Kenali Warna Cat Rumah Mediterania Berikut Ini!

Rumah yang mengadopsi gaya Mediterania mungkin bagi sebagian besar tergolong masih asing karena banyaknya jenis gaya arsitektur rumah yang saat ini digunakan. Namun beberapa orang saat ini cukup tertarik untuk mengadopsi gaya tersebut ke dalam hunian rumah mereka. Gayanya yang cenderung megah, elegan, dan tergolong artsy menjadikan konsep ini mulai digemari di Indonesia.

Meskipun pada dasarnya gaya Mediterania ini lebih cocok digunakan untuk daerah dengan iklim yang cerah dan cenderung panas. Sangat berbeda ya dengan Indonesia yang relatif beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi per tahunnya. Namun, bukan berarti anda tidak bisa sepenuhnya mengadopsi gaya atau konsep rumah ini ke dalam hunian anda loh readers.

Nah, kali ini tim rumahlia akan lebih banyak membahas tentang warna cat rumah Mediterania yang tepat untuk digunakan.

Sebelum kita membahas hal tersebut lebih lanjut, yuk, kita simak dulu informasi dasar berikut tentang seluk beluk rumah Mediterania.

1. Sejarah gaya Mediterania

Rumah-rumah dengan mengusung konsep Mediterania pada dasarnya sudah dikenal atau dipopulerkan sejak tahun 1920. Desainnya sendiri dianggap sebagai kebangkitan Mediterania, yang pada saat itu terdorong oleh keinginan rakyat kelas atas yang iengin memiliki rumah dengan gaya megah. Hal ini tidak lepas dari munculnya resor-resor di tepi laut yang saat itu memang sedang booming.

Pada awalnya desain tersebut diadopsi untuk digunakan dalam bangunan publik seperti hotel. Namun kemudian berkembang dan diadopsi pada berbagai desain rumah, dan hingga saat ini gaya Mediterania banyak diadopsi pada rumah-rumah khususnya yang terletak di tepi pantai.

2. Ciri-ciri eksterior

Ada beberapa hal yang juga menjadikan desain atau konsep gaya rumah Mediterania ini cenderung khas dan unik dibandingkan dengan desain atau konsep gaya rumah yang lainnya. Salah satu yang paling penting adalah ciri-ciri desain eksterior gaya Mediterania, yang memang sangat berbeda. Berikut ciri-ciri desain eksterior yang merupakan cerminan khas gaya Mediterania :

  • Pilar dan kolom yang kokoh dan cenderung besar. Hal ini bisa dilihat pada berbagai tipe desain rumah Mediterania yang biasanya menonjolkan struktur kolom serta pilar yang besar dan juga kokoh, sehingga bangunan rumah terlihat kuat dengan desain yang tegas.
  • Penggunaan bata serta semen pada dinding luar rumah. Salah satu ciri eksterior yang mungkin sangat khas pada desain rumah Mediterania adalah penggunaan bata serta dinding semen yang biasanya di cat dengan warna earthy tone atau warna cerah yang kalem.
  • Keberadaan teras rumah serta halaman dengan gaya Eropa yang biasanya dilengkapi dengan air mancur.
  • Atap yang menggunakan genteng berwarna merah kecokelatan juga merupakan salah satu ciri-ciri eksterior dari rumah Mediterania.

3. Pengaruh kebudayaan dari negara lain

Ya, desain yang selama ini berkembang mengenai rumah dengan gaya atau konsep Mediterania sebenarnya sudah terpengaruh oleh berbagai kebudayaan. Nah pengaruh ini lah yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap desain dan terutama pemilihan warna cat rumah Mediterania.

Warna Cat Rumah Mediterania yang cocok dan mudah diaplikasikan

Selanjutnya bagi anda yang tertarik untuk menerapkan konsep ini dalam hunian rumah anda, yuk simak apa saja warna cat rumah yang tepat untuk diaplikasikan.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa gaya Mediterania ini sangat terpengaruh oleh banyak budaya, sehingga pemilihan unsur warna pun akan menyesuaikan budaya mana yang diadopsi. Kenali pula warna cat rumah yang bagus dan cerah lainnya yang dapat anda aplikasikan di rumah anda.

1. Gaya Mediterania Spanyol

Warna rumah Mediterania yang biasanya terpengaruh oleh kebudayaan Spanyol akan didominasi oleh warna-warna yang cerah dan cenderung ramai. Selain itu penggunaan mozaic juga mendominasi warna-warna pada rumah Mediterania dengan pengaruh dari Spanyol. Untuk genteng sendiri biasanya didominasi oleh warna terakota.

Selain itu untuk rumah Mediterania anda juga dapat mengadopsi beberapa hal dari desain rumah modern Eropa loh readers. Karena ternyata untuk area taman sendiri dan warna-warna di dalamnya banyak dipengaruhi oleh gaya Eropa.

2. Gaya Mediterania Yunani

Untuk gaya Mediterania yang sudah terpengaruh oleh kebudayaan Yunani. Maka warna yang seringkali mendominasi adalah warna putih untuk dindingnya. Anda juga dapat menemukan warna biru cobalt dan juga turquoise.

Warna tersebut akan sangat cocok untuk digunakan di Indonesia karena cenderung netral. Dan yang pasti hal tersebut akan membuat suasana rumah anda akan lebih cerah dan menarik.

3. Gaya Mediterania Italia

Sedangkan untuk gaya Mediterania yang terpengaruh oleh budaya Italia maka warna yang cenderung digunakan adalah warna-warna earthy tone. Warna ini biasanya didominasi oleh warna merah marun, cokelat dan juga jingga.

Pada dasarnya untuk konsep Mediterania, warna cat rumah Mediterania yang harus diperhatikan adalah penggunaan warna yang cerah, hangat, dan juga segar. Warna merah bata atau terkota, krem atau peach, dan juga jingga merupakan perpaduan yang bisa anda masukkan. Tujuan penggunaan warna-warna tersebut tak lain adalah untuk menghadirkan nuansa klasik yang mewah dan juga elegan ke dalam hunian / rumah.

Memadukan warna tersebut dengan warna putih juga dapat anda lakukan agar rumah anda lebih terlihat menarik. Carilah warna dasar yang paling anda sukai untuk diaplikasikan di dinding rumah. Setelahnya anda dapat memadukan warna-warna lain untuk bagian kolom, tiang penyangga, pemilihan kayu, lantai, dan eksterior lainnya. Hal ini untuk menghindari kesan monoton dalam rumah.

Ada satu hal lagi yang perlu anda perhatikan untuk rumah tipe Mediterania ini. Warna cat dinding yang mengadopsi gaya atau konsep ini biasanya memiliki kepekatan dan ketebalan yang umumnya tidak merata. Sehingga biasanya cat dinding tersebut akan dicampur dengan sedikit air sebelum pengecatan dilakukan. Dan untuk interior atau di dalam rumah, anda bisa menggunakan warna yang cenderung lebih hangat atau menggunakan elemen bata ekspose untuk menambah kesan rumah tampak elegan. Anda juga dapat menambahkan macam-macam konsep desain interior untuk membuat rumah anda lebih menarik lagi.