Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Bau pada Sofa Kain

sofa kainTidak bisa dipungkiri sofa merupakan salah satu perabot rumah yang tidak dapat dipisahkan dari gaya rumah apapun yang digunakan. Mulai dari gaya rumah minimalis sederhana, model rumah scandinavian hingga desain rumah modern eropa pun pasti sofa akan selalu digunakan. Ini dikarenakan sofa yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk tamu dan penghuni rumah, namun juga dapat menjadi dekorasi cantik di dalam ruangan. Maka tidak heran banyak orang yang berbondong-bondong membeli sofa, salah satunya sofa kain. Akan tetapi seindah apapun sofa kain yang dimiliki jika tidak disertai dengan perawatan yang baik maka akan sama saja.

Terkadang orang-orang sering melupakan bawah merawat sofa kain agar tetap dalam kondisi yang baik bukanlah suatu perkara yang mudah. Bukan hanya merawat agar tidak rusak, namun juga menjaga sofa tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Bau yang muncul dari sofa kain rumah sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah penyebab utama sofa kain rumah bau, yakni :

  • Jamur. Jamur memang dikenal banyak merusak berbagai macam perabot, termasuk juga sofa. Jamur pada sofa biasanya timbul disebabkan oleh debu dan udara di dalam ruangan yang lembab. Debu tersebut hingga di sofa dalam kurun waktu yang lama hingga akhirnya membuat sofa menjadi rapuh dan rusak. Jamur kemudian bermunculan dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan karena rumah Anda tergolong ke dalam ciri-ciri rumah tidak sehat.
  • Bakteri. Selain jamur, bakteri juga dapat menyebabkan sofa di rumah Anda bau. Bahkan perkembangan bakteri sendiri jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan jamur. Sehingga dampak yang diterima sofa pun menjadi jauh lebih besar. Selain memberikan efek kerusakan yang mengkhawatirkan, bakteri juga memicu timbulnya bau yang tidak sedap pada sofa Anda.
  • Keringat. Sofa mungkin merupakan salah satu perabot rumah yang paling sering digunakan untuk sekedar bersantai dan semacamnya. Namun terkadang, tidak banyak orang juga yang mempedulikan kebersihan sofa rumah. Salah satunya adalah ketika duduk di sofa dengan tubuh penuh keringat. Keringat itu lalu bercampur dengan depu dan kotoran sehingga memicu bau yang tidak sedap.
  • Bulu hewan peliharaan. Untuk Anda yang memiliki peliharaan di rumah, ternyata hewan Anda juga dapat memicu timbulnya bau yang tidak sedap. Ketika bulu hewan Anda menempel di sofa dan tidak dibersihkan, bakteri yang terkandung di dalam bulu hewan tersebut dapat menempel ke sofa rumah dan membuatnya bau dalam beberapa waktu kemudian.
  • Lama tidak dipakai. Sofa sejatinya merupakan perabot yang selalu digunakan. Namun apa jadinya jika sofa tidak digunakan? Ya, sofa Anda akan menjadi bau. Karena sofa tidak digunakan banyak yang mengira bahwa sofa itu bersih. Padahal barang-barang yang tidak digunakan juga perlu dibersihkan. Kotoran yang menumpuk dapat memicu timbulnya bau yang tidak sedap.

Menyebalkan bukan jika sofa rumah Anda justru malah menimbulkan bau. Bau yang tidak sedap tersebut dapat mengurangi rasa nyaman penghuni rumah. Lantas apa yang dapat Anda lakukan? Ada beberapa langkah yang dapat Anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau pada sofa kain. Berikut inilah caranya, yakni :

  1. Menjemur sofa

Cara paling sederhana yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjemur sofa dibawah terik sinar matahari. Namun jika ternyata bau yang ada di sofa masih meninggalkan sisa-sisa, Anda dapat menggunakan cairan kimia yang tidak terlalu tajam untuk membersihkan sofa.

  1. Menggunakan baking soda dan cuka

Tidak hanya digunakan sebagai cara membersihkan sofa dengan baking soda, namun bahan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap. Cukup dengan menaburkan baking soda pada permukaan sofa dan tunggu beberapa jam kemudian sebelum dibersihkan dengan vacuum cleaner. Anda juga dapat membantu dengan menyemprotkan larutan cuka pada sofa untuk membantu menghilangkan bau.

  1. Menyisipkan kayu dan akar wangi

Menghilangkan bau pada sofa kain dengan kayu dan akar wangi dilakukan dengan cara menyelipkan beberapa potongan kain dan akar kayu tersebut di sela-sela dudukan sofa. Tunggulah beberapa waktu sampai bereaksi dan perlahan bau akan menghilang. Tidak hanya itu, udara yang ada disekitar juga akan terasa lebih segar.

  1. Menggunakan alkohol murni

Cara menggunakan alkohol murni untuk sofa kain adalah dengan menyampurkan alkohol murni dan air hangat dalam wadah. Setelah itu, gunakan alat kebersihan rumah berupa kain lap dan masukan ke dalamnya. Gunakan kain itu untuk mengelap permukaan sofa dan biarkan alkohol menguap pada sofa selama satu hari penuh.

  1. Menggunakan air jeruk lemon

Gunakan perbandingan campuran air jeruk lemon dengan air biasa 1:5 dan memasukkannya ke dalam botol spray. Setelah itu semprotkan cairan tersebut pada sofa Anda yang tidak sedap. Biarkan mengering secara alami dan bau tersebut pun akan menghilang.

Demikianlah cara menghilangkan bau pada sofa kain yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba!

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Perabot