Sponsors Link

10 Persyaratan Tinggal di Apartemen Paling Umum

Tinggal di apartemen biasanya dianggap lebih menyenangkan dibandingkan tinggal di rumah biasa. Terlebih jika Anda tinggal di perkotaan dan tempat kerja atau aktifitas selalu ada di kota. Tinggal di apartemen akan menghemat waktu untuk bepergian dan juga lebih nyaman. Dibandingkan dengan landed house tentu memang sangat nyaman.

ads

Namun tentunya tinggal di apartemen memang tidak bisa sembarangan. Hal ini karena Anda akan bertetangga jarak dekat baik itu yang satu lantai atau berlainan lantai. Jadi memang ini kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen yang harus dipahami. Tapi selama Anda selalu mengikuti aturan maka tinggal di apartemen memang tidak akan ada masalah. Agar tidak bingung maka ikuti persyaratan tinggal di apartemen paling umum, seperti berikut ini.

  • Memberikan data diri dan keluarga

Sebelum Anda masuk ke apartemen dan tinggal di apartemen maka Anda harus menyerahkan data diri dan keluarga yang mudah dihubungi. Ini sangat penting untuk melakukan proses administrasi ketika akan menjadi warga di sebuah tempat. Namun sayangnya banyak penghuni yang mengabaikan aturan ini sehingga terkadang sulit untuk mencari data penghuni apartemen.

Ini hal yang sangat penting untuk diberikan kepada kantor pengelola apartemen. Termasuk untuk berjaga jika ada kejadian darurat seperti kebakaran, kejahatan, pemeriksaan dari badan pemerintahan sampai adanya hal buruk seperti sakit. Pertimbangan aturan ini juga termasuk dalam itu tips membeli apartement untuk pemula.

  • Membayar biaya Service Charge & Sinking Fund

Adanya keuntungan investasi apartemen memang tidak bisa ditolak lagi terlebih jika Anda ingin investasi jangka panjang. Tapi jika Anda tinggal di apartemen maka Anda harus membayar biaya-biaya yang sebenarnya cukup mahal. Tentu saja ini adalah selain biaya listrik dan air. Service Charge & Sinking Fund adalah jenis biaya yang dibutuhkan untuk mengelola apartemen. Dari dana ini maka apartemen bisa melakukan perawatan, perbaikan gedung, asuransi gedung, fee untuk pihak manajemen, gaji karyawan apartemen dan biaya lain-lain.

Sementara itu Sinking Fund adalah dana yang akan digunakan sebagai dana cadangan yang akan digunakan untuk perawatan gedung dan fasilitas umum di apartemen. Jenis dan jumlah biaya yang diperlukan ini sesuai dengan luas unit yang Anda miliki. Jika anda terlambat membayar maka biasanya beberapa fasilitas akan diputus.

  • Dilarang memiliki hewan peliharaan

Jika Anda penyuka binatang maka sebaiknya mulai mempertimbangkan cara membeli rumah. Masalahnya adalah di apartemen biasanya tidak diijinkan untuk memiliki atau memelihara binatang peliharaan. Hal ini berdasarkan pertimbangan dari kebersihan dan kenyamanan pengguna apartemen yang lain. Anjing dan kucing ditakutkan akan merusak fasilitas dan kebersihan apartemen. Wah, tentunya sangat sedih untuk pecinta binatang peliharaan.

  • Aturan waktu keluar masuk barang

Jika Anda terbiasa tinggal di landed house maka Anda tidak perlu terikat dengan aturan waktu memasukkan atau mengeluarkan barang. Anda bisa mengaturnya sendiri dengan bebas dan tidak perlu sesuai aturan. Namun aturan ini tidak berlaku untuk apartemen. Di apartemen Anda bertetangga dengan banyak orang yang tinggal di lantai yang sama atau berbeda. Ketika akan mengeluarkan atau memasukkan barang maka harus sesuai dengan jam operasional yang sudah diatur. Biasanya proses ini ditetapkan antara jam 09.00 – 15.00 untuk hari biasa, dan pada akhir pekan hanya di jam 09.00-12.00.

  • Saran dan keluhan ada tempatnya

Jika Anda mengalami masalah di apartemen maka Anda tidak bisa langsung mengambil tindakan. Anda harus memberikan saran atau keluhan kepada pengelola gedung di kantornya. Jadi Anda tidak bisa langsung marah marah atau bertindak kasar di apartemen. Pihak dari pengelola yang akan menangani masalah di apartemen Anda sehingga caranya sangat teratur.

  • Koridor dan balkon bersih dari benda

Ternyata semua penghuni apartemen harus terbiasa untuk tidak menyimpan benda di koridor atau balkon. Termasuk juga kebiasaan memasang rak sepatu di samping pintu atau menjemur pakaian di balkon. Semua kebiasaan itu dilarang karena tidak sesuai dengan aturan estetika apartemen. Aturan ini juga sangat penting untuk menghindari kondisi darurat seperti misalnya kebakaran yang harus menggunakan tangga darurat.

  • Patuhi sistem kebakaran

Pengelola apartemen sudah merancang agar bangunan apartemen selalu aman. Karena itu di beberapa tempat biasanya sudah dipasangi dengan pendeteksi asap, pemadam api, pendeteksi suhu dan kondisi darurat lain. Alat pengaman ini terpasang dengan jarak dan lokasi yang strategis. Karena itu jangan merusak atau menutupi sensor dari alat karena itu untuk kepentingan bersama. Jadi pertimbangkan juga dengan rumah vs apartemen, sebaiknya pilih yang mana.

  • Peraturan untuk renovasi

Jika tinggal di landed house maka Anda bisa merenovasi rumah kapan saja. Tapi aturan ini tidak berlaku di apartemen. Biasanya beberapa apartemen hanya menerapkan aturan renovasi pada saat weekday saja dan jumlah jam yang terbatas. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan karena biasanya pekerjaan renovasi dianggap mengganggu kenyamanan.

  • Aturan parkir dan fasilitas apartemen

Parkir di apartemen memang tidak semudah parkir di tempat biasa. Hal ini karena terkadang apartemen menyediakan jumlah tempat parkir yang terbatas tidak sebanding dengan penghuninya. Jika sudah seperti ini maka biasanya Anda harus menyewa tempat parkir. Karena itu perhatikan aturan ini ketika akan membeli apartemen. Termasuk juga jika ternyata tempat parkir sudah termasuk fasilitas apartemen.

  • Kartu akses khusus unit

Jika Anda tinggal di apartemen maka sebenarnya Anda mendapatkan kartu akses untuk unit yang Anda tempati. Kartu ini khusus untuk unit Anda dan tidak bisa digunakan untuk unit lain. Ini kartu yang sangat penting sehingga tidak boleh hilang atau disalahgunakan. Selain bisa digunakan untuk akses unit sendiri maka biasanya juga bisa digunakan untuk fasilitas umum di apartemen.

Itulah semua persyaratan tinggal di apartemen paling umum. Ternyata tinggal diapartemen yang praktis juga tetap ada aturannya. Karena itu pertimbangkan syarat tersebut sebelum membeli apartemen.

, ,
Oleh :
Kategori : Info Dasar