Sponsors Link

9 Cara Membersihkan Keramik dari Cat Paling Jitu

membersihkan keramikWalaupun sudah mengetahui cara mengecat dinding yang baik dan benar, terkadang proses pengecatan dinding dengan menggunakan warna cat rumah elegan masih tetap menyisakan noda cat yang tidak bisa dihindari. Tanpa disengaja, noda tersebut menempel dan terciprat ke lantai keramik rumah minimalis sederhana Anda. Sangat menjengkelkan karena lantai yang indah jadi rusak gara-gara noda cat yang membandel. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Bukan berarti noda cat tersebut tidak dapat dihilangkan. Ada beberapa cara membersihkan keramik dari cat yang dapat Anda gunakan. Mau tahu? Berikut ini adalah cara-caranya :

ads
  1. Membersihkan menggunakan amplas

Cara pertama membersihkan keramik dari cat adalah dengan menggunakan amplas. Pertama-tama, basahkan terlebih dahulu keramik yang terkena lantai dengan menggunakan air. Selanjutnya, Anda dapat membantu mengikis noda cat perlahan-lahan dengan menggunakan amplas. Ingatlah untuk berhati-hati dan tidak terlalu menekan supaya keramik tidak ikut tergores.

  1. Membersihkan dengan menggosok dengan sikat gigi

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan menggosok lantai keramik yang terkena noda cat dengan kain lap yang sebelumnya sudah dibasahkan sedikit. Selanjutnya, lap kembali lantai tersebut dengan menggunakan kain lain yang kering sehingga tersisa bekas noda cat yang menempel. Selanjutnya Anda dapat mengikis perlahan cat tersebut dengan sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai. Ketika cat sudah benar-benar hilang, jangan lupa bersihkan bekas cat yang mengelupas dan buanglah pada tempatnya.

  1. Membersihkan menggunakan tiner

Tiner dapat digunakan untuk membersihkan noda cat yang menempel di lantai keramik. Cukup gunakan kain, lap atau kapas untuk meneteskan tiner secukupnya, selain itu basuh area yang ingin dibersihkan secara perlahan. Jangan sampai cat digosok supaya area yang terkena noda tidak melebar. Karena tiner memiliki bau yang pekat dan cukup kuat, setelah Anda selesai membersihkan noda cat Anda dapat membersihkan lantai Anda kembali dengan cara mengepelnya menyeluruh. Jangan lupa gunakan pewangi lantai supaya bau tiner menghilang dari dalam ruangan.

  1. Membersihkan menggunakan scrap

Scarp dapat dengan mudah ditemukan di toko bangunan terdekat dari lingkungan rumah Anda. Jangan lupa beli scarp sekaligus dengan tangkai pegangan supaya lebih mudah digunakan ketika hendak membersihkan. Cara pelaksanaan dengan menggunakan scrap adalah cukup menggosoknya perlahan pada bagian yang tekena noda cat. Jangan mengunakan tekanan yang cukup keras untuk menghindari lantai keramik tergores.

  1. Membersihkan menggunakan cuka

Cuka memang sering digunakan sebagai bahan pembersih, tak terkecuali untuk membersihkan noda lantai dari cat. Sebabnya adalah cuka memiliki kandungan asam yang dapat mengubat zat-zat tertentu sehingga mampu merontokkan noda membandel yang melekat pada permukaan lantai keramik. Caranya cukup dengan mengelap bagian tersebut menggunakan kain yang sudah diteteskan cuka sebelumnya. Basuh secara perlahan dan biarkan cuka bereaksi.

Sponsors Link

  1. Membersihkan menggunakan batu apung

Mungkin terdengar aneh, tetapi batu apung juga dapat digunakan untuk membersihkan. Pertama-tama batu apung direndam terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya, gunakan batu tersebut untuk menggosok lantai yang bernoda. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan karet ketika hendak membersihkan supaya tangan Anda terlindungi. Jangan lupa, basahkan terlebih dahulu area lantai yang ingin dibersihkan sebelum digosok menggunakan batu apung. Lakukan secara perlahan dan berhenti ketika noda terlihat pudar.

  1. Membersihkan menggunakan belimbing wuluh

Sama seperti cuka, di dalam belimbing wuluh terdapat kandungan asam yang cukup tinggi sehingga ampuh digunakan sebagai alat pembersih. Zat asam ini juga sangat baik digunakan untuk noda-noda yang menempel seperti noda cat hingga noda lain yang membandel sekalipun.

  1. Membersihkan noda cat tembok

Umumnya cat terbagi menjadi dua, ada cat tembok dan cat minyak. Tidak semua metode pembersihan dapat dilakukan untuk membersihkan dua jenis cat yang berbeda ini karena terdapat karakteristik tertentu sebagai pembeda. Untuk membersihkan cat tembok, Anda dapat menggunakan noda dengan menggunakan sebuat plat tipis. Jika plat perlahan mulai terkikis, maka bekas noda terkelupas tersebut dibersihkan dengan menggunakan kain pel sampai benar-benar bersih dan hilang.

Sponsors Link

  1. Membersihkan noda cat minyak

Membersihkan cat tembok akan lebih susah jika dibandingkan dengan membersihkan cat minyak. Tapi jangan khawatir, Anda dapat membersihkannya dengan cara membasuhkan cairan pengencer cat pada area lantai yang terkena noda. Selanjutnya, Anda dapat membersihkan dengan menggunakan air dan di pel kembali menggunakan tambahan pewangi lantai.

Keramik memang salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang paling populer digunakan untuk pelapis lantai. Hal ini karena keramik cocok untuk berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Akan tetapi, tidak hanya mementingkan aspek keindahan namun aspek kebersihan juga penting karena kebersihan merupakan ciri-ciri rumah sehat yang wajib dimiliki. Demikianlah cara membersihkan keramik dari cat. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Lantai