Sponsors Link

4 Penyebab Munculnya Rayap di Dalam Rumah

Pada kesempatan sebelumnya kami telah memberikan ulasan mengenai bagaimana cara membasmi rayap di atap rumah, sekarang kami sarankan agar supaya anda menyimak baik-baik informasi yang akan kami berikan mengenai apa saja penyebab munculnya rayap di dalam rumah yang mana hal ini akan sangat mengganggu dan tentu saja akan merusak kayu-kayu yang ada di rumah anda.

ads

Mungkin anda sudah tahu bahwasanya rumah yang dibangun dengan kayu yang tidak berkualitas akan menjadi makanan empuk bagi rayap sehingga tidak jarang karena rayap ini malah kayu yang menjadi salah satu penopang rumah anda malah roboh. Maka dari itu, penting bagi anda untuk memilih bahan-bahan dalam membangun rumah yang sudah terpercaya kualitasnya.

Memang saat ini banyak rumah minimalis sederhana yang lebih mengedepankan untuk menggunakan kayu sebagai bahan bangunannya. Hal ini tentu saja akan memberikan kesan natural dan unik karena rumah dengan bahan kayu sudah mulai jarang untuk ditemukan. Namun apa jadinya jika ternyata kayu yang digunakan malah menjadi santapan yang empuk bagi rayap.

Maka dari itu, anda harus benar-benar paham mengenai jenis kayu yang tidak dimakan rayap agar supaya rumah anda terbebas dari gangguan rayap yang akan berpotensi merobohkan rumah anda. Selain mengetahui hal tersebut, anda juga harus tahu mengenai apa yang sebenarnya menjadi penyebab munculnya rayap di dalam rumah sehingga anda bisa melakukan tindakan antisipasi atau pencegahan terhadap gangguan yang ada.

1. Rumah yang kurang terjaga kebersihannya

Salah satu penyebab utama dari kemunculan rayap yang ada di rumah anda adalah karena anda kurang menjaga kebersihan dari rumah anda tersebut. Rumah memang dituntut untuk selalu bersih agar supaya terhindar dari berbagai gangguan, baik berupa hewan ataupun juga penyakit. Namun, ketika rumah tersebut kurang terjaga kebersihannya, maka hal ini bisa membuat banyak hewan atau penyakit berdatangan.

Salah satu gangguan yang diakibatkan oleh kurang bersihnya kondisi rumah yakni kemunculan rayap secara tiba-tibat yang biasanya akan langsung membuat sarang di tempat-tempat yang jarang anda bersihkan seperti dapur. Pertama kali rayap tersebut akan membuat sarang yang menyerupai terowongan dan lama kelamaan akan semakin panjang.

Jika anda biarkan, maka rayap tersebut kemudian akan mulai menyerang kayu-kayu yang ada di rumah anda sehingga akan membuat atau meninggalkan lubang di beberapa titik kayu. Oleh sebab itu, anda harus selalu menjaga kebersihan rumah anda agar terbebas dari gangguan apapun.

2. Anda membeli kayu dengan kualitas buruk

Penyebab yang kedua yang harus anda pahami adalah karena sebelumnya anda membeli kayu untuk bahan rumah anda dengan harga murah. Sekarang banyak jenis-jenis rumah tinggal yang menggunakan kayu sebagai bahan utama pembangunan rumahnya, namun terkadang penghuni rumah tidak sadar bahwa kualitas kayu yang digunakan untuk membangun rumah akan berpengaruh dengan kenyamanan dan keamanan para penghuni rumah.

Maka dari itu, tidak ada yang salah jika anda berencana memiliki rumah klasik yang menggunakan kayu sebagai bahan utama yang ada di rumah anda seperti misalnya rumah yang digunakan pada zaman dulu. Namun anda juga harus memperhatikan bahwa kayu yang akan anda gunakan untuk membangun rumah tersebut haruslah kayu dengan kualitas yang baik.

Jika kayu anda berkualitas baik, maka tidak ada rayap pun yang akan mengganggu atau memakan kayu di rumah anda sehingga keamanan dan kenyamanan anda pun akan terjamin.

3. Karena suhu udara yang dingin

Untuk penyebab munculnya rayap di dalam rumah yang ketiga ini lebih berhubungan dengan kemunculan rayap terbang atau yang lebih dikenal dengan sebutan laron. Mungkin anda sudah tahu bahwa laron atau rayap terbang hanya akan muncul pada saat suhu di sekitar anda dingin dan memang umumnya terjadi pada musim hujan.

Sponsors Link

Hal inilah yang kemudian membuat banyak laron berdatangan ke rumah anda yang akan semakin banyak seiring dengan semakin lama hujan yang melanda daerah anda. Tentu kedatangan atau kemunculan laron ini akan sangat mengganggu karena biasanya akan berkeliling di tempat-tempat yang memiliki sinar lampu yang terang seperti ruang tamu atau kamar tidur.

Dan yang paling membuat kesal adalah ketika laron-laron tersebut berdatangan dan kemudian mati di kamar mandi dengan memasukkan dirinya kedalam bak mandi. Kondisi ini tentu saja akan membuat anda bukan hanya marah, melainkan anda ingin segera mengusir semua laron tersebut. Yang harus anda lakukan adalah menjebaknya seperti dengan menyiapkan bak yang berisi air atau mematikan lampu-lampu di rumah anda untuk sementara waktu.

4. Rumah anda sebelumnya merupakan tanah yang subur

Untuk penyebab yang satu ini mungkin masih banyak yang belum menyadarinya bahwa tanah yang subur dan gembur merupakan habitat atau tempat yang paling disukai oleh rayap. Jika sebelumnya rumah anda merupakan kebun atau tempat yang memiliki kondisi tanah yang subur dan gembur, dan kemudian ketika anda membangun rumah di atasnya, anda menemukan banyak rayap, maka hal ini disebabkan karena kondisi tanah itu sendiri.

Rayap memang sangat suka tanah yang gembur dan subur karena akan membantu mereka di dalam proses perkembangbiakkan sehingga anda jangan heran jika banyak sekali sarang rayap yang berada di tanah atau tempat dengan kondisi yang subur dan tanah yang gembur.

Maka dari itu, sebelum anda membangun rumah, anda harus memastikan bahwasanya tanah rumah anda bukan lagi merupakan tanah yang gembur atau subur sehingga ketika dibangun, tidak akan ada rayap yang mengganggu dan menggerogoti kayu atau perabotan rumah tangga anda yang terbuat dari kayu.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai apa saja penyebab munculnya rayap di dalam rumah. Anda harus berhati-hati ketika anda ingin membasmi rayap, jangan sampai anda terkena gigitan rayap tersebut karena bisa menyebabkan beberapa masalah seperti ruam, gatal, maupun kondisi lainnya.

Selain itu, anda juga harus selalu menjaga kebersihan rumah anda sehingga tidak akan ada rayap yang mau membuat sarang di rumah anda. Semoga informasi bermanfaat.

, , ,



Oleh :
Kategori : PEST