Sponsors Link

6 Jenis Kusen Jendela yang Wajib Diketahui

jenis kusenKusen merupakan salah satu bagian konstruksi dinding bangunan yang memiliki fungsi sebagai tempat peletakan dan duduknya daun pintu dan juga daun jendela. Bisa dikatakan, kusen merupakan penghubung antara dua buah ruangan yang juga memiliki peran sebagai alur sirkulasi udara segar diantara ruangan tersebut. Kusen juga dapat menjadi celah masuknya sinar matahari dari luar ke dalam ruangan, yang dapat meningkatkan kenyamanan serta kesegaran ruang. Secara umum kusen terbagi menjadi dua, ada kusen jendela dan juga kusen pintu. Setiap jenis-jenis rumah tinggal pasti memiliki kusen di dalamnya.

ads

Dalam menentukan model kusen jendela yang ingin digunakan, faktor penting yang perlu diperhatikan adalah jenis atau material yang digunakan pada kusen jendela tersebut. Sebab bahan yang digunakan akan menentukan seberapa lama kusen tersebut akan bertahan. Selain itu, rangka jendela nantinya dapat  menyesuaikan dengan rangka dinding. Jenis kusen jendela terbagi berdasarkan bahan penyusunnya. Mau tahu? Berikut ini adalah beberapa jenis kusen jendela yang wajib Anda ketahui, simak!

  1. Kusen berbahan Kayu

Kayu merupakan salah satu bahan-bahan dalam membangun rumah yang pemanfaatannya sangat beragam dan tak terhingga. Mulai dari perabot dan furniture rumah, lantai, atap, rangka dan masih banyak lagi. Bahan kayu juga tergolong fleksibel karena dapat cocok dengan berbagai desain rumah seperti rumah minimalis sederhana dan juga rumah dengan konsep arsitektur modern tropis. Salah satu pemanfaatan kayu dalam rumah ada dapat digunakan sebagai material kusen jendela. Terlebih jika Anda ingin menngangkat kesan natural dan alami pada bangunan Anda. Maka kayu adalah pilihan material yang cocok. Namun pastikan untuk memilih jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Untuk merawat kondisi kusen jendela, Anda juga dapat membaca cara mengkilapkan perabot kayu serta pembersih furniture kayu.

  1. Kusen berbahan Alumunium

Berbeda dengan material kayu yang mudah lapuk dan keropos, kusen berbahan alumunium dapat bertahan dari serangga dan juga rayap. Kelebihan lain yang akan didapatkan dari penggunaan alumunium adalah material ini memiliki daya tahan yang kuat sehingga tidak akan mudah mengalami penyusutan dan perubahan bentuk akibat faktor perubahan cuaca. Penggunaan kusen alumunium memang terkesan lebih modern sehingga cocok digunakan pada berbagai desain rumah minimalis. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan jika ingin disulap seolah memiliki kesan natural, yakni dengan cara melapisi alumunium dengan cat. Keuntungan lain dari jenis kusen ini adalah Anda juga dapat membentuk alumunium menyesuaikan dengan selera desain Anda.

  1. Kusen berbahan uPVC

Material uPVC merupakan material yang memiliki kepanjangan berupa Unplasticzed Poly Vinyl Chloride. Material uPVC juga sudah banyak digunakan sebagai material pembuat kusen, yang produksinya dapat disesuaikan dengan permintaan konsumen. Salah satu keuntungan yang didapatkan dari penggunaan material ini adalah material uPVC tidak mudah mengalami penyusutan maupun pemuaian. Selain itu, material uPVC juga memiliki kemampuan untuk meredam suara yang datang dari luar ruangan. Material uPVC juga dikatakan memiliki daya tahan yang baik terhadap kebocoran serta cara perawatannya pun termasuk mudah.

Disamping kelebihannya yang melimpah, material ini ternyata juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan itu diantaranya adalah untuk memesan kusen jendela berbahan uPVC, dimensi kusen harus mengikuti dengan ukuran jendela yang akan digunakan. Dengan kata lain, kusen jendela berbahan uPVC tidak memiliki ukuran standar sehingga untuk mendapatkannya harus melalui pemesanan terlebih dahulu.

Sponsors Link

  1. Kusen berbahan Fiberglass

Selain tiga bahan kusen diatas yang sangat umum dan marak ditemukan di pasaran, terdapat juga jenis kusen lain yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Yakni adalah kusen jendela berbahan fiberglass. Jika Anda menggunakan jenis kusen ini, maka proses pekerjaan serta pemindahannya akan berjalan dengan mudah karena kusen fiberglass memiliki bobot yang sangat ringan. Bobot biaya yang dikeluarkan untuk melakukan instalasi pemasangan pun masih terbilang murah. Kusen jendela fiberglass juga memiliki tampilan yang bersih dan segara. Sangat cocok digunakan pada rumah-rumah yang menganut gaya modern dan minimalis.

  1. Kusen berbahan Vinyl

Salah satu tren kusen yang sedang membumi pada saat ini adalah kusen yang terbuat dari material vinyl. Mengapa menjadi begitu populer? Sebab bahan vinyl menciptakan tampilan yang lebih modern dan cocok digunakan pada rumah tinggal masa kini. Selain itu, bahan vinyl juga termasuk bahan yang ramah lingkungan dan membutuhkan energi yang efisien. Beberapa sifatnya menyerupai kusen jendela fiberglass, yakni mudah dipasang dan memiliki daya tahan lama.

Sponsors Link

  1. Kusen berbahan Baja Ringan

Jenis kusen jendela terakhir yang dapat Anda gunakan adalah kusen baja ringan. Jenis material ini sangat direkomendasikan untuk digunakan pada rumah-rumah yang di bangun di daerah rawan gempa. Kusen baha ringan memiliki proses instalasi yang relatif cepat serta biaya yang dikeluarkan pun tidak begitu banyak. Penerapan desain ini juga dapat dimodifikasi menyesuaikan dengan bentukan yang diminati. Selain itu, kusen baja ringan juga ramah lingkungan, aman digunakan, tahan terhadap air, anti rayap dan sebagainya.

Demikianlah beberapa jenis kusen jendela yang dapat Anda gunakan di rumah. selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Dasar