Sponsors Link

8 Tanaman untuk Pagar Rumah Minimalis Paling Indah

Tidak selamanya pagar rumah minimalis harus terbuat dari material padat seperti besi, aluminium atau kayu. Agar halaman depan dan belakang rumah anda bisa lebih privat sekaligus cantik dan lebih hidup, maka anda bisa menggunakan beberapa tanaman yang bisa memberikan tampilan lebih segar dibandingkan dengan material padat. Sebagai referensi tambahan, berikut akan kami berikan beberapa pilihan tanaman untuk pagar rumah minimalis yang bisa anda gunakan.

ads

1. Tanaman Bambu Hias

Tanaman untuk pagar rumah minimalis pertama yang bisa anda gunakan adalah tanaman bambu hias. Ada banyak jenis dan juga ukuran tanaman bambu yang bisa digunakan sebagai pagar sekaligus untuk membuat rumah anda lebih privat dan lebih asri. Pilihlah ukuran bambu yang memiliki bilah besar untuk bagian depan rumah anda sehingga bisa membentuk pagar yang kokoh, rapat dan juga tinggi.

Sedangkan untuk halaman belakang agar lebih tertutup atau untuk tanaman hias untuk balkon, anda bisa memilih ukuran bilah bambu yang lebih kecil. Tanam bambu tersebut dalam beberapa pot dan letakkan secara berdampingan. Bambu ini nantinya akan semakin tumbuh tinggi sehingga bisa menghalangi pemandangan dari arah luar. Tidak hanya berguna sebagai pagar yang kokoh dan mempercantik halaman rumah anda, namun tanaman bambu juga bisa membantu meredam kebisingan.

2. Bunga Soka

Bunga soka merupakan jenis tanaman perdu atau semak yang juga cocok dijadikan pengganti pagar untuk rumah minimalis anda. Apabila tumbuh besar, maka tanaman dengan bunga cantik ini bisa berbentuk sangat padat dan mudah dibentuk dengan ketinggian bisa mencapai 6 meter namun bukan termasuk jenis tanaman untuk roof garden.

Pagar tanaman dari perdu ini juga terdiri dari banyak jenis dengan tampilan yang sangat cantik seperti salah satunya adalah bunga soka. Kombinasi antara warna hijau pada daun dan juga oranye, kuning dan merah dari bunga akan membuat rumah anda terlihat lebih cantik dibandingkan dengan pagar biasa yang monoton ditambah lagi dengan perawatannya yang sangat mudah yakni hanya perlu dipangkas secara teratur, disiram dan diberi pupuk setidaknya satu kali dalam sebulan.

3. Pakis

Pakis merupakan salah satu jenis paku pakuan yang juga sangat tepat dijadikan sebagai pagar untuk rumah minimalis. Salah satu jenis pakis yang paling cocok digunakan sebagai pagar adalah pakis boson di mana anda bisa menanam tanaman ini di atas pagar beton atau kayu untuk mempercantik halaman rumah anda serta cocok dijadikan tanaman hias merambat untuk kanopi.

Selain bisa hanya dibiarkan menempel dengan pagar, tanaman pakis ini juga bisa dijadikan pagar dengan ketinggian yang rendah. Anda hanya perlu menanam pakis di dalam tanah dan biarkan hingga tumbuh besar dan anda sudah bisa mendapatkan halaman depan dan belakang yang terlihat semakin indah dan segar karena pagar dari tanaman pakis tersebut.

4. Kembang Sepatu

Tidak hanya bunga soka yang bisa anda sulap menjadi pagar dan menjadi bunga yang cocok ditanam di depan rumah, namun tanaman lain yang juga mempunyai tekstur dan bentuk yang pas untuk dijadikan pagar rumah minimalis adalah kembang sepatu. Tanaman dengan bunga indah ini tidak butuh media rambat khusus supaya bisa dibentuk menjadi pagar. Anda hanya perlu membiarkannya tumbuh kemudian potong sehingga bentuknya menyerupai pagar.

Sedangkan jika anda ingin memperbanyak tanaman kembang sepatu, maka anda hanya perlu menggunakan teknik cangkok saja. Untuk perawatan, anda hanya butuh memberikan pupuk sebanyak satu kali dalam sebulan. Sedangkan selebihnya, tanaman kembang sepatu ini akan tetap tumbuh dengan sehat karena bantuan dari sinar matahari.


5. Tanduk Rusa

Untuk sekarang ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk memiliki vertical. Selain bisa ditanam merambat di dinding, vertical garden juga bisa dibuat dengan cara menggantungkan beberapa pot pada papan atau pagar yang dibentuk dengan sangat cantik.

Sebenarnya, ada banyak jenis tanaman vertical garden yang bisa anda gunakan agar bisa membentuk pagar seperti salah satunya tanduk rusa. Anda bisa memadukan tanaman tanduk rusa pada pagar vertical gardeb di rumah dengan jenis tanaman lainnya seperti kuping gajah, lili paris, kadaka dan juga sirih merah.

6. Morning Glory

Morning glory merupakan salah satu jenis tanaman hias merambat yang sangat indah. Karena tampilannya yang menarik dan merambat atau menjalar, maka tanaman indah ini juga bisa difungsikan sebagai pagar.

Sebelum anda mulai menanam morning glory, maka buat terlebih dulu pagar kayu atau bambu sederhana yang nantinya akan digunakan sebagai media rambat berbeda dengan cara menanam kaktus mini. Nantinya, tanaman morning glory ini akan tumbuh menjalar pada media yang sudah dipersiapkan dan membentuk pagar yang sangat indah. Selain bisa dijadikan sebagai pagar, morning glory juga bisa digunakan sebagai tanaman pada pergola dengan keharuman yang menenangkan ketika mekar di pagi hari.


7. English Ivy

Tanaman selanjutnya yang bisa dijadikan pagar adalah tanaman english ivy. Ini merupakan tanaman hias yang tumbuh merambat dan menjalar untuk mencari tempat pijakan agar bisa terus berkembang.

Umumnya, tanaman english ivy ini mudah ditemukan di tembok kastil kastil tua Eropa dan bisa digunakan sebagai tanaman hias gantung. Karena pertumbuhannya visa menyebar dengan sangat cepat, maka umumnya media yang digunakan untuk menanam akan dengan cepat tertutup oleh tanaman ini dan akhirnya membentuk seperti pagar.

Meski terdengar seperti hama, namun sebenarnya tanaman ini bisa memberikan efek yang indah sekaligus unik sehingga banyak ditanam untuk pagar di rumah atau sebuah bangunan. Semakin lama, tanaman english ivy ini akan menjalar dan menyebar membentuk pagar yang sangat indah dan tentunya sejuk berbeda dengan cara memelihara tanaman lidah buaya.

8. Clementis

Clementis merupakan tanaman hias yang memiliki kesamaan dengan english ivy yakni termasuk tanaman yang merambat untuk mencari pijakan agar bisa tumbuh dengan baik. Akan tetapi, clementis adalah tumbuhan menjalar yang juga menghasilkan bunga sangat indah. Bunga clementis ini akan merekah dengan 6 kelopak bunga dengan warna yang beraneka ragam seperti biru, merah muda dan juga yang paling sering ditemukan adalah ungu dan putih.

Apabila anda ingin menambah warna yang lebih hidup sebagai tembok, maka tanaman clementis ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk digunakan ditambah cara merawat bunga yang tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menanamnya di dekat tembok yang akan digunakan sebagai pagar dan nantinya tanaman ini akan merambat dengan sendirinya untuk menutupi media tanam.

Demikian ulasan dari kami tentang pilihan tanaman untuk pagar rumah minimalis yang bisa anda gunakan untuk mempercantik tampilan rumah anda khususnya area depan dan belakang rumah anda. Semoga bisa menginspirasi dan bermanfat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Taman