Sponsors Link

4 Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Minimalis

taman kecilMemiliki taman yang indah dan asri merupakan sebuah impian yang ingin diwujudkan oleh hampir semua pemilik rumah. Dengan adanya taman di depan rumah, akan membuat rumah anda terlihat lebih hijau dan sejuk yang akan membuat siapapun orang yang berkunjung ke rumah anda akan merasa betah dan tidak ingin cepat-cepat pulang.

ads

Banyak orang mencari cara bagaimana memiliki taman yang indah dan tidak perlu ribet perawatannya. Untuk mereka yang memiliki rumah dengan halaman atau bagian depan yang ukurannya luas, tentu tidak perlu memutar otak untuk mengkonsep taman yang mereka inginkan dan kemudian di sesuaikan dengan luas halaman depan rumah.

Namun hal ini berbeda bagi yang memiliki rumah minimalis karena ada banyak hal yang harus di pikirkan, salah satunya apakah taman yan dibangun nantinya tidak malah membuat rumah tersebut tampak sempit.

Meskipun sebenarnya rumah anda termasuk ke dalam rumah minimalis yang tidak memiliki luas halaman atau bagian depan seperti rumah yang lain, anda tidak perlu berkecil hati karena masih ada beberapa cara membuat taman kecil di depan rumah yang bisa anda terapkan.

Dengan mempelajari informasi yang kami berikan ini, diharapkan rumah anda bisa memiliki taman yang indah, asri, yang akan memberikan kesejukan dan pada akhirnya bisa memberikan aura positif untuk setiap anggota keluarga yang ada di rumah anda tersebut.

Namun sebelum kami memberikan penjelasan lebih lanjut, silahkan anda mempelajari informasi yang sebelumnya sudah kami siapkan untuk anda yakni cara mengurus IMB untuk renovasi rumah dan tentang cara menata barang di rumah sempit.

1. Menyesuaikan dengan gaya yang ada pada rumah anda

Cara pertama kali yang harus anda lakukan adalah dengan menyesuaikan taman yang akan anda bangun dengan gaya yang terdapat pada rumah anda. Membuat teman tentu harus dilakukan dengan perencanaan yang sangat baik agar supaya dapat memberikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan yang kita inginkan.

Dengan mengkonsep tentang penyesuaikan taman dengan rumah anda, maka hal ini akan mengurangi resiko ketidakcocokan taman yang akan anda bangun dengan gaya rumah anda.

Yang harus anda lakukan adalah dengan menyesuaikan luas taman dengan luas rumah anda, menentukan warna bunga-bunga dengan warna cat rumah anda, dan lain sebagainya.

Anda bisa berbicara dengan seseorang yang memang ahli dalam bidang ini untuk memberikan masukan tentang seperti apa konsep taman terbaik yang nantinya akan dibuat di depan rumah anda. Dengan begitu, anda bisa memprediksi jika nanti anda ingin mengkonsep taman anda sendiri karena sebelumnya sudah memiliki gambaran.

2. Memilih tanaman yang cocok

Cara kedua yang harus anda perhatikan ketika anda ingin menanam sebuah taman kecil di depan rumah anda adalah dengan menentukan jenis tanaman yang cocok yang akan ditanam di taman anda tersebut.

Menyesuaikan di sini artinya adalah anda harus menentukan jenis tanaman yang sesuai dengan iklim dan cuaca yang ada di daerah anda. Jangan pernah menggunakan tanaman atau bunga yang tidak bisa bertahan lama ketika di daerah anda kebetulan sedang musim hujan.

Jika anda bisa menentukan tanaman yang cocok, maka tentu anda tidak perlu terlalu repot untuk merawatnya, dan terlebih lagi rumah anda akan semakin terlihat begitu indah dan memberikan kesejukan bagi siapapun yang datang berkunjung ke rumah anda.

Dan bagi anda yang ingin semakin membuat tampilan taman semakin mengagumkan, anda bisa melakukan cara yakni rekayasa visual. Artinya, anda harus melakukan pengaturan terhadap pencahayaan pada taman anda dan kemudian anda harus memastikan bahwa pot sudah terpasang dengan baik serta tertata dengan rapi agar semakin membuat taman anda indah dan enak untuk dipandang.

3. Menggunakan taman vertikal maupun horizontal

Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui seperti apa bentuk dari taman vertikal maupun yang horizontal. Padahal, taman dengan bentuk seperti ini akan memberikan pendekatan yang berbeda, dimana taman vertikal kebanyakan digunakan oleh mereka yang tidak memiliki luas lahan yang banyak.

Meskipun begitu, terkadang ada orang yang malah menggabungkan dua jenis dari bentuk taman ini yang akan membuat taman semakin lebih indah dengan koleksi bunga yang warna-warni. Yang harus anda lakukan adalah, untuk taman vertikal bisa anda lakukan dengan cara menyusun papan kayu yang nantinya akan anda fungsikan sebagai tempat peletakan pot.


Selain itu, anda juga bisa mulai memilih untuk menyusun pot dengan cara zig-zag yang saat ini juga sudah mulai banyak digunakan. Adapun mengenai kreasi warna yang akan anda gunakan di taman anda, anda bisa melakukan sesuai dengan selera anda, meskipun memang harus tetap menyesuaikan dengan kebutuhan.

Dan untuk anda yang ingin menggunakan taman horizontal, anda harus mulai menyiapkan pot-pot besar yang akan anda gunakan nantinya. Namun bagi anda yang memiliki rumah minimalis, mungkin anda hanya cukup menggunakan taman vertikal karena tidak akan terlalu memakan banyak ruang, dan akan tetap memberikan keindahan pada taman anda.

4. Menanam beberapa bunga secara bersamaan

Bagi anda yang saat ini memiliki rumah minimalis atau yang tidak memiliki luas yang cukup, maka anda bisa menerapkan cara lain untuk tetap membuat taman di rumah anda indah dan memberikan kenyamanan.

Anda harus menanam beberapa jenis bunga secara bersamaan, yakni minimal warna yang berbeda. Dengan begitu, taman anda akan nampak sangat indah ketika anda selesai menatap dengan rapi bunga-bunga tersebut.

Namun anda juga harus ingat bahwa pencahayaan merupakan faktor yang tidak kalah penting yang harus anda perhatikan dimana nanti anda harus memastikan bahwa tanaman atau bunga-bunga anda tersebut memiliki cukup cahaya sehingga tidak akan layu.

Selain itu, selalu perhatikan kerapian dari bunga-bunga yang anda tanam dengan cara mengontrolnya minimal 2 minggu sekali karena dikhawatirkan ada bunga yang yang sudah layu atau tidak tersusun dengan rapi. Memberikan warna-warni pada taman memang akan meningkatkan mood seseorang sehingga ia akan betah berada di dalam rumah.

Demikian penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara membuat taman kecil di depan rumah yang bisa anda lakukan. Di bawah ini ada beberapa informasi lain yang juga harus anda cermati, antara lain:

, , ,



Oleh :
Kategori : Taman