Sponsors Link

6 Cara Memadukan Warna Cat Rumah

memadukan warna catDi dalam sebuah desain rumah pasti Anda akan berurusan dengan warna cat rumah elegan. Akan terpikirkar bagaimana cara memadukan warna cat dengan furniture serta lantai rumah agar padu padan. Banyak orang yang terkadang meremehkan pekerjaan memilih warna. Jangan salah, pemilihan warna yang salah justru akan menyebabkan rumah terasa bosan dan suram. Untuk memadukan warna cat rumah, terdapat trik-trik sederhana yang perlu Anda perhatikan.

ads

Perpaduan warna yang baik untuk menghiasi dinding tembok rumah dapat dihasilkan melalui beberapa aspek tertentu. Anda perlu meninjau ruangan apa yang akan digunakan, ukuran dan bentuk, serta konsep apa yang Anda gunakan. Apakah rumah minimalis sederhana, model rumah scandinavian, desain rumah modern eropa dan sebagainya. Berikut ini adalah cara memadukan warna cat rumah yang baik dan benar, yakni :

  1. Mengenal roda warna

Roda warna merupakan sebuah diagram warna yang di dalamnya terdapat pengetahuan tentang warna-warna yang akan cocok jika dipadukan bersama serta warna-warna apa saja yang akan tidak cocok jika dipadukan bersama. Roda warna sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, yakni tentang warna primer, warna sekunder serta warna tersier. Dari pengelompokan warna ini, Anda akan mengetahui paduan warna yang baik dan benar.

  1. Perpaduan warna primer

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa dalam roda warna terdapat salah satu kategori yakni warna primer. Penggabungan warna ini biasa disebut dengan konsep harmoni warna. Warna-warna ini dapat bersifat tegas dan menyenangkan. Warna primer ini terdiri dari tiga warna, yakni warna merah, kuning dan biru. Perpaduan dua warna dapat dilakukan dan disesuaikan kembali dengan perabotan rumah Anda.

  1. Perpaduan warna komplementer

Yang dimaksud dengan warna komplementar adalah warna sekunder dan tersier yang tercipta berdasarkan perpaduan warna-warna primer. Perpaduan warna komplementer juga dapat menciptakan sebuah kombinasi yang menarik. Contohnya adalah warna-warna seperti biru dan jingga atau ungu dan kuning dan sebagainya. Terkadang menggabungkan dua warna yang sangat bertolak belakang menjadi cukup sulit karena memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Akan tetapi, jika cara ini berhasil maka hasilnya akan sangat luar biasa dan membuat diri Anda sendiri takjub.

Sponsors Link

  1. Padukan cat tembok dengan furniture

Jika Anda ingin memadukan beberapa warna cat untuk rembot rumah, Anda perlu memperhatikan pemilihan warna furniture rumah. Pasalnya, kolaborasi beberapa warna yang tidak padu dapat menyebabkan rumah nampak semerawut dan tidak nyaman. Usahkan untuk memilih warna furniture yang berbeda dengan warna cat tembok supaya masing-masing saling menonjolkan pesonanya. Sebagai tips, Anda dapat memilih warna dengan famili yang sama dengan contoh jika Anda menggunakan warna tembok perpaduan biru Anda dapat memilih waran furniture yang mendekati seperti biru kehijauan. Atau Anda dapat pula memilih warna yang kontras sehingga ruangan semakin bertambah ceria, yakni contohnya adalah jika Anda memilih perpaduan warna pirus cerah Anda dapat menggunakan warna merah untuk furniture rumah.

  1. Pertimbangkan aksen dinding

Banyak yang orang yang terkadang ragu untuk mengecat rumah dengan warna-warna berani karena takut terpengaruh dengan nuansa yang diciptakannya. Akan tetapi, warna ini sebenarnya bisa dipadu padankan menjadi sebuah kombinasi yang menarik. Salah satu penangkalnya adalah dengan memberikan aksen dinding sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan gambaran suasana ruangan. Caranya mengecat bagian garis tepi dengan menggunakan warna yang kontras supaya menimbulkan kesan yang menarik. Garis tepi juga dapat dibuat dengan warna yang berbeda. Ini merupakan bentuk lain dari cara memadukan warna cat rumah.

  1. Bereksperimen warna

Memutuskan untuk menggunakan warna yang pekat untuk cat dinding rumah terkadang memang berat. Sehingga keputusan berakhir menggunakan warna yang lebih soft dan muda supaya lebih indah di pandang. Namun, jika Anda ingin menghadirkan kontras dalam ruang, jawaban Anda tidak hanya terpaku pada warna cat tembok saja. Anda dapat pula menggunakan perabot rumah sebagai jawabannya. Akan tetapi usahakan bahwa Anda tidak memilih terlalu banyak ragam warna dalam sebuah ruang. Hal ini akan menyebabkan ketidaklarasan dalam ruang serta saling berbenturan satu sama lain. Selain itu, secara psikologis pun akan mempengaruhi penghuni rumah tersebut.

Sponsors Link

Pada dasarnya cara memadukan warna cat rumah berada di keputusan Anda sebagai pemilik rumah. Bagaimana Anda memilih paduan warna yang baik dan benar dengan mengacu pada roda warna yang telah tersedia. Anda dapat pula menggunakan perangkat daring untuk membantu Anda dalam proses penentuan warna yang cocok dan baik untuk rumah Anda. Jangan sampai salah pilih warna karena selain Anda membuang-buang waktu karena harus mengulang pekerjaan kembali, hal ini juga termasuk dalam salah satu bentuk pemborosan. Bertolak belakang sekali jika Anda ingin tips hemat membangun rumah. Demikianlah, selamat mencoba!

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik