Sponsors Link

5 Cara Pasang Penangkal Petir Di Rumah Paling Tepat

Saat musim penghujan mungkin Anda merasa takut ketika terjadi hujan yang sangat deras disertai dengan petir. Ternyata petir memiliki aliran listrik yang sangat kuat dan tinggi. Inilah yang menyebabkan orang yang tersambar petir bisa meninggal dunia. Bahkan alat elektronik yang terkena petir juga bisa langsung rusak. Kekuatan arus listrik petir ternyata bisa mencapai ribuan volt.

Memang petir tidak menyambar benda-benda yang rendah karena itu sesuai juga dengan posisi petir. Biasanya petir hanya mengenai benda-benda yang tinggi seperti dekat dengan pohon, gedung dan semua bangunan yang berlantai tinggi. Termasuk juga jika posisi rumah Anda di tempat ketinggian atau bangunan rumah memang sudah tinggi. Karena itulah ada penangkal petir yang bisa dipasang untuk berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Ketika Anda sudah membelinya maka perhatikan juga dengan cara pasangnya. Berikut akan kami jelaskan mengenai cara pasang penangkal petir di rumah paling tepat.

  • Membangun grounding

Instalasi grounding saat memasang penangkal petir memang sangat penting sekali. Saat memilih letak grounding maka Anda harus melihat ketahanan tanah karena bagian ini yang akan menerima aliran listrik dari petir. Caranya adalah dengan menilai tahanan pada tanah denga menggunakan eart testemeter. Jika sudah ditemukan tahanan grounding yang sesuai maka artinya Anda bisa langsung memang pada bagian tanah tersebut.

Tips untuk memilih tanah dengan grounding yang tinggi yaitu: pada tanah dengan kandungan garam yang cukup tinggi, tanah dengan kandungan air yang cukup tinggi dan tingkat keasaman yang tinggi juga.

  • Persiapan memasang grounding

Salah satu penyebab listrik konslet saat hujan deras disertai oleh petir memang bisa karena sambaran petir. Karena itu penting sekali untuk memasang penangkal petir yang cara yang tepat. Setelah Anda mengukur ketahanan tanah maka Anda bisa memang grounding. Caranya adalah dengan memasang bagian stainless yang dibuat dari rangkaian tembaga. Galvanise ini kemudian harus ditancapkan ke dalam tanah. Saat akan memasang maka lihat resistensi tanah jika muatan yang disalurkan kurang dari 5 Ohm maka itu pasti ada kesalahan. Solusinya adalah kurangi atau tambahkan bagian batang konduktor yang menancap ke tanah sampai resistensinya stabil. Setelah itu tanamkan bagian konduktor dengan kedalaman  sekitar 6 meter sehingga menghasilkan grounding yang tepat.

  • Pemasangan kabel konduktor

Penangkal petir memang menjadi salah satu alat pengaman rumah yang paling banyak digunakan saat ini. Semua ini juga mengingat kondisi cuaca di Indonesia. Karena itu cara pemasangan memang harus dilakukan dengan benar. Termasuk saat akan memasang kabel konduktor. Kabel konduktor akan menjaga agar tidak terjadi loncatan dari muatan listrik yang bisa menyebabkan alat rusak dan tidak berfungsi.

Karena itu saat akan memang maka Anda perlu membuat jalur konduktor dari bagian grounding sampai dengan alat yang paling runcing pada penangkal petir. Untuk jenis kabel sendiri sebaiknya juga dipilih dari kabel yang sudah SNI sehingga lebih aman.

  • Pemasangan ujung penangkal petir

Cara memperbaiki listrik konslet memang harus dilakukan dengan tepat sehingga tidak merusak semua perangkat listrik di rumah Anda. Termasuk juga untuk memasang bagian ujung dari penangkal petir yang biasanya berbentuk runcing. Anda harus mempertimbangkan agar posisi dari ujung penangkal petir tersebut benar-benar menancap atau terpasang dengan tepat dan kuat. Fungsinya adalah untuk menjaga agar kabel konduktor bisa bekerja sesuai aliran listrik yang terkena pada penangkal petir. Jika ujung yang runcing dipasang longgar maka justru bisa menyebabkan kebakaran.

  • Menggunakan jasa ahli

Tentunya bagi orang awam memang alat penangkal petir termasuk alat yang rumit, meskipun alatnya termasuk sederhana. Karena itu jika Anda merasa bingung dengan cara memasangnya maka lebih baik menggunakan jasa ahli. Jasa ahli pasang penangkal petir biasanya sudah terlatih dan bisa membantu memilihkan jenis penangkal petir yang paling sesuai dengan keadaan dan kebutuhan rumah Anda.

Mengenal Cara Kerja Penangkal Petir

Sebelum Anda memasang alat penangkal petir maka lebih baik juga untuk memahami cara kerja alat ini. Termasuk jika rumah Anda dekat dengan gardu listrik karena ada bahaya rumah dekat gardu listrik. Jadi sebenarnya awan yang menumpuk dan menjadi hujan memiliki sifat negatif. Sementara tanah memiliki muatan yang bersifat positif. Karena itulah grounding yang menancap pada tanah harus dipasang dengan benar sehingga alat penangkal listrik berfungsi dengan tepat.

Ketika ada petir yang mengenai atau menyambar pada alat maka muatan arus positif dari tanah akan melewati konduktor sampai ke ujung kepala runcing alat penangkal petir. Karena ujung dari alat memiliki sifat positif maka akan menarik muatan negatif sampai akhirnya mengalirkan listrik ke tanah. Dengan cara ini maka aliran listrik akan bermuatan netral sehingga petir tidak akan menyambar ke rumah dan semua perangkat di rumah Anda.

Pertimbangan Sebelum Memasang Alat Penangkal Petir

  • Pertimbangan fungsi penangkal petir

Fungsi dari penangkal petir adalah untuk melindungi benda atau manusia dari serangan petir ketika terjadi hujan. Hal ini karena ternyata petir bisa menyalurkan listrik dengan kekuatan sampai ribuan volt. Karena itu petir bisa menyambar manusia atau benda-benda elektronik. Kemudian untuk pemasangan dari penangkal petir memang bergantung pada tanah yang mengalirkan grounding yang baik sesuai kebutuhan alat.

  • Pertimbangan jenis penangkal petir

Kemudian Anda juga harus mempertimbangkan dari jenis penangkal petir yang akan dipasang. Anda bisa mencoba untuk memasang model elektrostatis dan konvensional. Jika memilih alat yang konvensional maka modelnya memang lebih sederhana. Anda bisa memilih model ini untuk rumah yang tidak terlalu besar atau tinggi. Kemudian jenis elektrostatis memiliki kemampuan yang lebih luas untuk melindungi area rumah atau gedung. Jadi semakin tinggi bangunan maka bisa mempertimbangkan jenis alat ini.

  • Pertimbangan bahan alat

Jika Anda ingin memasang alat ini maka pertimbangkan juga bahan yang digunakan. Bahan yang paling tepat adalah dari tembaga dan alumunium. Kemudian pada bagian alat juga sudah diberi bahan anti korosi sehingga tidak berkarat karena sering terkena hujan dan panas. Lalu untuk bahan dari tembaga maka harus dipilih dari bahan yang paling baik seperti yang digunakan oleh PLN dalam kelistrikan.

Itulah beberapa cara pasang penangkal petir di rumah paling tepat. Jadi penting sekali untuk melihat dan mempertimbangkan kebutuhan bahan dan langkah agar pemasangan penangkal petir dilakukan dengan benar.

, ,



Oleh :
Kategori : Keamanan