Sponsors Link

9 Tips Letak Pintu Utama Menurut Islam dan Bentuknya

Memikirkan desain rumah memang sangat penting untuk dilakukan. Bahkan termasuk ketika Anda cara membeli rumah melalui agen properti rumah. Hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah lebih memilih rumah bangun pesan daripada rumah yang sudah jadi dibangun. Hal ini untuk menghindari desain rumah yang kurang sesuai aturan.

ads

Terlebih jika Anda adalah umat Islam yang seharusnya mengikuti tata aturan sesuai dalil yang sudah ditetapkan. Jangan sampai memilih bentuk rumah atau membuat rumah yang memiliki desain kurang sopan atau melanggar norma yang ada. Termasuk juga untuk rancangan letak dan bentuk dari pintu utama. Agar Anda tidak terhindar dari kesalahan maka cobalah untuk memikirkan letak pintu utama menurut Islam dan bentuknya, seperti keterangan dibawah ini.

  • Ukuran pintu terbesar di rumah

Dari bentuknya maka Anda harus memilih pintu utama memiliki bentuk yang paling besar. Dengan cara ini maka orang akan tahu bahwa itu adalah pintu utama rumah untuk keluar masuk tamu. Tamu akan tahu dan bisa bertamu secara sopan dengan menunggu di depan pintu paling besar.

Jika memang Anda sudah membeli rumah dengan memanfaatkan pinjaman beli rumah maka jangan sampai salah memilih desain pintu utama. Jika sudah terlanjur dengan ukuran pintu utama yang lebih kecil atau sama dengan pintu ruangan lain maka ganti dengan yang lebih besar.

  • Pintu terdiri dari dua daun pintu

Mengingat bahwa pinta utama utama harus sesuai dengan tata aturan maka lebih baik memilih dua daun pintu utama. Artinya ada dua pintu sebelah kanan dan kiri kemudian bertemu dan berpisah pada bagian tengah. Handle pintu bisa diletakkan di bagian kanan dan kiri namun kunci harus ada di sebelah pintu kiri. Hal ini ternyata ada manfaatnya karena bisa membuat Anda membuka dan menutup pintu dengan mudah dan sesuai anjuran Islam yaitu mendahulukan bagian kanan. Selain masalah ini maka secara Islam juga lebih baik mencoba cara membeli rumah tanpa hutang.

  • Pintu utama harus ke arah ruang tamu

Dalam Islam juga diajarkan untuk memuliakan tamu salah satunya adalah dengan membuka akses rumah kepada tamu. Jangan sampai tamu duduk diluar atau menunggu diluar terlalu lama. Karena itu letak pintu utama harus langsung memberi arah pada ruang tamu. Sehingga ketika Anda membuka pintu utama maka tamu bisa dipersilahkan langsung masuk ke dalam rumah. Dengan pengaturan tata letak seperti ini juga bisa membuat tamu yang datang ke rumah tidak sungkan untuk masuk ke dalam rumah Anda. Walaupun ini diperhitungkan secara Islam tapi juga termasuk dalam tata cara feng shui rumah agar rejeki lancar.

  • Daun pintu utama membuka ke dalam

Arah daun pintu utama sebaiknya juga harus dibuat membuka ke dalam. Pengaturan ini sangat penting karena pintu utama yang terletak langsung di ruang tamu. Jika Anda membuat letak pintu utama membuka keluar maka ibaratnya seperti mengusir tamu. Selain itu saat membuka pintu juga bisa menabrak atau menyakiti tamu yang sudah ada di depan pintu utama.

  • Pintu utama harus memperlihatkan area yang luas

Letak pintu utama juga harus dibuat memberi kesan yang luas pada sebuah ruangan. Artinya jangan sampai ketika Anda membuka pintu utama maka langsung melihat ruangan yang sempit dan penuh dengan barang. Dalam Islam hal ini juga tidak nyaman karena bisa membuat tamu tidak nyaman dan bingung harus duduk dimana. Jadi lebih  baik pintu utama menghadap ke arah yang luas seperti ruang tamu yang dilengkapi dengan kursi tamu. Dengan cara ini juga akan membuat tamu menjadi lebih nyaman.

  • Tidak menempatkan benda di pintu utama

Banyak orang yang mencoba meletakkan berbagai hiasan atau benda pada pintu utama atau dekat dengan pintu utama. Sekali lagi berbagai benda ini mungkin suatu saat bisa menyakiti Anda atau tamu Anda. Misalnya saja ketika benda tersebut jatuh lalu mengenai kepala atau kaki Anda. Karena itu selain akses pintu utama harus terbuka lebar juga tidak menempatkan benda di sekitar pintu utama.


  • Pintu utama tidak menghadap kamar mandi

Kemudian tata letak pintu utama sebaiknya adalah tidak langsung menghadap kamar mandi. Masalahnya hal ini sering terjadi pada tipe rumah kecil atau perumahan yang sudah dibangun sebelum dijual. Untuk menghindari masalah ini maka pahami dulu pengertian KPR dan cara membeli rumah atau perumahan dengan KPR. Jika pintu utama menghadap kamar mandi maka ini akan memberi kesan yang tidak sopan pada tamu dan pengguna rumah. Anda pasti merasa tidak nyaman saat tamu melihat ada anggota keluarga yang masuk ke kamar mandi. Jadi pastikan ada batasan antara bagian ruang tamu dan akses ke ruangan lain termasuk ruang keluarga.

  • Pintu rumah tidak menghadap dapur

Selain pintu utama tidak boleh menghadap kamar mandi maka sebaiknya pintu utama juga tidak boleh menghadap dapur. Pertimbangan ini sangat penting karena perabot dan aktifitas dalam dapur sebaiknya tidak boleh terlihat dari ruang tamu. Bayangkan jika Anda membuat makanan atau minuman dari dapur dan itu terlihat oleh tamu yang masuk dari pintu utama, maka pasti rasanya tidak nyaman. Tamu juga menjadi enggan karena sudah merasa merepotkan Anda.

  • Pintu utama tidak boleh menghadap garis lurus dalam rumah

Seringkali jika membeli rumah dari perumahan dengan luas yang terbatas maka biasanya tidak memiliki banyak pilihan. Banyak orang yang mencoba mengakali tata ruang agar bisa terlihat luas dan semua ruang yang dibutuhkan bisa dibuat. Misalnya dengan cara meletakkan pintu di garis lurus sampai ke dinding batas rumah belakang. Jadi ruangan dibuat pada sisi kanan dan kiri dari garis lurus. Ini juga memberi kesan yang tidak nyaman dan kurang sopan.

Itulah berbagai tata letak pintu utama menurut Islam dan bentuknya. Sebagai muslim hendaknya mengikuti panduan yang tepat sehingga tidak salah saat membuat desain rumah. Apalagi pintu utama yang menjadi akses utama keluar dan masuk pintu.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pintu