Sponsors Link

4 Cara Mengusir Lebah Madu Dalam Rumah

Anda tentu sudah tahu bahwa mempelajari mengenai bagaimana cara mengusir lebah madu dalam rumah merupakan salah satu cara menjaga kebersihan halaman rumah anda karena jika anda biarkan, lebah madu tersebut dikhawatirkan akan membahayakan anda maupun anggota keluarga yang lainnya. Sebenarnya lebah madu merupakan jenis serangga yang akan memberikan manfaat, baik untuk kesehatan maupun juga untuk dunia usaha karena madu yang dihasilkan akan menghasilkan nilai yang cukup mahal.

ads

Akan tetapi, apa jadinya jika lebah madu tersebut malah hinggap di rumah anda dan kemudian masuk kedalam rumah. Tentu kondisi seperti ini akan membuat setiap penghuni rumah merasa khawatir karena lebah madu tersebut bisa saja menyengat atau bahkan mengganggu makanan atau mengganggu anak kecil jika ada salah satu anggota keluarga anda yang masih kecil.

Oleh sebab itu, mempelajari cara mengusir lebah madu dalam rumah termasuk cara yang penting anda pelajari dan lakukan agar rumah anda menjadi salah satu rumah yang memiliki ciri-ciri rumah sehat sehingga siapapun yang bertamu ke rumah anda merasa aman dan nyaman dan bahkan bisa berlama-lama di rumah anda.

1. Pahami dulu lebah tersebut

Langkah awal yang harus anda lakukan sebelum anda ingin mengusir lebah madu tersebut adalah dengan mempelajari apakah yang selama ini mengganggu anda tersebut benar-benar lebah madu atau malah tawon. Sekedar informasi bahwa lebah madu sebenarnya bukan merupakan serangga yang berbahaya meskipun memang jika ia merasa terganggu akan berusaha mempertahankan atau melindungi dirinya.

Namun penanganan lebah madu dan tawon cenderung berbeda. Setelah anda mempelajari serangga yang mengganggu anda tersebut, maka kemudian anda harus mulai mempersiapkan beberapa peralatan yang diperlukan untuk mengusir lebah tersebut.

Meskipun memang lebah madu cenderung tidak seberbahaya tawon, namun kami sarankan agar supaya anda tetap memakai pelindung agar supaya tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Hal ini juga berlaku pada saat anda menerapkan cara membasmi semut di rumah yang sebelumnya anda harus mempersiapkan alat-alat keamanan dan alat yang akan anda gunakan untuk mengusir semut tersebut.

2. Menangkap lebah madu

Jika anda sudah memastikan bahwa anda telah memakai pengaman, maka langkah yang kedua yang harus anda lakukan adalah dengan mulai menangkap lebah madu tersebut. Adapun alat yang akan anda gunakan untuk menangkapnya bisa bermacam-macam, namun yang paling umum adalah dengan menggunakan alat sederhana yakni berupa tongkat panjang yang pada bagian ujungnya diberi jaring.

Meskipun begitu, anda juga kami sarankan untuk tetap berhati-hati ketika ingin melakukan cara ini karena dikhawatirkan ketika anda ingin menangkap lebah tersebut anda kurang waspada sehingga bisa membuat barang-barang di rumah anda mengalami masalah.

Namun memang cara ini bisa dikatakan merupakan cara sederhana yang bisa anda pilih untuk menangkap dan kemudian menyingkirkan lebah madu tersebut dari rumah anda dibandingkan dengan menggunakan cara lain yang malah akan membuat lebah madu tersebut mati.

3. Membuat perangkap lebah

Cara lain yang juga bisa anda gunakan untuk mengusir lebah madu yang mengganggu ketenangan anda yakni dengan cara membuat perangkap. Tenang saja karena cara yang akan kami jelaskan berikut ini tidak akan membunuh lebah tersebut atau dengan kata lain bahwa perangkap ini aman untuk anda gunakan.

Yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan atau membuat kerucut terbuka yang biasanya dibuat dari kawat. Bagian ujung kerucut tersebut nantinya harus ditutupi sedikit agar supaya lebah tidak sampai masuk melalui lubang atau kerucut tersebut. Sementara bagian yang anda sisakan inilah yang nantinya akan digunakan sebagai jalan masuk para lebah madu.

Sponsors Link

Diameter yang harus anda buat kurang lebih 3/8. Kemudian anda harus menutup sebuah lubang yang kemudian akan digunakan sebagai cara lebah-lebah masuk selain melalui lubang kecil yang sudah anda buat sebelumnya. Selanjutnya, kami sarankan agar supaya anda meletakkan sarang lebah yang berukuran kecil atau yang sudah usang yang biasanya hanya terdiri dari ratu lebah, madu, dan beberapa lebah pekerja atau sarang tersebut lebih dikenal dengan istilah nuc.

Lebah-lebah tersebut akan mulai berdatangan memasuki lubang yang sudah anda siapkan. Tenang saja, lebah tersebut akan langsung terperangkap di dalam kerucut tersebut dan membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan agar supaya mereka biar keluar dari jebakan yang anda buat.

4. Menghubungi peternak lebah

Untuk cara yang satu ini mungkin boleh anda gunakan jika anda termasuk orang yang tidak ingin ambil pusing dan ingin cara cepat untuk mengatasi lebah madu yang mengganggu anda. Anda bisa menghubungi peternak lebah yang ada di sekitar rumah anda untuk memberikan bantuan agar supaya lebah madu tersebut bisa segera pergi.

Tapi anda harus tetap waspada karena lebah madu merupakan jenis serangga yang mudah menghilang sehingga biasanya ketika anda memalingkan wajah anda sedikit, maka lebah tersebut akan pindah ke tempat lain dan mungkin bisa mengganggu anggota keluarga yang lainnya.

Peternak lebah yang anda hubungi biasanya akan mencari terlebih dahulu lokasi sarang dari lebah tersebut yang tentu saja lokasinya tidak jauh dari rumah anda atau bahkan berada di dalam rumah anda. Kemudian peternak lebah tersebut akan mulai untuk memotong sarang tersebut dan kemudian memasukkannya kedalam sebuah kotak yang memang dibuat khusus untuk meletakkan sarang lebah.

Biasanya ketika lokasi dari sarang tersebut cenderung sulit untuk dijangkau, maka peternak lebah tersebut akan lebih menggunakan alat penyedot yang akan digunakan untuk menyedot lebah-lebah tersebut. Anda jangan khawatir cara yang dilakukan ini tidak akan membahayakan lebah tersebut.

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai bagaimana cara mengusir lebah madu dalam rumah. Kami juga menyarankan agar anda mempelajari mengenai ciri-ciri rumah tidak sehat dan bagaimana cara membasmi laba-laba yang ada di dalam rumah anda. Semoga informasi ini juga bisa menambah wawasan anda mengenai penanganan lebah madu yang tidak jarang mengganggu kenyamanan para anggota rumah, terlebih jika lebah madu tersebut berjumlah banyak.

, ,



Oleh :
Kategori : PEST