Sponsors Link

8 Tips Memilih Penangkal Petir Untuk Rumah

Apakah Anda takut dengan petir? Semua orang memang selalu waspada dengan petir karena kondisi petir yang bisa memicu bahaya termasuk kematian. Karena itulah petir terkadang menyambar orang yang sedang berteduh atau beraktifitas kemudian menyebabkan korban luka parah atau meninggal. Petir adalah hasil dari kilatan dengan cahaya yang merupakan kombinasi dari pertemuan antara awan dengan muatan positif dan benda dengan muatan negatif. Kilatan cahaya dari petir biasanya akan mengenai bagian dari benda yang posisinya tinggi.

ads

Karena itulah biasanya bangunan seperti hotel, menara, patung dan benda lain yang tinggi memiliki alat penangkal petir. Termasuk juga rumah dengan bangunan yang tinggi, sehingga sesuai dengan jenis-jenis rumah tinggal. Jika rumah Anda memang sangat tinggi maka sebaiknya memang memiliki penangkal petir. Berikut ini adalah beberapa tips memilih penangkal petir untuk rumah.

  • Berdasarkan jenis penangkal petir

Langkah pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah memilih jenis penangkal petir. Karena itu untuk kebutuhan rumah maka biasanya banyak orang yang memilih model yang lebih sederhana. Namun pada dasarnya ada dua jenis penangkal petir, yaitu penangkal petir konvensional dan penangkal petir elektrostatis.

Penangkal petir konvensional adalah jenis penangkal petir yang menggunakan komponen atau bahan-bahan yang sederhana. Semua alatnya bisa dirangkai sendiri dan biasanya juga mudah didapatkan. Sementara itu alat penangkal listrik elektrostatis adalah jenis alat canggih yang bisa memiliki jangkauan anti petir yang cukup tinggi dan jauh. Jadi biasanya alat yang model ini lebih banyak digunakan di hotel dan perkantoran. Jadi Anda sebaiknya memilih alat penangkal petir sesuai dengan model rumah yang harus menggunakan bahan bahan dalam membangun rumah terbaik.

  • Model dan jenis kabel penyalur petir

Pertimbangan yang lain adalah dengan memilih jenis kabel penyalur petir. Kabel ini juga dikenal dengan konduktor yang bisa dipilih dari jenis yang berbeda. Jika Anda datang ke toko alat listrik maka biasanya akan ditawari beberapa jenis kabel seperti NYY, Coaxial, BC, NYAF dan jenis kabel yang lain.

Pertimbangan penting saat memilih kabel ini adalah diameter kabel. Diameter harus sesuai dengan kebutuhan. Hal ini karena biasanya petir mengalirkan listrik dengan arus dan tegangan yang sangat tinggi. Sehingga jangan sampai salah pilih kabel agar alat bisa bekerja maksimal.

Perlu Anda tahu bahwa salah satu penyebab listrik konslet adalah ketika ada sambaran dari petir yang akan menyebabkan aliran listrik tunggal sehingga tegangan listrik menjadi sangat tinggi. Inilah hal yang perlu diwaspadai di rumah dengan posisi yang tinggi.

  • Pertimbangan grounding

Sebelum Anda membeli dan memilih alat penangkal petir maka Anda juga harus mempertimbangkan grounding dari alat ini. Grounding sangat penting untuk mengalirkan listrik dari pusat petir sampai ke bumi. Sehingga bisa digambarkan jika aliran listrik akan berhenti atau tidak menyebabkan aliran listrik. Anda bisa memilih alat penangkal petir dengan sistem grounding yang menggunakan cooper rod atau pipa tembaga. Kemudian perhatikan juga bagian panjang dan diameter. Biasanya jika alat ini dipilih yang tepat maka rumah aman dari listrik. Ini juga sangat penting untuk melindungi perangkat elektronika di rumah Anda. Termasuk jika Anda sudah melakukan cara membuat alat penghemat listrik.

  • Pertimbangan proteksi internal

Alat penangkal petir sebaiknya juga harus dilengkapi dengan alat proteksi internal. Alat ini akan bekerja untuk melemahkan arus listrik yang dihasilkan dari sambaran petir ketika masih ada arus listrik yan tidak sampai ke bagian grounding. Akibatnya sambaran petir bisa menyebabkan medan magnet yang sangat kuat sehingga tidak bisa merambat ke aliran listrik di gedung atau bangunan rumah Anda. Karena itu alat ini sangat baik untuk melengkapi fungsi dari penangkal petir di rumah Anda. Termasuk juga untuk cara memasang cctv di rumah sendiri.

  • Posisi bangunan rumah Anda

Pertimbangan yang lain adalah adanya posisi rumah Anda. Apakah rumah Anda terletak di dataran tinggi atau dataran rendah. Resiko petir biasanya cenderung terjadi pada rumah dengan letak di dataran tinggi. Kemudian daerah yang lapang misalnya di dekat persawahan, lapangan, atau tempat lain yang tidak banyak bangunan. Jadi Anda harus memilih alat yang sesuai.

  • Pertimbangan harga

Pertimbangan harga juga sangat penting ketika akan membeli alat penangkal petir. Anda jangan selalu terkecoh dengan alat penangkal petir yang dijual murah dan bisa dipasang sendiri. Justru alat yang seperti ini membutuhkan keahlian dan pemahaman kelistrikan yang baik. Jadi Anda bisa memilih alat dengan harga yang sedikit lebih tinggi tapi sudah termasuk jasa pasang dan garansi penggunaan.

  • Jasa pasang alat penangkal petir

Anda juga bisa mempertimbangkan dari jasa pasang penangkal petir. Biasanya jasa seperti ini sudah termasuk dalam pembelian alat. Tentu ini hal yang menguntungkan karena Anda tidak perlu repot belajar dan memasang sendiri. Juga biasanya sudah termasuk garansi pemakaian sehingga jika ada masalah maka akan diperbaiki. Tapi tentu saja memilih alat penangkal petir dengan fasilitas ini juga membutuhkan harga yang tidak murah.

  • Bisa dijual kembali

Terkadang beberapa alat penangkal petir juga bisa dijual lagi dan ini cukup menguntungkan. Hanya saja untuk jenis alat yang bisa dijual lagi memang tidak biasa. Beberapa alat yang bisa dijual lagi membutuhkan biaya pembelian yang cukup tinggi. Termasuk juga biasanya lengkap dengan garansi penggunaan. Namun jika Anda benar-benar ingin investasi dana maka bisa memilih model alat ini. Anda tetap bisa menjual lagi ketika sudah tidak membutuhkan alat atau rumah akan dijual.

Nah itulah beberapa tips memilih penangkal petir untuk rumah yang sangat lengkap. Anda sebaiknya memahami semua tips tersebut sebelum memilih dan membeli alat penangkal petir.

, ,



Oleh :
Kategori : Keamanan