Sponsors Link

10 Cara Menata Kamar Tidur Ukuran 2×2 agar Rapi dan Menarik

Memiliki bentuk kamar tidur yang nyaman dan juga enak dipandang tentunya menjadi impian dari setiap orang. Kamar tidur yang terasa nyaman bisa memberikan kenyamanan saat beristirahat sekaligus mendukung aktivitas sehari hari di kamar tersebut.

ads

Namun sekarang ini, semakin sulitnya mencari lahan pemukiman juga membuat banyak orang lebih memilih konsep minimalis untuk hunian mereka dengan ukuran lahan rumah yang tidak terlalu luas. Karena lahan yang terbatas tersebut, maka ukuran kamar tidur yang dibuat tentunya juga minimalis seperti 2×2. Supaya anda tidak salah, berikut akan kami berikan beberapa cara menata kamar tidur ukuran 2×2 yang bisa anda lakukan.

1. Hindari Dipan Kasur

Cara menata kamar tidur ukuran 2×2 pertama yang bisa anda lakukan adalah menghindari penggunaan dipan kasur sebagai keranjang tempat tidur. Cara ini terbilang sangat sederhana namun efektif agar kamar tidur yang sebenarnya kecil bisa terluas lebih luas.

Jika terdapat dipan di dalam kamar, maka membuat kamar tersebut bisa semakin kecil dan sesak yang tentu mengganggu aktivitas. Anda bisa memakai konsep kamar minimalis seperti ala Jepang yang tidak memakai dipan dalam kamar tidur sebagai cara menata kamar tidur yang sempit.

Rumah minimalis ala jepang memakai alas lantai sebagai alas tempat tidur. Cara menghemat ruangan ini juga bisa anda terapkan sehingga anda masih bisa meletakkan perabotan lain yang lebih berguna di dalam kamar tidur anda.

2. Gunakan Spring Bed Lantai

Cara berikutnya yang bisa anda lakukan untuk menata kamar tidur berukuran 2×2 adalah dengan menggunakan spring bed lantai sebagai alas tempat tidur. Menggunakan spring bed lantai langsung sebagai alas tempat tidur bisa membantu anda untuk menghemat ruang area kamar.

Meski terkesan sederhana, namun sebenarnya cara ini sudah cukup ampuh untuk membuat kamar tidur anda terlihat lebih luas. Konsep tempat tidur lantai ini bisa anda desain sesukanya agar tampilan kamar tidur anda bisa terlihat modern sekaligus minimalis.

3. Pakai Lemari Tempel

Supaya membuat kamar tidur ukuran 2×2 yang mungil bisa terlihat lebih nyaman, maka anda bisa memanfaatkan lemari tempel sebagai cara menata ruang kamar yang sempit. Lemari ini merupakan perabot yang ada di dalam kamar dan biasanya dipakai untuk menyimpan buku, pakaian dan sebagainya.

Namun sayangnya, menambah lemari sebagai furniture interior kamar tidur berukuran 2×2 membuat ukuran kamar tidur menjadi sempit, maka cara pintar untuk mengatasinya adalah memakai lemari yang ditempel pada dinding ruangan kamar tidur.

Agar hasilnya bisa lebih optimal, anda juga bisa memakai furniture yang fungsional seperti lemari yang digabungkan dengan meja untuk menghemat lahan kamar tidur. Dengan memakai perabotan multifungsi untuk kamar tidur, maka dengan penataan yang tepat bisa membuat kamar tidur anda bergaya modern minimalis.

4. Meletakkan Beberapa Aksesoris

Cara menata kamar tidur efektif berikutnya adalah dalam urusan dekorasi interior kamar tidur ukuran 2×2 adalah dengan meletakkan beberapa aksesoris sehingga tampilan kamar mungil tersebut bisa terlihat lebih menarik. Namun hal penting yang harus anda perhatikan adalah untuk tidak memakai hiasan berukuran terlalu besar karena bisa membuat suasana kamar tidur terlalu sesak dan penuh.

Anda bisa memakai satu sampai beberapa hiasan kamar tidur seperti memakai lukisan dan berbagai hiasan dinding lainnya agar kamar tidur bisa terlihat lebih cantik.


5. Pemilihan Warna

Dalam menata kamar tidur berukuran kecil seperti 2×2, warna tentunya tidak boleh terlupakan untuk diterapkan ke dalam kamar tidur. Warna cat dinding nantinya akan berpengaruh pada interior kamar tidur anda.

Untuk pemilihan warna, sebaiknya gunakan warna warna yang lebih terang agar bisa memberikan kesan luas pada kamar tidur. Beberapa warna yang bisa anda gunakan diantaranya adalah putih, hijau, biru, kuning dan beberapa warna cerah lainnya.

6. Posisi Perabotan

Dalam menata dekorasi kamar tidur ukuran 2×2, sebaiknya perabotan kamar tidur diposisikan dalam satu sudut ruangan saja. Hindari meletakkan perabotan di bagian engah ruangan sebab akan membuat kamar tidur terlihat sumpek. Sementara untu kasur, sebaiknya posisikan menempel dengan lemari pada dinding kamar tidur anda.

7. Pencahayaan

Salah satu faktor penting lainnya dalam mendesain interior kamar tidur ukuran 2×2 adalah tentang pencahayaan dalam ruangan. Pencahayaan harus diatur sedemikian rupa agar bisa memberikan kesan yang terang pada kamar sehingga akan terlihat jauh lebih luas.

Anda bisa menggunakan lampu bohlam yang cukup terang sebagai pencahayaan kamar tidur. Hindari kesan kamar tidur yang remang remang atau suram pada kamar tidur berukuran sempit seperti 2×2 ini.


8. Hindari Terlalu Banyak Warna

Meski konsep desain interior kamar tidur berukuran kecil sebaiknya menggunakan warna yang terang, namun anda juga tidak boleh menggunakan terlalu banyak warna. Sebagai contoh, hindari penggunaan warna yang lebih dari dua warna atau pemakaian furniture dengan pemilihan warna kontras. Hal ini tidak hanya membuat kamar tidur terkesan penuh namun juga bisa mengurangi kenyamanan.

Sebaiknya, pilih warna yang lembut dan pilih juga warna terang atau bercorak muda dengan gradasi warna yang tidak memiliki perbedaan terlalu jauh.

9. Manfaatkan Dinding dan Bawah Tempat Tidur

Agar semua bagian dalam kamar tidur berukuran kecil bisa digunakan dengan baik, maka manfaatkan sisi dinding dan juga ruang celah atau bagian bawah tempat tidur anda. Anda bisa memakai sisi meja untuk belajar dengan memakai kayu dan ditempelkan pada dinding kamar yang dekat dengan media lebih besar. Ini nantinya bisa menambah estetika serta menambah kesan lebar pada kamar tidur anda.

Selain itu, manfaatkan juga celah atau bagian kolong tempat tidur anda. Selain bisa mnghemat tempat namun juga mengurangi biaya untuk perabotan. Selain itu, memanfaatkan area bawah tempat tidur nantinya juga bisa memberikan nilai estetika tersendiri pada kamar tidur anda.

10. Manfaatkan Bagian Atas Tempat Tidur

Desain kamar tidur minimalis yang sederhana juga bisa memanfaatkan bagian atas atau ruangan sebagai kabinet untuk menyimpan berbagai barang sehingga bagian bawah kamar bisa lebih terkesan lebar.

Bagian bawah kamar tidur yang sesak dan padat dengan berbagai pernak pernik hanya akan menyusahkan anda saat membersihkan bagian bawah kamar tidur sehari hari.

Beberapa cara menata kamar tidur ukuran 2×2 yang sudah kami jelaskan di atas bisa anda terapkan untuk kamar tidur hunian anda yang memang juga berukuran 2×2 atau berukuran kecil. Semoga bisa bermanfaat dan bisa anda terapkan dengan mudah.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Desain