Sponsors Link

6 Cara Mencegah Ular Masuk Rumah Terbukti Ampuh

Bagaimana cara mencegah ular masuk rumah? Memiliki rumah termasuk ke dalam salah satu desain rumah minimalis tentu merupakan impian semua orang. Akan tetapi, bagaimana jika rumah minimalis sederhana tersebut tidak aman? Terlebih lagi jika lokasinya berada di kawasan dekat sawah. Hal ini akan membuat rumah tersebut tidak jarang disatroni hewan-hewan yang memang habitatnya berada di sawah.

ads

Salah satu ancaman yang bisa dikatakan menjadi salah satu resiko bagi anda yang memiliki rumah dekat sawah adalah rumah anda akan menjadi tempat persinggahan ular. Ular merupakan salah satu hewan yang sangat berbahaya dan menakutkan. Tidak jarang ular masuk ke dalam rumah dan ditemukan di tempat-tempat seperti gudang, lemari, atau bahkan di kamar mandi.

Bahkan untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan pun tidak jarang juga menemukan ular yang masuk ke dalam rumah. Biasanya rumah yang menjadi tempat persinggahan ular adalah rumah yang tergolong memiliki ciri-ciri rumah tidak sehat. Oleh sebab itu, anda harus segera mengatasi hal tersebut dengan mempelajari bagaimana caranya mencegah ular masuk rumah. Cara ini bisa anda terapkan baik rumah yang dekat dengan sawah maupun rumah yang berada di kawasan perkotaan.

1. Pastikan rumput tetap pendek

Cara pertama harus anda lakukan adalah memastikan bahwa rumput yang ada di rumah anda tetap pendek. Rumput merupakan salah satu tempat yang nyaman bagi ular, terlebih lagi jika warna ular tersebut sama persis dengan warna rumput di rumah anda. Jika rumput anda panjang dan tak terawat, maka ular akan semakin betah tinggal di sana.

Maka dari itu, anda harus mulai memotong dan membersihkan rumput anda secara rutin agar supaya tidak sampai dijadikan sebagai sarang ular. Rumput yang panjang akan menjadi lokasi yang nyaman bagi ular untuk berlindung dari sinar matahari. Jika rumput rumah anda pendek, maka ular pun tidak akan berada di sana.

Sekedar informasi bahwa jika anda menemukan ular berada di rumput atau semak-semak dekat rumah anda, maka kami sarankan agar anda jangan mencoba menanganinya sendiri. Namun, untuk anda yang sudah berpengalaman mungkin bisa anda tangani dengan cara anda, akan tetapi bagi anda yang belum berpengalaman, kami sarankan lebih baik menghubungi seseorang yang ahli. Hal ini bertujuan meminimalisir jatuhnya korban atau kerugian.

2. Tutup lubang di rumah anda

Langkah kedua yang perlu anda lakukan setelah memotong rumput adalah dengan menutup semua lubang dan celah yang ada di rumah anda. Lubang merupakan salah satu cara ular masuk ke dalam rumah. Alasannya adalah karena pada dasarnya ular memiliki badan yang fleksibel yang bisa masuk dengan mudah ke dalam lubang.

Biasanya, lubang atau celah tersebut disebabkan karena kebocoran atau juga masalah yang lainnya. Maka dari itu, segera lakukan renovasi rumah agar supaya tidak ada ular maupun binatang lain yang masuk melalui lubang yang rusak tersebut.

Yang harus anda lakukan ialah dengan menutup semua lubang dan celah, baik yang ada di dinding maupun lantai yang sudah rusak. Selain itu, coba anda pergi ke gudang maupun tempat-tempat lain yang jarang anda gunakan. Anda harus mengeceknya apakah ada lubang atau celah yang harus anda tutup atau tidak.

3. Pasang pagar

Bagi anda yang rumahnya berada di kawasan sawah atau bahkan hutan, maka salah satu cara mencegah ular masuk rumah yang bisa anda lakukan adalah dengan memasang pagar maupun dinding yang mengelilingi rumah anda. Hal ini karena ular sangat suka daerah lembab dan juga menyukai daerah yang dekat dengan sawah atau hutan yang ditumbuhi oleh rumput-rumput yang panjang.

Dengan memasang pagar, maka ular akan kesulitan masuk ke dalam rumah anda. Memasang pagar merupakan salah satu cara pertahanan yang bisa anda lakukan yang memang cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi ular yang kerap masuk ke dalam rumah. Kemudian, anda juga harus rutin mengecek kondisi pagar anda apakah ada tanaman liar yang tumbuh maupun sarang hewan lainnya agar supaya rumah tetap bersih dan termasuk ke dalam ciri-ciri rumah sehat.


4. Pastikan rumah selalu bersih dan wangi

Seperti apa yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwasanya ular sangat menyukai rumah kotor dan juga bau sehingga tidak heran jika ular akan sering masuk ke rumah tersebut. Maka dari itu, yang harus anda lakukan adalah dengan membuat rumah anda selalu bersih. Bukan hanya itu saja, rumah anda harus diberi pewangi ruangan karena bau wangi tersebut tidak disukai ular. Ada banyak pengharum ruangan atau lantai yang bisa anda dapatkan dengan mudah. Pastikan anda membersihkan dan mengharumkan ruangan anda minimal seminggu sekali. Jika anda terbiasa melakukan ini, maka ular tidak akan masuk ke dalam rumah.

5. Pastikan tidak ada tempat lembab

Selain tempat yang kotor, ular juga merupakan hewan yang sangat menyukai tempat-tempat lembab. Anda harus memastikan bahwa tidak ada tempat lembab di rumah anda maupun memastikan bahwa tempat lembab tersebut tidak menjadi tempat tinggal ular. Adapun salah satu cara mencegah ular masuk rumah yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek tabung elpigi anda. Biasanya tabung elpigi yang lembab menjadi tempat yang nyaman bagi ular. Yang harus anda lakukan adalah dengan memastikan bahwa bagian bawah tabung gas anda tidak lembab sehingga tidak menjadi tempat yang nyaman untuk ular.

6. Lakukan penataan rumah 

Cara mencegah ular masuk rumah yang terakhir adalah dengan melakukan penataan ulang pada rumah anda. Rumah yang penataannya kurang baik dan terkesan berantakan bisa menjadi salah satu alasan mengapa ular bisa masuk ke rumah. Pastikan bahwa tidak ada tumpukan barang-barang apapun yang membuat rumah terkesan kumuh dan kotor.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara mencegah ular masuk rumah yang bisa anda terapkan. Kami juga mengajak anda untuk mencermati informasi lainnya yaitu:

, , , ,



Oleh :
Kategori : Pencegahan