Sponsors Link

4 Cara Memperbaiki Wifi yang Tidak Bisa Connect

wifi rusakBerbagai cara dilakukan agar penghuni rumah nyaman menetap di berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Salah satunya adalah dengan menggunakan macam-macam konsep bangunan yang rupawan dan menawan seperti rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis, model rumah scandinavian dan sebagainya. Selain dari segi desain rumah, cara lain yang dapat dilakukan untuk membuat penghuni rumah nyaman adalah dengan mengadakan tekevisi di dalam rumah dan juga jaringan wifi.

ads

Internet sekarang seakan menjadi bagian hidup yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari hubungan sosial, bisnis dan kerja, hingga urusan pribadi semuanya dapat dilakukan dengan menggunakan internet. Maka dari itu, internet merupakan sebuah kebutuhan primer yang wajib ada di dalam hunian. Oleh karenanya, kita mengenal teknologi wifi yang membantu menyebarkan jaringan internet agar dapat diakses di dalam rumah. Sebagai perangkat elektronik, wifi juga terkadang dapat mengalami masalah, yakni masalah yang paling umum adalah tidak bisa connect digunakan. Hal ini tentunya sangat menyebalkan dan dapat menghambat aktivitas yang ingin dilakukan bukan? Lalu apa yang harus Anda lakukan? Tentunya Anda perlu mengetahui cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect. Namun sebelum itu, ketahuilah terlebih dahulu komponen-komponen wifi yakni:

  • Router wifi dan adopter. Router berfungsi sebagai pemancar wifi di dalam rumah, dengan menyeting beberapa konfigurasi seperti password wifi, ssid wifi, memblokir siapa saja yang tidak boleh tersambung dengan wifi dan sebagainya. Pada bagian router juga tersedia port LAN apabila Anda memang tidak ingin menggunakan ssid wifi, atau Anda juga dapat menggunakan keduanya sekaligus. Router dapat diperoleh dengan harga yang beragam, tergantung dengan merek serta spesifikasi router yang Anda inginkan. Apakah ingin memiliki router dengan kecepatan ratusan Mbps, ada juga yang memiliki 3 port LAN atau lebih, atau ada pula yang memiliki 2-3 antena wifi dan sebagainya.
  • Antena wifi. Alat ini difungsikan sebagai penangkap sinyal wifi yang dipancarkan dari antena pemancar. Antena ini biasanya terletak pada area luar rumah dengan kondisi tidak terhalang oleh gedung, pohon, dedaunan dan sebagainya.
  • Modem. Sedangkan modem memiliki fungsi sebagai pengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan juga sebaliknya. Modem tidak berbentuk seperti USB modern yang dapat dimasukan dengan kartu SIM, namun berupa seperti adaptor charger laptop yang memiliki dua port dengan kegunaan yang berbeda.
  • Kabel. Kabel memiliki peranan khusus, yakni sebagai pemenuh kebutuhan spesifikasi untuk pemasangan jaringan wifi.

Beberapa komponen diatas yang menjadi penyusun jaringan wifi yang biasa ada di berbagai rumah. Namun bagaimana jika ternya wifi mengalami gangguan dan tidak bisa tersambung juga? Apa yang dapat Anda lakukan? Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dari cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect, yakni:

  1. Mengindikasikan masalah

Apabila Anda sedang menyambungkan sebuah perangkat pada wifi, kemudian mendapatkan keterangan connected namun jika digunakan ternyata tidak bisa, perhatikan kembali simbol wifi dengan seksama. Biasanya akan terdapat tanda seru pada batang sinyal wifi yang jika pointer diarahkan padanya akan muncul tampilan no internet access. Artinya tidak ada internet yang tersambung pada perangkat Anda. Peristiwa ini dapat disebabkan oleh paket wifi yang sudah habis atau terdapat komponen yang mengalami ganguan sehingga tidak bisa tersambung dengan baik.

  1. Mengatasi no internet access

Untuk mengatasi hal tersebut, maka yang pertama kali Anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada masa aktif paket Anda berlangganan. Jika memang masih dalam waktu pemakaian, maka beralih pada bagian port-port, apakah terdapat kabel yang tidak terpasang dengan sempurna atau kendur. Setelah kabel dipastikan terpasang dengan baik, Anda dapat merefresh perangkat Anda atau melakukan reboot pada router.

Sponsors Link

  1. Apabila lampu indicator tidak menyala

Anda juga perlu melakukan pengecekan pada bagian lampu indikator sinyal, apakah menyala semua atau tidak. Biasanya apabila wifi dalam keadaan normal maka warna yang dimunculkan adalah hijau-merah-kuning. Namun apabila ternyata pada modem yang terlihat hanya warna kuning saja, hal ini bisa mengindikasikan bahwa sinyal terhalang serta pengaturan antena menjadi ke-reset. Apabila hal ini terjadi, maka Anda perlu segera mengatur ulang supaya keadaan kembali lagi ke posisi normal. Namun jika kondisi tidak terlihat membaik juga, silahkan hubungi ke tenaga ahli atau pihak yang bersangkutan untuk lebih lengkapnya.

  1. Pengguna tidak bisa terhubung ke wifi

Terkadang mungkin Anda pernah saja sedang menghubungkan pada wifi yang bukan milik pribadi, namun tidak dapat tersambung juga meskipun wifi tersebut tidak diproteksi dengan kode keamanan. Hal ini bisa saja terjadi apabila jumlah pengguna sudah melebihi batas pengaturan IP Adress yang sudah diatur pada awal mula pemasangan.

Demikianlah beberapa tips dan trik dari cara memperbaiki wifi yang tidak bisa connect yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Elektronik