Sponsors Link

Cairan Anti Jamur untuk Tembok – Cara Penggunaan – Kelebihan dan Kekurangan

Rumah idaman harus mendapat perawatan yang baik agar tetap indah dan nyaman ditinggali. Tantangan dalam merawat rumah datang seilih berganti, tidak terkecuali pada musim hujan. Pada musim hujan, kekhawatiran akan munculnya jamur dan lumut pada dinding rumah menjadi salah satu pertimbangan. Banyak orang yang merasa tidak senang kalau rumah ditumbuhi jamur yang menghijau apalagi banyak dan menyebar di seluruh dinding. Anda juga perlu mengetahui cara mengatasi plafon berjamur, cara mengatasi lemari jamuran, cara mengatasi dinding lembab dan berjamur dan sebagainya.

Jamur adalah salah satu gangguan pada dinding dan lantai rumah yang muncul saat musim penghujan. Tidak hanya itu, jamur juga dapat muncul pada dinding dan lantai yang sering lembab. Diantara daerah-daerah yang sering ditumbuhi jamur diantaranya kamar mandi, dinding bagian luar, lantai dapur, dinding bagian belakang rumah dan tangga.

Pada dasarnya jamur yang tumbuh pada dinding rumah akibat kelembaban dan kurangnya terpapar cahaya matahari. Untuk menangani hal ini maka sangat dianjurkan untuk membersihkan semua area rumah, menjaga kebersihan dan membuka akses jendela dan pintu agar tidak tumbuh jamur. Tetapi apa jadinya jika jamur sudah tumbuh dan kadang langsung menjadi banyak?

  • Buatlah larutan campuran karbol dan air dengan perbandingan 1:3.
  • Jika tidak tersedia karbol dapat menggunakan larutan pembersih sejenis lainnya.
  • Semprotkan lauratan karbol dan air pada daerah yang berjamur
    Tunggu beberapa saat
  • Gosok atau sikat daerah berjamur hingga jamur terkelupas sampai bersih
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan daerah berjamur tersebut.

Untuk menangani jamur yang tumbuh pada daerah lembab di rumah dapat dilakukan dengan memberikan larutan pencegah jamur dan bahkan mematikan jamur. Pembuatan larutan pencegah jamur dapat dilakukan sendiri dirumah dengan beberapa langkah yang sangat sederhana. Adapun cara membuat cairan pencegah dan pembunuh jamur pada dinding rumah adalah:

Campuran karbol dan air adalah larutan sederhana yang dapat dibuat sendiri di rumah dan merupakan cairan anti jamur untuk tembok yang cukup ampuh. Namun jika anda tidak sempat membuat sendiri, maka anda dapat membeli larutan pembersih jamur yang dijual pasar. Terdapat banyak sekali jenis larutan pembersih jamur yang dijual bebas. Perhatikan untuk menaruh larutan tersebut pada daerah yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak karena larutan tersebut tergolong berbahaya untuk anak.

Setelah membersihkan jamur yang ada pada dinding rumah, maka selanjutnya anda harus melakukan perawatan terhadap daerah-daerah yang lembab di rumah agar tidak lagi berjamur. Karena daerah lembab sangat rentan walaupun sudah dibersihkan, jamur sangat mudah datang kembali.

Perawatan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada dinding rumah dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah:

  • Memebersihkan dinding daerah yang lembab secara teratur.
  • Menyemprot dinding yang lembab dengan cairan yang dapat mencegah pertumbuhan jamur
  • Jika terdapat pohon yang menghalau sinar matahari maka buang sebagian dahan agar cahaya matahari dapat menyinari dinding yang lembab.
  • Jika lembab disebabkan air yang mengalir dari atap rumah, maka periksa atap, talang air dan hal lain yang dapat menyebabkan air rembes ke dinding.
  • Jika lembab disebabkan kebocoran bak mandi, maka minta tukang memperbaiki bak mandi yang bocor.
  • Lakukan perawatan rumah secara berkala. Perawatan rumah secara berkala dapat mengidentifikasi resiko kerusakan pada atap, talang, bak mandi, atau saluran air. Semakin cepat diketahui kerusakan semakin mudah dan murah memperbaikinya.
  • Dempul dinding rusak akibat jamur dengan semen putih.
  • Buka ventilasi udara dan jendela agar sirkulasi udara dan cahaya baik.
  • Saluran air juga sangat penting untuk mencegah lembab. Buatlah saluran air disekeliling rumah agar tidak ada genangan dan air dapat langsung ke parit atau selokan.

Setiap produk memiliki kelebihan dan kekurangan. Demikian juga dengan campuran karbol dan air untuk menghilangkan jamur pada tembok. Diantara kelebihan dan kekurangannya adalah:

Kelebihan campuran larutan karbol adalah:

  • Murah dan mudah. Campuran karbol dan air dapat dibuat sendiri dirumah dengan menggunakan karbol yang sudah ada. Hal ini berarti membuat campuran karbol dan air termasuk murah dan juga mudah karena dapat dibuat sendiri.
  • Efektif. Campuran karbol dengan air terbukti efektif untuk menghilangkan jamur pada tembok.
  • Reaksi cepat. Campuran karbol dan air terbukti dapat bekerja cepat dalam mematikan dan membuat jamur terkelupas dengan cepat. Untuk itu campuran ini dapat direkomendasikan untuk menghilangkan jamur di rumah anda.
  • Hasil maksimal. Penggunaan campuran akrbol dan air memberikan hasil yang cukup baik dalam menghilangkan jamur pada dinding bangunan. Untuk anda yang sedang mencari cara menghilngkan jamur pada dinding maka campuran ini salah satu solusi yang baik karena hasilnya sangat maksimal.

Adapun kekurangan campuran larutan karbol adalah:

  • Aroma menyengat. Larutan karbol dan air menghasilkan aroma yang sangat menyengat, untuk orang yang sensitif dengan bau menyengat akan merasa pusing dan mual. Buat anda yang sensitif dengan aroma karbol tidak dianjurkan menggunakan larutan ini untuk membasmi jamur.
  • Tidak praktis atau merepotkan. Untuk orang yang menyukai serba praktis, membuat campuran karbol dan air untuk membasmi jamur termasuk merepotkan, terlebih banyak produk serupa dijual di toko-toko kebutuhan rumah tangga.
  • Merusak bangunan. Campuran karbol dan air yang terlalu pekat dapat merusak bangunan apalagi untuk bangunan yang sudah berusia tua. Untuk itu hati-hati dalam mencampur karbol dan air, hindari campuran yang terlalu pekat agar tidak merusak bangunan.

Larutan karbol dan air terbukti merupakan cairan anti jamur untuk tembok yang mudah dibuat dan aman digunakan. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan tidak berdampak pada dinding maka buat larutan sesuai takaran yang dianjurkan. Kita juga dapat menggunakan cara mengecat ulang tembok yang lembab dan cara mengatasi rumah lembab agar dinding tembok rumah lebih awet. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membant anda untuk menghilangkan jamur pada bangunan rumah anda.

, , ,



Oleh :
Kategori : Dinding Tembok