Sponsors Link

7 Cara Membasmi Gulma Di Taman Secara Alami (#Paling Ampuh)

Cara Membasmi Gulma harus anda perhatikan untuk mendapatkan halaman yang rapi dan bersih. Rumah yang sehat tentu tak ada rumput liar di halaman atau pekarangan rumah. Halaman rumah yang tak sehat tentu akan masuk pada ciri- ciri rumah tidak sehat. Akan tetapi, bila kita punya lahan yang kosong atau taman, kemungkinan sangat besar ditumbuhi oleh rumput liar. Karena rumput liar bisa saja tumbuh dimanapun dan kapanpun yang tidak kita inginkan. Apalagi jika musim penghujan tiba, pasti rumput liar tersebut akan tumbuh subur di halaman rumah. Untuk menjaga rumah tetap sehat, pelajari penyebab kecoa datang ke rumah.

ads

Baca Juga :

Cara Membasmi Gulma

Cara Membasmi GulmaNah kalau sudah begitu, sebel banget bukan? Kamu harus mencabuti rumput satu persatu yang akan menghabiskan waktu dan tenaga. Setelah beberapa bulan pasti rumput itu tumbuh lagi dan kita akan melakukan hal yang sama. Nah bagaimana sih cara mengatasi rumput liar dengan cara mudah dan murah tanpa menguras banyak tenaga dan biaya?

Memang benar di toko tertentu tersedia obat untuk membasmi gulma alias rumput liar. Namun tahukah kamu, ada senyawa kimia yang akan merusak ekosistem di halaman rumah kamu. Sehingga kamu sangat disarankan untuk menghindari herbisida dari bahan non organik tersebut demi keamanan flora dan tanaman hias di halaman rumahmu. Jangan khawatir, bila banyak semut di rumahmu, inilah penyebab banyak semut di rumah.

Yuk simak beberapa beberapa tips membuat herbisida organik yang terbuat dari bahan yang mudah dicari dan lebih hemat biaya. Seperti cara membersihkan setrika dengan bahan yang sudah tersedia di dapur, sehingga lebih hemat pengeluaran. Berikut ini cara membuat herbisida untuk membasmi dan mematikan rumput liar yang hidup di halaman rumah kamu:

1. Menggunakan Garam

Garam yang biasa kamu gunakan untuk memasak di dapur ternyata sangat efektif mematikan rumput liar. Bagaimana caranya? Cukup taburkan garam di tempat rumput liar tumbuh, hati – hati ya jangan samapi megenai tanaman hias lain yang ada di halaman rumah kamu. Garam akan menghisap kelemebaban pada rumput liar tersebut, sehingga lama kelamaan rumput tersebut mengering dan mati. Bila tembok di rumahmu, lembab dan berjamur coba cek cara mengatasi dinding lembab dan berjamur.

2. Menggunakan Air Mendidih

Nah cara ini cukup mudah sekali. Apabila kamu sedang memasak mie instan, atau sedang merebus sayuran, jangan buang airnya begitu saja ya. Siramkan air sisa rebusan itu pada rumput liar yang tumbuh di halaman rumah. Rumput akan menciut, kemudian layu , dan mati. Jika ternyata banyak cicak di rumah yang mengganggu akifitas bersama keluarga, coba atasi dengan cara membasmi cicak di rumah.

Sponsors Link

3. Menggunakan Sabun

Sabun merupakan bahan yang seringkali kamu jumpai dan sangat mudah didapatkan. Siapkan satu ember air dan beri beberapa tetes sabun pencuci piring. Biar lebih maksimal, tambahkan air cuka secukupnya. Siapkan alat penyemprot, lalu semprotkan pada rumput liar yang mengganggu di halaman rumah. Rumput yang sudah disemprot cuka, warnanya menjadi mengkilap sehingga kamu bisa membedakan mana yang sudah disemprot mana yang belum. Bila di rumahmu juga banyak tikus yang berkeliaran di malam hari, ada baiknya menyimak cara mengusir tikus di rumah.

4. Menggunakan Cuka

Cara Membasmi Gulma yang selanjutnya adalah menggunakan cuka. Cuka mengandung asam asetat yang sangat efektif membasmi rumput liar terutama yang masih muda alias baru tumbuh. Seperti halnya cara membersihkan akuarium yang menggunakan cuka untuk hasil maksimal. Bagimana caranya? Cukup siapkan air bersih seperlunya, berilah cairan cuka. Lebih banyak lebih baik, dan siramkan secara hati – hati pada rumput yang tumbuh liar di halaman rumah. Berhati – hailah jangan sampai penyemprotan mengenai tanaman hidup lainnya.

5. Membasmi Dengan Membuat Herbisida Sendiri

Nah cara ini bisa kamu gunakan apabila rumput tumbuh secara ganas dan dalam jumlah sangat banyak sehingga mengganggu pemandangan di rumah. Membasmi rumput liar merupakan salah satu cara menjaga kebersihan rumah. Bahan untuk membuat herbisida sendiri yang harus kamu siapkan adalah:

  • Bensin 1 liter
  • Solar 1 Liter
  • Garam 1 kg
  • Pupuk Urea 1 kg
  • Sabun Colek / Serbuk 1 kg

Campurkan dulu bensin dan solar dalam satu wadah yang sama. Baru campurkan garam, pupuk urea, dan sabun colek dalam wadah lain. Campurkan kedua cairan itu dengan cara perlahan di wadah yang berisi bensin dan solar, tambahkan sedikit demi sedikit cairan garam, pupuk dan sabun. Aduk hingga tercampur rata semuanya.

Cara penggunaan untuk menyemprotnya sangat mudah, siapkan air secukupnya pada alat spray. Tambahan cairan herbisida yang telah dibuat tadi dengan perbandingan air dan herbisida 2:1. Semprotkan secara hati – hati pada rumput yang sudah sangat tumbuh besar dan tua. Untuk menjaga kesehatan rumah Anda, sebaiknya Anda melakukan pengolahan limbah rumah tangga yang bisa digunakan sebagai pupuk alami juga.

Sponsors Link

6. Menggunakan Campuran Air Kelapa & Ragi Tape

Cairan ini bekerja lebih ampuh lagi, sangat cocok rumput yang tipenya besar dan sulit untuk dibasmi seperti ilalang. Selain untuk halaman rumah, juga cocok untuk kamu yang mempunyai ladang yang di tanami rumput liar. Bahan – bahan yang perlu disiapkan untuk membuat cairan herbisida sendiri adalah:

  •  2 liter air kelapa
  • 60 gram detergen
  • 25 butir ragi tape
  • 1,5 kg pupuk urea
  • 0,25 kg garam

Pertama masukkan dulu air kelapa pada ember, atau wadah apa saja untuk mencampurkan semua bahan. Masukkan ragi dan pupuk urea ke dalam air kelapa. Aduk hingga merata dan menyatu. Terakhir baru masukkan garam dan detergen secara sedikit demi sedikit dengan perlahan. Aduk hingga semua mencampur jadi satu secara merata. Lalu masukkan dalam tempat tertutup seperti botol. Simpan hingga 12 jam. Setelah itu, cairan herbisida siap untuk digunakan. Bila rumahmu tak hanya dipenuhi rumput liar tapi juga  energi negatif, coba simak cara membersihkan rumah dari energi negatif.

7. Menggunakan Belerang

Apabila mudah bagimu untuk menemukan belerang, ada baiknya juga kamu menggunakan belerang sebagai campuran pada cairan untuk membasmi rumput liar. Bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • Air 4 liter
  • garam 2 kg
  • Cuka 2 botol
  • Belerang 3 ons

Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan kecuali cuka hingga mendidih. Lalu angkat, baru kemudian campurkan cukanya. Aduk hingga merata dan masukkan dalam jurigen atau botol ukuran besar. Tunggu hingga 12 jam agar herbisida alami bekerja maksimal untuk menanggulangi rumput liar. Kamu bisa memaki cairan ini berkali – kali karena telah disimpan pada jurigen. Penggunaan herbisida alami sama dengan ketika cara membasmi rayap di atap rumah.

Nah untuk ukuran penyemprotan, kamu bisa mengambil 1-2 botol untuk 10 liter air. Baru kemudian dimasukkan pada alat sprayer, dan disemprotkan pada rumput liar yang tumbuh. Tunggu 1- 2 hari lagi, rumput akan mengering lalu mati. Jangan khawatir bila banyak lalat yang banyak mengganggu, ada cara mengusir lalat di rumah yang bisa dipraktekkan langsung.

Baca Juga :

Demikian Cara Membasmi Gulma dengan jumlah terbatas hingga rumput yang sudah tumbuh besar seperti ilalang. Lakukan penyemprotan dengan hati – hati dan telaten agar rumput itu mati dan tidak bisa tumbuh lagi dan halaman rumahmu menjadi salah satu dari ciri – ciri lingkungan sehat. Selain cara alami membasmi gulma, ada juga cara alami untuk penyerap kelembaban ruangan di rumahmu.




*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 09:50 Oleh :
Kategori : Taman