kalau kayu merupakan jenis material yang rentan terhadap api. Oleh karena itu pembangunan rumah kayu sangat dirisaukan karena memiliki risiko kebakaran yang cukup tinggi.

Demikianlah beberapa kelebihan rumah kayu yang

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Dasar