Sponsors Link

Mengintip 5 Jenis-Jenis Kanopi Rumah

kanopi rumahGarasi merupakan bagian dari sebuah rumah karena memakan luasan bangunan. Padahal tren zaman kini mengarah pada gaya rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis yang memiliki luas lahan terbatas. Oleh karena itu, garasi rumah dibiarkan tanpa menggunakan kanopi. Padahal, keberadaan kanopi sangat penting sebagai pelindung kendaraan yang berada di bawahnya seperti mobil atau motor dari terik sinar matahari, hujan serta kelembaban. Dari segi desain dan tampilan, kanopi dapat meningkatkan nilai estetika sebuah rumah.

ads

Tidak hanya terdapat berbagai jenis-jenis atap rumah, terdapat pula berbagai macam kanopi kini banyak beredar dan dapat disesuaikan untuk berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Kanopi ini dapat disesuaikan kembali dengan konsep rumah yang diangkat. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis kanopi rumah yang perlu Anda ketahui, yakni :

  1. Kanopi Polycarbonate

kanopi polycarbonateKanopi jenis ini terbuat dari lembaran plastic atau fiber berongga yang di desain untuk mampu menahan serta menyerap sinar matahari (UV protection) yang datang secara maksimal. Daya tahan bahan polycarbonate sangat tinggi dan dikatakan mampu bertahan hingga sekitar 10 tahun lamanya. Selain digunakan sebagai bahan kanopi, polycarbonate juga dapat di aplikasikan untuk green house, partisi, bahan atap, sky light dan masih banyak lagi. Ada beberapa merk dari material polycarbonate itu sendiri, diantaranya adalah twinlite dan solarlite. Anda dapat membaca perbedaan polycarbonate solarlite dan twinlite sebagai rekomendasi.

Beberapa kelebihan dari bahan ini adalah :

  • Sangat fleksibel digunakan
  • Merupakan material yang kuat dan kokoh serta memiliki bobot yang ringan.
  • Tersedia dalam beragam warna dan dapat disesuaikan dengan warna cat rumah elegan Anda.
  1. Kanopi Zincalume atau Spandek

kanopi spandekKanopi spandek merupakan kanopi yang terbuat dari bahan-bahan dalam membangun rumah seperti seng dan alumunium. Terkadang untuk meningkatkan kelenturan, kanopi spandek dicampurkan dengan bahan silikon dengan komposisi campuran yang biasa digunakan adalah alumunium : seng : silikon adalah 55% : 43% : 2%. Dimana campuran tersebut dapat menghasilkan sebuah produk atap kanopi yang kuat, kokoh dan memiliki daya tahan yang lama.

Daya tahan kanopi berbahan spandek dikatakan mampu mencapai hingga 20 tahun lamanya. Kelebihan lain dari jenis material ini adalah Anda dapat menyesuaikan ketebalan yang diinginkan, tersedia dari 0,3 mm hingga 0,5 mm. Agar tampilan lebih cantik dan indah di pandang, atap spandek dapat dilapisi kembali dengan menggunakan cat.

Sponsors Link

  1. Kanopi Alderon

kanopi alderonAtap Alderon merupakan salah satu atap yang akhir-akhir ini menjadi tren pada bangunan-bangunan berkualitas. Daya tarik dari penggunaan jenis atap alderon ini adalah Anda tidak perlu lagi memasangkan insulasi penahanan panas serta kedap suara. Salah satu jenis atap alderon, yakni twinwall Alderon yang memiliki fungsi ganda untuk menahan panas dan suara ketika sedang hujan. Kontruksi atap ini dinilai sangat kuat karena memiliki kemampuan menahan beban hingga mencapai 150 kg. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh jenis kanopi alderon adalah :

  • Ruangan di bawahnya akan tetap sejuk dan tidak panas.
  • Pemakaian dalam kurun waktu lama tidak akan menyebabkan atap berkarat.
  • Selain memiliki lapisan anti UV, atap alderon juga anti bocor.
  • Untuk Anda yang menginginkan tips hemat membangun rumah, atap ini dapat menjadi solusinya karena penggunaan atap ini dapat menghemat penggunaan rangka dan gording.
  • Atap ini sangat aman karena selain kuat dan tidak mudah rusak atau pecah, atap ini juga tidak menghantarkan listrik dan aman ketika proses pemasangan.
  1. Kanopi Onduline

kanopi ondulineKanopi berbahan onduline merupakan kanopi dengan atap lembaran 10 gelombang. Material onduline memiliki karakteristik yang baik untuk digunakan sebagai kanopi carpot rumah. Bahan onduline memiliki beberapa kelebihan, yakni diantaranya adalah :

  • Material Onduline memiliki daya penyerapan panas yang tinggi. Selain itu, bahan onduline juga memiliki kedap suara yang tinggi akibat suara yang timbul oleh rintik hujan.
  • Onduline juga memiliki daya tahan yang bahan serta terhindar dari karat dan korosi.
  • Onduline memiliki ketahan angin bahkan jika angin tersebut menerpan dengan kecepatan 120 mph.
Sponsors Link

  1. Kanopi Kaca

kanopi kacaSeperti yang sudah diketahui dari sifat kaca, penggunaan kanopi jenis ini akan membuat cahaya matahari masuk ke dalam ruangan di bawahnya. Bahan kaca memang sangat rapuh dan mudah rusak. Oleh karena itu, pemasangan jenis kanopi ini akan dipasang dalam dua rangkap. Hal ini dimaksudkan jika kaca tertimpa benda atau barang apa pun diatasnya, maka kanopi tidak akan pecah namun meninggalkan bekas retak. Kanopi kaca biasa dipilih untuk mempercantik tampilan eksterior rumah. Pastikan proses pemasangan kanopi ini dilakukan dengan hati-hati dan teliti supaya hasilnya baik dan memuaskan.

Demikianlah beberapa jenis-jenis kanopi rumah yang perlu Anda ketahui jika hendak memutuskan untuk membeli sebuah kanopi rumah. Pastikan Anda membeli jenis yang sesuai dengan konsep dan budget yang Anda miliki. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Desain