Sponsors Link

10 Solusi Membuat Ruangan Kedap Suara

ruangan kedap suaraApakah Anda sering merasa terganggung dengan suara bising yang kerap kali mengganggu aktivitas Anda di rumah? Tenang, Anda bukan satu-satunya! Terkadang meskipun rumah minimalis sederhana Anda terletak di daerah yang sepi, kebisingan tidak dapat begitu saja dihindari. Suara bising bisa saja beradal dari dalam rumah maupun luar rumah. Jika bicara dari luar rumah, maka suara bising tersebut dapat berasal dari suara bising lalu lintas di jalanan atau sedang berlaksananya sebuah acara di dekat rumah. Di dalam rumah sendiri bukan berarti Anda akan dapat langsung merasakan ketenangan, terlebih jika memiliki anak kecil. Menyebalkan bukan?

ads

Rasa tenang dan nyaman sangat dibutuhkan sebagai elemen dasar berbagai jenis-jenis rumah tinggal, entah macam-macam konsep bangunan apa yang digunakan. Apakah desain rumah minimalis atau desain rumah eropa, namun rasa nyaman adalah hal yang utama. Untuk menciptakan ketenangan di dalam rumah, sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan membuat ruangan kedap suara. Ruangan kedap suara dibuat dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kebisingan selama berada di dalam ruangan. Untuk membuat ruangan kedap suara sederhana, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, lho! Ada beberapa barang yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkannya. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa trik membuat ruangan kedap suara sederhana, simak!

  1. Memanfaatkan karpet

Pemanfaatan karpet untuk ruangan kedap suara sebenarnya sudah banyak dilakukan. Contoh nyatanya pada terlihat pada bioskop yang lantainya dilapisi dengan karpet berbahan cukup tebal. Maka dari itu,jika Anda ingin menciptakan ruangan kedap suara di dalam rumah, cukup dengan menempelkan karpet pada beberapa bagian ruangan. Gunakan karpet dengan ketebalan yang cukup agar suara dapat tersaring secara signifikan. Karpet yang tebal tidak hanya dapat meredam suara, namun juga getaran dan gema sehingga tidak akan merambat keluar ruangan.

  1. Menggunakan acoustic foam

Apabila Anda membutuhkan sebuah ruangan kedap suara yang menyeluruh seperti layaknya studio, Anda membutuhkan bahan berupa acoustic foam untuk mewujudkannya. Bentuknya berupa tonjolan-tonjolan seperti karpet telur yang berbahan busa lembut dan mampu menyerap suara yang ada. Biasanya acoustic foam di jual dalam bentuk lembaran 2 x 1m dengan ketebalan 5 cm.

  1. Menggunakan tirai

Tahukah Anda bahwa jendela ruangan dapat membuat getaran merambat melalui udara dan masuk ke dalam ruangan. Maka dari itu, untuk menangkal suara bising yang berada di luar ruangan, Anda membutuhkan tirai sebagai penangkalnya. Terdapat berbagai jenis tirai jendela yang dapat Anda gunakan. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan lapisan ganda agar ketebalannya lebih efektif dalam meredam suara bising.

Sponsors Link

  1. Menggunakan barang seni dengan kanvas

Memang menggunakan acoustic foam untuk meredam suara terbilang cukup efektif. Namun dari segi tampilan, ruangan jadi terlihat kurang menarik. Oleh karena Anda dapat mempertimbangkan menggunakan barang seni dan kanvas sebagai penggantinya. Benar atau tidak, kanvas dan lukisan juga dapat meredam getaran suara. Anda dapat mengabungkan karya seni dan panel akustik agar suara lebih teredam dengan baik.

  1. Memanfaatkan tanaman

Tidak hanya memanfaatkan bahan seperti karpet, namun tanaman juga dapat membantu untuk meredam suara. Sebab, tanaman memiliki kemampuan untuk membiaskan, menyerap dan juga membelokkan kebisingan yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda dapat menata tanaman hias di dalam rumah agar ruangan menjadi kedap suara.

  1. Rak buku rumah

Ternyata rak buku di dalam rumah juga dapat membantu untuk meredam suara yang masuk lho! Maka dari itu, Anda perlu menempatkan rak buku pada dinding yang terasa lebih bising dan membutuhkan peredam suara.

  1. Melindungi aliran udara pada pintu

Dimana ada aliran udara, disitulah tempat suara dapat suara masuk ke dalam ruangan. Sebab lubang tersebut memiliki potensi untuk menciptakan getaran. Maka dari itu, bagian bawah pintu yang memiliki lubang harus ditutupi dengan door draft protector atau disebut juga dengan pelindung udara.  

Sponsors Link

  1. Menggunakan lembar gabus atau styrofoam

Gabus dapat dikatakan sebagai salah bahan yang memiliki kemampuan menyerap suara dengan baik dan murah. Maka dari itu bahan ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative untuk menciptakan ruangan kedap suara. Selain itu, Styrofoam juga jauh lebih mudah di dapatkan dibanding dengan acoustic foam.

  1. Pintu tanpa ukiran

Pintu tanpa ukiran atau flat (datar) dikatakan lebih mampu menolak getara suara jika dibandingkan dengan pintu yang memiliki ukiran. Hal ini boleh menjadi bahan pertimbangan Anda.

  1. Insulasi

Insulasi merupakan sebuah cara signifikan yang dilakukan untuk mencegah masuknya getaran suara bising ke dalam serta ke luar kamar. Namun tidak hanya meredam suara, panas matahari yang merambah masuk juga dapat di saring.  

Demikianlah beberapa tips dan trik untuk membuat ruangan kedap suara yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik