Sponsors Link

Mengenal 3 Cara Mengecat Tembok Motif Garis

motif garis dindingBerbagai cara dilakukan untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah, salah satunya melalui dekorasi dinding. Menghias dinding rumah tidak selamanya harus memberikan dekorasi atau ornament tambahan. Anda juga dapat bermain dengan penggunaan macam-macam gorden jendela, jenis tirai jendela, hingga bermain dengan warna cat dinding itu sendiri. Warna cat dinding tidak hanya harus didominasi oleh satu warna saja, namun juga dapat dikolaborasikan dengan warna lainnya. Kombinasi dua warna ini juga tidak harus memisahkan antara dua bidang dinding, contohnya dinding sebelah kanan berwarna putih dan dinding sebelah kiri berwarna biru. Namun kedua warna tersebut dapat digabungkan di satu dinding. Dengan kedua warna ini Anda dapat membentuk ragam pola menarik. Mulai dari garis-garis, diagonal, polkadot dan sebagainya. Namun satu motif yang cukup populer digunakan adalah motif garis.

ads

Pembuatan motif garis sendiri sebenarnya cukup mudah. Bahkan Anda tidak membutuhkan tenaga ahli untuk melakukannya, karena Anda sendiri pun juga bisa! Cara mengecat tembok motif garis sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara, bahkan hanya dengan memanfaatkan alat-alat sederhana yang berada di sekitar Anda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan motif garis pada dinding dengan alat dan bahan sederhana, yakni:

  • Kapur dan tali bangunan. Kapur dan tali bangunan digunakan untuk membantu menciptakan dinding bergaris. Tali akan bekerja sebagai garis pembatas untuk mempertegas pola garis yang ingin Anda ciptakan. Cara penggunaannya adalah dengan mengikatkan tali bangunan pada bagian ujung pembentuk garis, baru setelahnya Anda dapat menggoreskan kapur pada tali. Tali kemudian ditarik pada tembok hingga membentuk garis.
  • Selotip kertas. Selotip ini digunakan sebagai garis pembatas. Pola garis nantinya akan dibentuk dengan selotip kertas. Proses pengecatan kemudian dimulai menyesuaikan dengan garis yang telah diciptakan oleh selotip tersebut. Apabila cat sudah mengering, selotip baru dapat dilepaskan.
  • Sikat pakaian. Dalm proses pengecatan tembok motif garis, sikat akan digunakan ketika cat masih dalam keadaan belum kering. Sikat digunakan dalam satu arah untuk membentuk garis-garis artistik dan menghadirkan tekstur yang menarik.
  • Kardus dan pensil. Membuat motif garis dengan memanfaatkan kardus akan memberikan hasil yang unik. Mengapa demikian? Sebab Anda tidak akan hanya mendapatkan dinding yang bergaris, namun juga memiliki tekstur tersendiri. Cara yang perlu dilakukan adalah, pertama bentuklah kardus menyesuaikan dengan bentuk yang Anda inginkan. Kardus kemudian di mal dengan pensil, baru setelahnya Anda dapat melakukan pengecatan.

Dinding bermotif garis memang sangat mengesankan dan cocok digunakan pada rumah minimalis sederhana dan berbagai desain rumah minimalis lainnya. Secara garis besar, cara mengecat tembok motif garis dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana, seperti yang sudah dijabarakan pada beberapa poin diatas. Namun untuk langkah yang lebih mendetail, akan dijabarkan dibawah ini. Sebelum menuju ke proses pengecatan, Anda perlu menyiapkan alat dan bahan berikut ini:

  • Pilihan warna tembok (2 warna atau lebih).
  • Selotip kertas (dengan lebar 3 cm atau 5 cm).
  • Kuas berukuran sedang (5 inchi).

Setelah Anda menyiapkan alat dan bahan tersebut, selanjutnya Anda dapat beralih ke proses pelaksanaan. Langkah dari cara mengecat tembok motif garis adalah sebagai berikut, yakni:

  1. Membuat motif garis

Apakah material penutup dinding Anda sudah dilapisi dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk sebelumnya? Apabila sudah, berarti Anda sudah mendapatkan lapisan cat pertama dan cukup membuat lapisan cat yang kedua saja. Langkah pertama yang Anda lakukan tentunya membuat motif garis pada dinding. Anda dapat menggunakan bantuan selotip kertas untuk membuat motif ini. Garis yang dibentuk dapat berupa garis vertikal atau horizontal. Semuanya tergantung keinginan Anda. berikan jarak antara garis pertama dengan garis kedua menggunakan selotip kertas. Jangan sampai menyisakan angin atau udara pada selotip yang akan memungkinkan cat masuk ke dalam gelembung tersebut.

Sponsors Link

  1. Melakukan pengecatan

Apabila semua pembatas telah dipasang dengan rapi, barulah Anda dapat mengecat tembok rumah. Pastikan Anda menggunakan jenis cat tembok yang sesuai. Proses pengecatan harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati. Jangan sampai cat tersebut melewati garis yang sudah diberikan selotip. Apabila mengenai selotip, Anda tidap perlu khawatir karena selotip mampu menahan cat. Pegecatan dilakukan terus menerus sampai semua dinding telah selesai.

  1. Menunggu cat kering

Cat yang selesai diaplikasikan kemudian ditunggu hingga benar-benar kering. Apabila cat sudah mengering, ambil kembali selotip kertas yang telah Anda tempel sebelumnya. Selotip ini harus dicopot apabila cat benar-benar sudah kering, sebab apabila cat masih basah dapat berisiko terkena pada bagian cat lainnya. Hasil akhir menjadi kurang rapi.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara mengecat tembok motif garis yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,