Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Lemari Jamuran Paling Ampuh

lemariMunculnya jamur pada lemari pakaian bukanlah suatu tanda yang menyenangkan, terlebih menghilangkan jamur tersebut bukan perkara yang mudah. Sebab meski jamur di lemari tersebut berhasil dihilangkan, tidak akan menutup kemungkinan bahwa jamur tersebut akan datang kembali di lain waktu. Jamur pada lemari datang karena disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adalah udara lembab yang terkunci di dalam lemari sehingga pakaian menjadi berjamur. Penyebab lain dapat dikarenakan oleh kurangnya sinar matahari yang masuk ke dalam lemari. Sehingga pada saat jamur dibersihkan dengan kain, beberapa waktu setelahnya jamur akan muncul kembali.

ads

Jamur dalam lemari harus segela dibersihkan, karena dapat memicunya timbulnya berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Ini termasuk ke dalam satu satu ciri-ciri rumah tidak sehat. Namun jangan khawatir! Ada beberapa cara mengatasi lemari jamuran yang dapat Anda lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membuka jendela ruangan atau kamar secara rutin

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi lemari jamuran adalah dengan membuka jendela ruangan di tempat lemari tersebut diletakkan. Hal ini bertujuan untuk menahan udara lembab yang dapat timbul dari lantai kamar rumah Anda atau pun ruangan Anda. Dengan membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam kamar, maka dapat mencegah kemungkinan lemari Anda terkena jamur kemabali.

  1. Mengalasi lemari dengan kayu

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jamur tersebut dengan adalah dengan menggunakan kayu. Kayu merupakan salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang sangat multifungsi dan kegunaan yang beragam. Dalam kasus ini kayu dimanfaatkan sebagai alas di dalam lemari. Tujuannya adalah supaya kayu dapat membanyu menahan udara lembab yang masuk ke dalam lapisan lemari pakaian Anda. Kayu juga dapat membantu Anda mencegah datangnya jamur di lain waktu.

  1. Mengoleskan alkohol

Alkohol juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi lemari jamuran. Dengan mengoleskan alkohol pada lemari dapat membantu jamur tumbuh kembali pada lembari Anda. Untuk itu, gunakanlah alkohol yang memiliki kadar 70% hingga 80%. Untuk mengoleskan alkohol, Anda dapat menggunakan kain. Proses mengelap disarankan untuk dilakukan di luar ruangan karena bau yang ditimbulkan alhokol sangat menyengat. Setelah jamur menghilang, Anda dapat menambahkan beberapa kapur bars pada bagian sudut lemari.

  1. Menggunakan melamin

Selain ketiga cara diatas, Anda dapat mencoba untuk menggunakan melamin yang tidak berwarna atau bening untuk membantu menutupi lapisan lemarin yang ditumbuhi jamur. Sebelumnya bersihkan terlebih dahulu lemari Anda sebelum hendak melapisi.

Sponsors Link

  1. Menggunakan campuran melamin dan tiner

Membersihkan melamin untuk lemari berjamur juga dapat dicampurkan dengan timer. Caranya adalah melamir diencerkan menggunakan tiner dan juga hardener. Setelah itu aduk ketiganya hingga merata, kemudian oleskan secara perlahan menggunakan kuas ke seluruh bagian lemari Anda. Baik di bagian dalam maupun bagian luar lemari.

  1. Menggunakan lampu TL

Udara lembab di dalam kamar dapat ditimbulkan oleh kurangnya sinar matahari atau cahaya di dalam ruangan. Untuk itu Anda dapat menggunakan bantuan lampu TL. Dimana lampu TL dapat membantu memberikan cahaya tambahan yang mampu mengusir jamur yang tumbuh pada dinding lemari.

  1. Menggunakan penyerap lembab

Untuk menghilangkan udara lembab di kamar, sebenarnya Anda dapat menggunakan penyerap lembab loh! Produk ini pun sangat mudah untuk ditemukan karena sudah banyak dijualkan di pasaran. Kamu akan dengan mudah menyerap hawa lembab disekitar ruangan, sehingga jamur tidak akan tumbuh kembali.

  1. Menggunakan cairan khusus

Terdapat banyak produsen yang menciptakan cairan khusus pembersih jamur yang dijualkan di toko-toko bahan bangunan. Cukup menyemprotkan cairan tersebut ke lemari Anda, maka jamur pun akan menghilang. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan cairan pembersih kaca yang didalamnya terdapat kandungan bahan anti jamur. Pelaksaannya adalah dengan mengolesi bagian yang terkena jamur dan diamkan untuk beberapa saat. Selanjutnya Anda dapat menggosoknya dengan menggunakan spons atau kain.

Sponsors Link

  1. Memasang AC

Salah satu cara mengatasi udara panas di dalam ruamh adalah dengan pemasangan AC, walaupun akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun manfaat yang diberikan pun cukup banyak. Salah satunya adalah dapat menjaga suhu ruangan stabil sehingga jamur di dalam lemari dapat menghilang. Namun ingatlah, penggunaan AC yang berlebihan dapat menguapkan zat CFC yang tidak baik untuk lingkungan.

  1. Meletakkan lemari dekat jendela

Cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi lemari jamuran adalah dengan meletakan lemari tersebut dekat dengan jendela. Dengan demikian lemari memiliki sirkulasi udara yang cukup dan selalu kering, sehingga dapat mencegah pertumbuhan jamur kembali.

Itulah beberapa metoda yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi lemari jamuran diberbagai jenis-jenis rumah tinggal. Jamur adalah salah satu benih penyakit yang harus dibasmi demi menciptakan ciri-ciri rumah sehat. Hilangnya jamur tentunya akan membuat rumah minimalis sederhana Anda semakin aman dan nyaman. Demikianlah, selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Perabot