Sponsors Link

11 Cara Membuat Listrik Tenaga Surya Sederhana

Cara membuat listrik tenaga surya sederhana untuk di rumah sebenarnya cukup mudah bila Anda telaten. Sesuai dengan namanya, listrik tenaga surya memanfaatkan sinar dan panas matahari untuk menciptakan listrik. Beberapa dekade terakhir ini listrik tenaga surya sedang digalakkan perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia sebagai energi alternatif selain minyak bumi. Perlu kita ketahui, cadangan minyak bumi dunia pelahan tapi pasti akan habis. Selain itu, listrik tenaga surya sangat diperlukan sebagai energi alternatif karena ramah lingkungan dan bahan baku utama sinar matahari ada tersedia gratis sepanjang masa. (Baca juga: Cara Menghemat Listrik dalam Kehidupan Sehari-Hari)

ads

Dengan mulai menggunakan energi surya untuk kebutuhan listrik dalam rumah Anda, maka Anda telah menyelamatkan bumi ini dari ancaman global warming. Bahan baku utama untuk menangkap energi surya adalah panel surya atau solar cell. Alat ini terbuat dari silikon dengan proses canggih dan memiliki daya tangkap sinar matahari dan menghasilkan energi luar biasa besar. Perangkat solar cell produksi luar negeri bisa didapatkan di toko-toko elektronik besar. Tentu saja harganya tidak murah. (Baca juga: Bahaya Rumah Dekat Gardu Listrik)

Cara membuat listrik tenaga surya sederhana untuk rumah Anda bisa disiasati dengan perangkat sederhana dan tentunya lebih murah. Bahan-bahannya pun bisa mudah di dapatkan di toko besi terdekat.Sebagai bahan silicon yang mahal, Anda bisa memanfaatkan curprous oxide, bahan utama solar cell yang bisa memberikan efek photoelectric, proses mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. (Baca juga: Cara Memasang Instalasi Listrik Rumah)

Selanjutnya kita akan mulai membuat listrik tenaga surya sederhana untuk rumah Anda.

Bahan Baku

Bahan-bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat listrik tenaga surya sederhana di rumah adalah sebagai berikut: (Baca juga: Cara Memasang Meteran Listrik Rumah)

  • Selembar plat tembaga berkilat. Lemabran tembaga ini bisa Anda beli di toko besi terdekat.
  • Dua capit buaya,
  • Kompor listrik,
  • Botol plastik bening. Bisa juga menggunakan botol bekas air mineral besar dengan memotong bagian atasnya.
  • Micro ammeter. Alat ini berfungsi membaca arus listrik antara 10-50 micro Amper.
  • Gunting untuk memotong plat tembaga,
  • Ampelas untuk membersihkan plat tembaga,
  • Dua sendok makan garam meja,
  • Air keran setinggi separuh botol plastik.

(Baca juga: Cara Membuat Alarm Rumah Sendiri)

Proses Pembuatan

Setelah lengkap semua bahan-bahan untuk membuat listrik tenaga surya, selanjutnya ikuti langkah berikut ini:

1. Langkah pertama adalah potong lembaran tembaga selebar luas pengapian kompor listrik Anda. ini penting agar pembakaran lembaran tembaga bisa merata dalam waktu bersamaan. Usahakan tidak ada minyak atau lemak yang menempel pada lembaran tembaga tersebut agar tidak ada kotoran yang menghalangi cahaya matahari yang akan diserap lembaran tembaga tersebut. Gunakan sikat kawat atau ampelas untuk membersihkan kotoran yang menempel. Kemudian keringkan. (Baca juga: Cara Membuat Pintu Aluminium)

2. Selanjutnya persiapkan kompor listriknya untuk membakar lembaran tembaga. Tempatkan tembaga tersebut di atas kompor listrik dan panasi dengan voltase paling tinggi.

(Baca juga: Cara Membuat Keramik Lantai)

3. Bakar tembaga selama kurang lebih 30 menit hingga lembaran tembaga berwarna hitam gelap merata. Lapisan hitam gelap merata tersebut akan mengelupas selama proses pendinginan, sedangkan lapisan tipis tembaga tetap menempel. (Baca juga: Cara Membuat Jendela Bersekat Enam)

4. Setelah kurang lebih 30 menit, matikan kompor listriknya. Biarkan tembaga berada di atas kompor untuk proses pendinginan secara alami. Jangan mendinginkan menggunakan alat bantu karena proses pendinginan terlalu cepat tidak bisa efektif dan tetap meninggalkan lapisan oksida hitam di lembaran tembaga. Biarkan lembaran tembaga dingin secara alami di udara terbuka.

5. Selama proses pendinginan, lapisan oksida hitam akan berkurang secara perlahan-lahan. Proses ini akan berlangsung kurang lebih selama 30 menit. Jadi Anda harus benar-benar bersabar sampai lembaran tembaga dingin sempurna. (Baca juga: Tips Membuat Rumah Sederhana dan Unik)


6. Setelah lembaran tembaga dingin, cuci dan gosok dengan tangan pada air yang mengalir untuk membersihkan serbuk-serbuk hitam sisa pembakaran. Lakukan secara pelahan. Jangan merenggangkan atau menekuk lembaran tembaga karena bisa merusak lapisan merah oksida corpus hasil pembakaran tadi. Lapisan Oksida corpus tersebut yang menjadi bahan baku utama untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. (Baca juga: Cara Memasang Saklar Lampu)

7. Siapkan lembaran tembaga kedua ukurannya selebar tembaga pertama. Tembaga kedua ini tidak usah dibakar.

(Baca juga: Cara Membuat Kusen Kayu Jati)

8. Masukkan tembaga pertama ke dalam botol plastik, tempelkan ke sisi plastik yang menghadap matahari. Tembaga kedua diletakkan berhadapan dengan tembaga pertama. Usahakan kedua tembaga tidak saling bersentuhan. (Baca juga: Cara Menyambung Kabel Listrik)

9. Siapkan air sebanyak setengah gelas plastik yang telah diaduk dua sendok garam meja. Masukkan air garam ke dalam botol plastik. Isi perlahan setinggi separuh botol plastik agar tidak mengenai capit buaya yang akan dipasang di ujung kedua tembaga.

10. Selanjutkan pasang capit buaya di ujung tembaga. Pasang kedua jepit buaya pada micro ampere. Pasang ujung kabel negatif pada tembaga pertama. Ujung kabel positif di tembaga kedua.

(Baca juga: Cara Membuat Pintu Geser Kayu dari Triplek)


11. Letakkan di bawah panas sinar matahari. Hitung energi yang dihasilkan solar sell sederhana Anda. Energinya bisa mencapai 33 micro Ampere hingga 50 micro Ampere. Energi listrik kecil ini bisa dipakai menghidupkan lampu 5 watt. Anda bisa memperbesar hasil output energi listrik dari tenaga surga dengan memperluas lembaran tembaga oksida corpus.

(Baca juga: Cara Membuat Hiasan Dinding Rumah)

(Baca juga: Cara Membuat Kusen Aluminium)

Nah, Anda telah berhasil membuat listrik tenaga surya sederhana untuk rumah Anda. Keuntungan dari menggunakan energi listrik tenaga surya ini adalah:

  • Ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Hal ini sangat penting untuk kelangsungan kehidupan di bumi hingga ratusan tahun ke depan. Energi listrik tenaga surya sebagai energi alternatif sangat melindungi bumi dari melebarnya lapisan ozon yang menyebabkan pemanasan global. Sudah banyak berita beredar bahwa dampak global warming telah mencairkan es gletser di kutub dan menenggelamkan pulau-pulau kecil oceanea di lautan pasifik. (Baca juga: Cara Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan)
  • Tenaga surya atau matahari bisa didapatkan gratis dan melimpah 12 jam, sepanjang tahun di negara kita yang merupakan daerah khatulistiwa yang berlimpah sumber daya alam. Hal ini bisa menjadi keuntungan besar bagi masyarakat Indonesia. Apabila masyarakat didorong melakukan penelitian lebih lanjut tentang energi listrik tenaga surya, maka bisnis solar cell buatan Indonesia akan menjadi primadona di dunia.

(Baca juga: Cara Mencegah Rumah Kemalingan)

Cara membuat listrik tenaga surya sederhana ini bisa dikembangkan untuk skala rumah tangga. Semoga bermanfaat bagi Anda.(*)

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik