Sponsors Link

4 Cara Menyambung Kabel Listrik Rumah

Dalam melakukan instalasi listrik seperti Cara memasang meteran listirk sederhana tentu ada beberapa keterampilan yang perlu kita pahami terlebih dahulu. Tentu salah satunya adalah cara menyambungkan kabel secara sederhana. Tentu kita mungkin tahu dan pernah melihat cara menyambungkan kabel. Namun ternyata cara penyambungan kabel memiliki cara yang bermacam-macam. Hal terebut tidak ada salahnya kita pelajari Cara Membuat Alat Penghemat Listrik , agar bisa kita gunakan sesuai dengan keinginan kita. Hal ini juga tentu akan mempermudah diri kita dalam melakukan pemnyambungan kabel secara mudah dan baik.

ads

Jenis kabel

Umumnya kita mungkin pernah melihat kabel yang memiliki inti yang berbeda. Kita mungkin pernah melihat kabel yang jenis intinya serabut dan tunggal. Selain itu jumlah intinya mungkin juga ada yang hingga lebih dari dua inti, dengan masing masing inti juga dilindungi oleh lapisan isolasi. Selain itu ada juga kabel yang memiliki 1 lapisan isolasi, dan ada yang hingga 2 lapisan isolasi. Hal tersebut membedakan jenis kabel-kabel secara umum, dan hal ini perlu diketahui saat kita akan melakukan penyambungan kabel, untuk menentukan penyambungan yang akan kita lakukan.

Kabel NYA

Cara memasang instalasi listrik rumah biasa menggunakan kabel NYA. Kabel ini paling sering digunakan terutama untuk jenis perumahan, dikarenakan harganya yang relatif cukup murah. Dalam pemasangan instalasi, biasanya dipakai kabel yang berukuran 1,5 mm2 dan kabel berukuran 2,5 mm2. Ciri kabel NYA adalah memiliki inti yang tunggal, dengan lapisan bahan isolasi berupa PVC.

Lapisan isolasi pelindungnya umumnya terdiri dari satu lapis, sehingga kadang lapisan isolasi tersebut mudah mengalami rusak terutama akibat gigitan tikus (pengerat) serta cenderung tidak tahan dengan air. Oleh karenanya, penggunaan kabel ini dianjurkan sebaiknya disertai pemakaian pipa conduit dalam pemasangan instalasi, agar lapisan isolasi tidak mudah rusak serte membuat pemasang instalasi lebih aman dalam bekerja. Warna-warna bahan isolasi dari kabel ini terdiri dari 4 warna, yaitu warna merah, kuning, biru dan warna hitam.

Kabel NYM

Kabel ini juga sering digunakan dalam instalasi rumah maupun gedung-gedung. Kabel ini memiliki beberapa inti misalnya 2 hingga 4 inti, dengan lapisan isolasi pelindung mencapai dua lapisan. Oleh karenanya kabel ini cenderung lebih aman dibanding kabel NYA. Warna lapisan isulasinya dapat berwarna putih atau abu-abu. Harga kabel ini cenderung lebih mahal dari kabel NYA.

Kabel NYAF

Kabel ini sering digunakan pada instalasi panel-panel yang membutuhkan tingkat fleksibelitas kabel yang tinggi, sehingga kabel ini cocok dan mudah digunakan pada instalasu yang membutuhkan jalur lengkungan atau belokan yang tajam. Intinya terbuat dari serabut tembaga yang dilindungai lapisan isolasi juga. Kabel ini harus digunakan pada tempat yang kering dan terbebas dari lingkungan lembab.

Jenis-jenis penyambungan

Setelah mengetahui jenis-jenis kabel yang akan digunakan, maka kita dapat mempelajari beberapa teknik penyambungan kabel yang bisa kita terapkan dalam melakukan atau memasang instalasi sederhana di rumah sendiri sebagai Cara menghemat listrik. Berikut adalah beberapa cara menyambung kabel listrik rumah :

1. Sambungan ekor babi (Pig Tail)

Sambungan ini merupakan salah satu jenis sambungan kabel yang sederhana. Cara menyambung kabel dengan metode ini merupakan yang paling mudah dan yang paling cepat.

Siapkan kedua kabel yang ingin disambung, lalu masing-masing kabel dikupas lapisan isolasinya hingga sekitar 2 atau 3 cm hingga hanya tampak bagian inti kabel. Cara menyambungkannya adalah dengan mempertemukan kedua inti kabel yang akan disambung, dipertemukan secara menyilang.

Lalu ujung kedua inti kabel tersebut dipuntuir memutar hingga beberapa kali hingga kedua kabel yang terpisah tersebut menyatu dan sulit terlpas setelah dipuntir. Akibat gerakan memutar yang melingkar, maka menyebabkan kabel ini memiliki lingkaran seperti ekor babi. sambungan ini merupakan metode sambungan kabel yang paling sering dilakukan.


Sambungan bell hangers

Cara penyambungan ini juga merupakan salah satu cara menyambung kabel dengan cara dipuntir. Pada cara ini, kita mengupas lapisan isolasi kabel agak panjang. Setelah dikupas, bagian inti dari kedua kabel yang akan disambung di bengkokkan sepanjang kira-kira 1,5 cm membentuk seperti huruf L. Setelah kedua kabel dibuat berbentuk huruf L, maka kedua kabel tersebut saling dikaitkan secara berlawanan. Lalu ujung kedua kabel dipuntir hingga selesai.

Sambungan ini juga termasuk sedikit sederhana, namun masih jarang menjadi pilihan saat digunakan dibanding dengan sambungan ekor babi. Tapi tidak jarang juga yang menggunakan metode sambungan kabel ini dalam memasang instalasi atau saat merepai instalasi listrik di rumah. Metode ini penyambungan kabel ini cenderung lebih memakan waktu sedikit dibanding penyambungan ekor babi.

2. Sambungan Western Union

Penyambungan kabel dengan cara western union pertama-tama kita mengupas lapisan isolasi hingga tampak bagian inti kabel agak panjang. Kira-kira kita mengupas sekitar 5 hingga 7 cm. Setelah itu kabel kita tempelkan secara menyilang seperti simbol “tambah” dimana ujung salah satu kabel terletak sekitar 2 cm dari ujungnya (titik persilangan tidak sama panjang).

Ujung kabel yang sepanjang 2 cm tadi kita puntir sendiri melingkari kabel satunya hingga selesai dan membentuk seperti huruf Y. Lalu bagian kabel yang tersisi dari kedua yang berbentuk seperti huruf Y tersebut dipuntir bersamaan.

Sambungan ini termasuk sederhana untuk dipelajari, namun mungkin pengerjaannya dala repair ataupun pemasangan instalasi, cukup memakan waktu dalam pengerjaan, sehingga kurang diminati walaupun sederhana.


3. Sambungan Bolak Balik

Cara atau teknik penyambungak kabel metode sambungan bolak balik yaitu dengan cara mengupas kedua inti kabel dari lapisan isolasinya, dimana salah satu kabel dikupas kira-kira sepanjang 3 cm, dan kabel satunya lagi dikupas sepanjang 5 sampai 7 cm. Kedua buah ujung kabel yang telah dikupas siap kita sambungkan.

Pertama-tama kabel kita posisikan menyilang membentuk seperti huruf X dengan kedua ujung kabel dibuat sejajar sama panjang (sehingga kabel yang dikupas panjang akan lebih panjang didaerah pangkalnya yang dikupas). Setelah menyilang seperti huruf X, kedua ujungnya dipuntir bersamaan.

Setelah dipuntir, maka akah tersisa bagian inti dari kabil yang panjang (bagian pangka) yang masih belum terlilit. Maka bagian pangkal yang panjang tersebut kita bengkokkan secara berlawanan sekitar 180 derajat hingga membentuk sebuah garis lurus. Lalu bagian pangkal yang sudah dibengkokkan berlawanan tersebut dipuntir lagi pada kedua ujung kabel yang sudah dipuntir pertama tadi.

4. Sambungan Britania

Metode Cara Memasang Kabel Listrik yaitu dengan penyambungan kabel Britania, umumnya dilakukan pada kabel dengan ukuran diamter yang lebih besar, dimana biasanya kita agak sulit memuntir inti dari kabel yang akan kita sambung. Pertama-tama kedua kabel kita kuppas bagian isolasinya hingga tampak bagian intinya. Disisi lain kita menyiapkan potongan kabel sekitar beberapa sentimeter yang telah dikupas hingga hanya tersisa intinya saja yang akan digunakan sebagai lilitan pengikat.

Pada kedua kabel yang akan disambungkan dibuat sedikit bengkok pada kedua ujungnya, lalu didempetkan secara berlawanan, hingga bagian bengkoknya secara berlawanan menghadap keluar. Lalu kita tempatkan inti kabel yang sebagai lilitan pengkiat tadi memuntir secara berkeliling mengelilingi kabel yang didempetkan tadi.

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik