Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Kaca Aquarium dari Kerak

kaca akuariumTrend memelihara ikan hias memang sedang laris manis. Apalagi jika dihias dengan berbagai macam terumbu karang yang indah dan cantik. Bagian paling utama atau yang menjadi pondasi sebuah aquarium adalah dinding kaca bening transparan yang membiarkan penikmat menikmati keindahan ikan dari balik kaca. Sangat indah dan menyenangkan jika rumah sendiri dihiasi dengan aquarium dengan beragam ikan yang cantik. Namun, resiko mempunyai sebuah aquarium di rumah adalah rutinitas membersihkan yang ketat dan perawatan yang berkala.

ads

Hal inilah yang terkadang suka dilewatkan oleh beberapa orang. Masalah yang di hadapi dalam cara membersihkan akuarium adalah air yang suka mengeruh,. Jika Anda tidak mengetahui cara menjernihkan air aquarium yang baik dan benar, maka hal ini akan menimbulkan kerak pada kaca. Kaca aquarium dibiarkan begitu saja tanpa perawatan dan pembersihan dalam jangka waktu lama. Hasilnya, kaca perlahan-lahan berkerak serta muncul jamur dimana-mana. Jika sudah begini, akan sulit rasanya untuk membersihkan dinding-dinding kaca itu menjadi seperti sedia kala. Bahkan jika sudah di sikat atau di gosok, kerak lumut yang sudah lama mengeras tidak akan semudah itu dapat dihilangkan.

Penyebab lain dapat berasal dari air yang terisi di dalam aquarium memiliki kandungan mineral yang berasal dari kotoran ikan serta sisa makanan. Ketika air menguap maka akan permukaan air perlahan akan menurun dan noda putih mulai bermunculan di kaca akuarium. Bercak putih ini jika tidak segera dibersihkan dapat menimbulkan kerak dan sulit untik dibersihkan. Hal ini dapat mengindikasikan ciri-ciri rumah tidak sehat. 

Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat dari trik sederhana yang dapat digunakan untuk cara membersihkan kaca aquarium dari kerak. Cara-cara tersebut diantaranya adalah :

  1. Membersihkan bagian luar kaca

Bagian luar kaca memang secara langsung tidak bersentuhan dengan air. Namun, bukan berarti kaca ini juga lolos dari proses pembersihan. Bagian luar kaca juga perlu dibersihkan, yakni dengan cara menggunakan air hangat dengan sedikit campuran cuka di dalamnya. Anda dapat menggunakan kain lap halus untuk mengelap permukaan kaca luar tersebut. Anda juga dapat membaca cara membersihkan kaca buram sebagai rekomendasi.

  1. Membersihkan bagian dalam dengan spons

Kerak membandel memang paling sering bersarang di kaca bagian dalam aquarium. Untuk menghadapi kerak tersebut, Anda dapat menggunakan spon pembersih dengan cairan khusus pembersih kaca. Proses pelaksanaannya adalah dengan membuka penutup aquarium. Setelah itu, kuras air yang ada di dalamnya sampai habis setelah ikan dan terumbu karang selesai di relokasi. Selanjutnya Anda dapat meneteskan cairan pembersih kaca pada spon dan mengaplikasikannya pada bagian dalam kaca aquarium yang sudah terlebih dahulu di basahi sebelumnya. Setelah selesai, jangan lupa bilas kembali dengan menggunakan air bersih dan pastikan residu cairan pembersih hilang supaya kesehatan ikan tetap terjaga.

Sponsors Link

  1. Membersihkan bagian dalam dengan pasta gigi

Bahan lain yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kaca aquarium dari kerak adalah pasta gigi. Pasta gigi sudah lama dikenal ampuh sebagai pembersih kaca. Cara yang dilakukan pun cukup sederhana, yakni pertama bilas semua seluruh permukaan kaca dengan air bersih. Selanjutnya, oleskan pasta ke seluruh permukaan yang terdapat kerak. Diamkan selama beberapa menit supaya pasta gigi dapat bereaksi dan membuat kerak tersebut rontok. Begitu selesai, Anda dapat menggunakan spon yang sebelumnya sudah dibasahkan terlebih dahulu untuk membersihkan kerak tersebut sampai bersih. Selain pasta gigi, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan pengganti lain seperti sabun cuci piring, soda api, cuka maupun soda kue.

  1. Membersihkan bagian dalam dengan ikan sapu-sapu

Siapa yang tidak mengenal ikan sapu-sapu? Ikan yang sering disebut dengan ikan bandaraya ini merupakan jenis ikan air tawar. Tergolong dalam jenis keluarga loricariidae, ikan sapu-sapu nyatanya berasal dari daerah Amerika tropis. Ikan ini diberi nama sapu-sapu karena jika diletakkan di dalam aquarium ikan ini mampu membersihkan satu lingkup aquarium tersebut. Bahkan, ikan ini sangat menyukai makanan lumut dan alga yang terkadang suka menempel di dinding kaca aquarium. Dengan menggunakan ikan sapu di dalam aquarium Anda, di jamin kaca aquarium akan bertahan bersih dan aman dari lumut. Akan tetapi tetap, Anda juga perlu melakukan pembersihan dan pengurasan air secara berskala.

  1. Membersihkan bagian dalam dengan jeruk nipis

Membersihkan kaca aquarium juga dapat dilakukan dengan menggunakan jeruk nipis. Karena jeruk nipis memiliki kandungan asam yang baik untuk membersihkan noda kerak. Caranya tidak sulit dan terbilang pertama. Seperti pada umumnya, bilas terlebih dahulu aquarium yang ingin dibersihkan. Setelah itu, gosok-gosok perlahan dengan sikat supaya noda kerak seikit terangkat. Selanjutnya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian dan ditaburi di area berkerak dengan tambahan bubuk soda kue. Biarkan jeruk nipis bereaksi dalam beberapa saat, baru setelahnya Anda dapat membilas sampai bersih.

Sponsors Link

Membersihkan aquarium memang membutuhkan ketelatenan dan disiplin yang tinggi supaya tetap bersih dan terjaga. Kebersihan aquarium juga menentukan kesehatan ikan yang hidup di dalamnya. Karena kebersihan aquarium juga tergolong dalam ciri-ciri rumah sehat. Demikianlah cara membersihkan kaca akuarium dari kerak. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan