Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Noda Hitam di Dinding

noda hitam dindingDalam membangun berbagai jenis-jenis rumah tinggal, terdapat tiga struktur utama yang diperlukan agara sebuah bangunan berdiri. Ada jenis-jenis pondasi sebagai landasan bangunan, ada macam-macam dinding rumah untuk menopang beban dan terakhir ada berbagai jenis-jenis atap rumah sebagai pelindung penghuni rumah. Dinding memiliki peranan penting, yakni sebagai penopang beban atap. Dari segi estetika, dinding juga dapat dimanfaatkan untuk meletakkan beragam dekorasi unik dan mengecatnya dengan beragam warna menarik.

ads

Namun terkadang, meskipun sudah dicat dengan begitu rapi, dinding masih saja terkena noda baik secara sengaja atau pun tidak sengaja. Salah satunya adalah noda hitam. Noda hitam tentunya sangat membahayakan karena dapat membuat tampilan dinding menjadi lebih kusam. Noda ini harus segera dibersihkan agar tidak merusak tampilan dinding. Namun cara apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan noda hitam di dinding, yakni:

  1. Membersihkan debu yang menempel

Agar noda hitam pada dinding menghilang, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membasmi debu yang menempel pada permukaan dinding. Anda dapat menggunakan alat kebersihan rumah berupa sapu dengan gagang yang panjang. Atau Anda juga dapat menggunakan sikat dan vacuum cleaner. Usahakan alat kebersihan tersebut tidak memiliki permukaan yang keras agar tidak merusak material penutup dinding. Lakukan hal ini secara rutin.

  1. Mengenali jenis cat yang dipakai

Pada beberapa kasus cat dinding yang digunakan justru membantu menyebarnya noda yang akhirnya menyebabkan cat mengelupas ketika Anda hendak membersihkannya. Untuk itu, Anda perlu mengetahui jenis cat dinding yang digunakan ketika hendak membersihkan dinding rumah. contohnya adalah jenis cat glossy, yang tidak akan mengalami masalah ketika dicuci. Sementara tipe cat white wash akan dengan mudah terhapus dan membutuhkan perawatan ekstra. Dengan memahami karakteristik cat yang digunakan, segala noda akan teratasi dengan mudah. Hal ini juga ditujukan agar cat rumah tidak mudah mengelupas.

  1. Persiapan mencuci

Ketika Anda jendak mencuci dinding, jangan lupa untuk menutupi perabot dan furniture yang berada di dalam ruangan dengan koran. Sehingga, pada saat proses pembersihan dilakukan perabot Anda akan berada dalam kondisi yang baik-baik saja. Sediakan pula satu ember yang digunakan untuk menampung air bersih sebagai pembilas.

  1. Menggunakan larutan pembersih ampuh

Menghilangkan noda hitam pada dinding ternyata tidak dapat dianggap sebelah mata. Untuk itu, Anda membutuhkan larutan pembersih yang ampuh. Larutan ini bahkan dapat Anda buat sendiri, lho! Caranya adalah dengan menggunakan campuran tepung maizena atau baking soda, kemudian tambahkan dengan air. Aduk keduanya hingga benar-benar merata dan membentuk seperti pasta. Pasta tersebut kemudian dioleskan pada permukaan dinding. Gosok noda tersebut dengan campuran pembersih dan sikat gigi sampai noda benar-benar menghilang. Jangan lupa keringkan kembali dinding tersebut dengan menggunakan lap kering.

  1. Melalukan pengecatan ulang

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi noda hitam pada dinding rumah adalah dengan melakukan pengecatan ulang. Langkah ini memang membutuhkan waktu dan biaya yang cukup banyak untuk membeli cat kembali. Namun Anda dapat mengecat bagian yang terkena noda hitam saja atau mengecat dinding sekaligus. Apabila dinding sudah terkena noda, jangan diamkan terlalu lama dan segera atasi saat itu juga.

Sponsors Link

  1. Menggunakan pasta gigi

Selain membersihkan gigi dan gusi dari kotoran, siapa yang menyangka bahwa pasta gigi juga dapat digunakan sebagai cara untuk membersihkan noda membandel pada dinding rumah. salah satunya adalah noda hitam yang disebabkan oleh krayon. Untuk membersihkannya, yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengoleskan pasta gigi secukupnya pada kain lap yang bersih, baru setelahnya kain tersebut digunakan untuk mengelap noda. Apabila noda telah hilang, bilas kembali dinding tersebut dengan air bersih dan keringkan.

  1. Memanfaatkan lemon

Lemon tidak hanya dapat digunakan sebagai penyedap makanan, namun juga dapat digunakan untuk membantu menghilangkan noda membandel. Buah ini memang sudah sejak lama digunakan sebagai pembersih alami. Caranya adalah dengan memotong buah lemon secara melintang menjadi dua bagian. Potongan tersebut kemudian digunakan untuk menggosok ke permukaan dinding yang kotor hingga akhirnya bersih kembali.

  1. Menggunakan bedak bayi

Di dalam bedak bayi terdapat kandungan bahan alami yang membantu mengangkat noda-noda pada dinding rumah. Cara memanfaatkannya pun cukup mudah, yakni dengan mengusapkan bedak bayi pada permukan dinding yang terkena noda menggunakan tangan kosong. Bedak bayi ini juga dapat ditambahkan dengan air secukupnya agar tidak kesat. Jangan lupa untuk mengelap kembali bekas bedak pada dinding dengan tissue atau lap kering.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara menghilangkan noda hitam di dinding yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,