Sponsors Link

5 Jenis Cat Dinding yang Dapat Digunakan

jenis cat dindingUntuk membangun jenis-jenis rumah tinggal, Anda perlu melakukan perencanaan terlebih dahulu. Perencanaan ini tidak hanya menentukan macam-macam konsep bangunan yang digunakan, namun juga dimensi bangunan, jumlah ruang dan sebagainya. Perencanaan bangunan juga akan menentukan bahan-bahan dalam membangun rumah apa saja yang akan digunakan, material penutup dinding apa yang dipilih sesuai dengan konsep yang ditentukan. Selain beberapa poin tersebut, warna rumah juga memiliki pertimbangan sendiri.

ads

Apabila Anda ingin menyulap rumah biasa menjadi mewah, maka warna cat rumah elegan yang Anda butuhkan. Namun jika lebih cenderung pada suasana natural dan tenang, maka Anda dapat memilih warna cat yang indah dan sejuk. Warna cat rumah memang penting dan berperan dominan dalam tampilan rumah. Namun sebenarnya, perkara pemilihan warna dinding tidak selesai pada titik itu saja. Anda juga harus tepat dalam memilih jenis cat dinding yang akan digunakan. Karena cat dinding juga tersediam dalam ragam jenis dan kegunaan.

Cat umumnya digunakan untuk melindungi serta memberikan warna pada suatu objek tertentu dengan cara melapisinya dengan lapisan berpigmen. Secara umum, jenis cat dinding dibedakan menjadi dua bagian, yakni:

  • Berdasarkan letak pengecatan. Berdasarkan letak pengecatan, cat dinding terbagi menjadi dua jenis bagian, yakni cat interior atau bagian dalam rumah dan cat eksterior atau bagian luar rumah.
  • Berdasarkan bahan pencair. Berdasarkan bahan pencair yang digunakan, cat rumah terbagi menjadi cat berbahan dasar air serta cat berbahan dasar minyak.

Namun jika dilihat dari jenis bahan dasar yang digunakan, cat dinding dibedakan kembali menjadi beberapa bagian. Mulai dari tempat pemakaiannya, sifat cat, kelebihan serta kekurangannya. Berikut ini adalah beberapa penjabaran dari jenis cat dinding yang dapat Anda gunakan, simak!

  1. Cat dinding tipe matte atau flat

Jenis cat dinding ini sering kali dikenal dengan sebutan cat matte. Ciri khas yang dimiliki oleh cat ini adalah tingkat kilaunya yang rendah. Oleh karena itu cat ini sangat cocok digunakan untuk menyembunyikan bagian plesteran dinding yang tidak rapi seperti bagian tonjolan atau retakan kecil. Pengaplikasiannya sangat cocok pada permukaan dinding bertekstur, sebab warnanya akan semakin halus pada permukaan dinding yang kasar.

Dalam penggunaannya, hal yang perlu Anda perhatikan adalah tipe cat ini cukup sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu cat ini dihindari untuk digunakan pada ruangan servis seperti dapur dan kamar mandi. Cat ini sangat tepat digunakan pada bagian plafon rumah dan juga untuk memberikan aksen pada dinding.

  1. Cat dinding tipe egg shell

Sesuai dengan namanya, egg sheel, jenis cat dinding ini memiliki tampilan yang memang menyerupai dengan kulit telur. Akan tetapi permukannya sedikit bertekstur, namun tetap halus jika disentuh. Jika dibandingkan dengan tipe cat matte, jenis cat ini tidak terlalu memantulkan sinar matahari dan proses membersihkannya jauh lebih mudah. Maka dari itu jenis cat ini cocok untuk digunakan pada ruang keluar, kamar tidur dan sebagainya.

  1. Cat dinding tipe satin

Tipe cat satin memiliki tampilan yang mewah meskipun tidak glossy dan juga tidak terlalu melekat seperti halnya matte. Jika Anda menyentuh permukaan dinding yang dilapisi dengan cat satin, maka Anda akan merasakan tekstur yang lembut di tangan. Tipe cat satin biasanya diaplikasikan pada ruang galeri dan juga restaurant, karena jenis cat ini memiliki efek teduh serta tidak memantulkan cahaya. Akan tetapi jenis cat ini juga mudah untuk dibersihkan. Maka dari itu Anda dapat menggunakannya pada ruangan-ruangan yang aktif difungsikan seperti ruang tamu dan ruang tidur.

Sponsors Link

  1. Cat dinding tipe semi gloss

Tipe cat semi gloss merupakan cat yang lebih tajam dari eggshell, maka dari itu daya tahan warnanya jauh lebih warna. Namun karena sifatnya yang semi-gloss, cat ini banyak memantulkan cahaya yang akan menampilkan tekstur atau tonjolan pada dinding dengan sangat jelas. Apabila pekerjaan plasteran pada dinding tidak dilakukan dengan baik, maka dengan penggunaan cat ini bagian yang cacat pun akan semakin menonjol.

Kelebihan dari tipe cat ini adalah tahan terhadap air, maka dari itu cat ini baik digunakan pada kamar mandi, gudang serta ruang cuci. Jenis cat ini juga dapat diaplikasikan pada perabot rumah seperti pintu dan jendela.

  1. Cat dinding tipe glossy

Tipe cat ini memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya lebih banyak dibandingkan dengan jenis cat lainnya. Maka dari itu cat ini sangat cocok diaplikasikan pada bagian pinggir pintu serta jendela. Hasil akhir dari penggunaan cat tipe glossy adalah tampilan warna yang kuat serta berkilau. Jika digunakan pada ruangan, maka hasil akhirnya akan terkesan glamor dan mewah.

Demikianlah beberapa jenis cat dinding rumah tinggal yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,