Sponsors Link

4 Kelebihan Dan Kekurangan Setrika Uap

setrika uapDalam merawat pakaian, kegiatan menyetrika adalah salah satu hal yang paling penting. Seperti halnya membersihkan rumah menggunakan alat kebersihan rumah untuk menjaga keindahannya, setrika juga berfungsi untuk merapikan pakaian agar kembali ke bentuk semula. Memang tidak semua jenis pakaian wajib untuk disetrika. Namun alangkah lebih baiknya jika disetrika terlebih dahulu sebelum hendak diletakkan di dalam lemari pakaian. Perlu Anda ketahui, tidak hanya terdapat berbagai jenis-jenis rumah tinggal, tapi setrika juga memiliki ragam jenisnya. Salah satu jenis setrika yang kini banyak diperbincangkan adalah setrika uap. Setrika uap adalah jenis setrika yang tidak menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Plat setrika uap tidak hanya akan menghasilkan panas, namun juga menghasilkan uap sehingga permukaan pakaian menjadi lebih rata dan rapi. Maka dari itu, setrika ini dapat juga berfungsi sebagai pengering serta pelicin pakaian.

ads

Ketika menyetrika pakaian atau bahan, tidak semua jenis pakaian yang Anda setrika akan memakan waktu yang cepat. Bahan tersebut bisa saja terbuat dari chiffon atau silk seperti kebaya, atau dapat pula jas hingga sweeter. Perbedaan material ini akan membutuhkan penanganan yang berbeda pula. Namun jika Anda menggunakan setrika uap, Anda tidak perlu merasa cemas! Sebab setrika ini dapat digunakan pada berbagai jenis bahan. Selain itu, terdapat pula beberapa kelebihan dan kekurangan setrika uap yang perlu Anda ketahui. Hal ini sangat penting untuk dilakukan supaya Anda tidak menyesal ketika hendak membelinya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan setrika uap yang perlu Anda ketahui, yakni:

  1. Hemat penggunaan listrik

Poin utama yang menjadi kelebihan setrika uap dibandingkan dengan jenis-jenis setrika lainnya adalah hemat dalam penggunaan listrik. Bahkan dikatakan, Anda tidak membutuhkan energi listrik sama sekali untuk menggunakan setrika ini. Sebab setrika uap memanfaatkan gas sebagai sumber energi panasnya. Hal ini tentunya sangat menguntungkan dan dapat menjadi solusi tepat untuk mengurangi daya listrik yang setiap bulannya.

  1. Pekerjaan jauh lebih cepat

Beberapa sumber juga mengatakan bahwa menyetrika dengan menggunakan setrika uap relatif lebih cepat dibandingkan dengan setrika listrik. Selain itu akhirnya jauh lebih baik dan lebih rapi. Untuk Anda yang memiliki waktu terbatas dan jadwal yang ketat, maka setrika ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda!

  1. Cocok digunakan sebagai bisnis

Karena terbilang ekonomis penggunaannya, setrika uap juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Contohnya adalah dengan membuka usaha laundry. Hanya dengan memanfaatkan setrika uap sebagai modal utamanya, Anda dapat menghasilkan pendapatan tambahan tanpa harus pergi keluar rumah!  

  1. Penggunaannya lebih aman

Karena tidak menggunakan listrik sebagai sumber energi, penggunaan jenis setrika ini akan jauh lebih aman. Mengapa demikian? Apabila Anda menggunakan setrika listrik, terdapat kemungkinan untuk terjadinya arus pendek ketika digunakan terlalu lama. Arus pendek ini dapat menyebabkan konslet listrik hingga akhirnya memicu kebakaran. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengetahui penyebab listrik konslet serta cara memperbaiki listrik konslet. Sedangkan pada kasus setrika uap, hal ini tidak akan terjadi. Namun demikian, Anda juga perlu berhati-hati dalam penggunaannya supaya tidak terjadi kebocoran gas.

Sponsors Link

  1. Dapat digunakan pada semua jenis bahan

Keunggulan lain yang dimiliki oleh setrika uap adalah cocok diterapkan pada berbagai jenis bahan. Mulai dari bahan-bahan tebal seperti macam-macam gorden jendela hingga bahan-bahan tipis seperti pakaian sehari-hari dan seprai.

Meskipun memeliki beberapa kelebihan, setrika uap juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan. Berikut ini adalah beberapa penjabarannya, yakni:

  1. Ukuran tabung boiler terlampau besar

Kekurangan utama dari penggunaan setrika uap adalah ukuran boiler atau tabungnya yang terlampau besar. Hal ini menyebabkan penggunaan setrika uap menjadi tidak begitu praktis karena tidak dapat dipindahkan ke sembarang tempat. Anda harus menyediakan ruangan khusus untuk menyetrika sekaligus meletakkan tabung ini.

  1. Harga setrika uap terbilang mahal

Disamping segala kelebihan yang dimiliki oleh setrika uap, namun ternyata untuk mendapatkan satu buah setrika ini membutuhkan uang yang cukup besar. Maka dari itu, membuat usaha laundry menggunakan setrika uap akan membutuhkan modal awal yang cukup besar.

Sponsors Link

  1. Membutuhkan pemahaman lebih

Penggunaan setrika uap tidak serupa dengan setrika pada umumnya. Anda butuh mengetahui lebih dalam tentang cara menggunakan setrika uap tersebut. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan. Jangan sampai setrika uap milik Anda rusak lebih cepat, mengingat harga belinya yang cukup tinggi.

  1. Membutuhkan ruang yang cukup besar

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, setrika uap membutuhkan runagan yang cukup besar untuk meletakkan tabung. Tabung ini merupakan sumber energi utama dari setrika uap yang wajib apabila setrika hendak digunakan.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan setrika uap yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Elektronik