Sponsors Link

8 Cara Menata Kamar Sempit Dengan Kasur Besar Agar Luas

Memasukkan kasur besar ke dalam kamar tidur yang sempit memang terkadang cukup menyulitkan. Anda harus mengetahui cara membuat sketsa seluruh area kamar tidur dan merekam dimensi dalam gambar anda. Sesudah mengukur ruangan, maka langkah selanjutnya adalah memilih tempat tidur ukuran besar dan memutuskan cara terbaik untuk mengaturnya dalam kamar berdasarkan bentuk dan ukurannya. Sebagai panduan, berikut akan kami berikan cara menata kamar sempit dengan kasur besar selengkapnya.

ads

1. Buat Sketsa Garis Besar Bentuk Kamar

Cara menata kamar sempit dengan kasur besar yang pertama adalah membuat garis besar secara kasar tentang bentuk kamar anda di atas kertas sama seperti cara menata kamar kost yang sempit. Ketika anda membuat sketsa, tambahkan dengan pintu, jendela, arah yang dibuka dan juga semua lengkungan atau sudut kecil.

Memiliki sketsa perlengkapan di dalam ruangan nantinya akan memungkinkan anda untuk mengatur kasur dan furniture lainnya berdasarkan berapa banyak pintu yang ada dan sebagainya.

Hindari meletakkan kasur atau meja tepat di depan pintu lemari atau pintu keluar. Catat juga seberapa besar ambang pintu sehingga anda mengetahui seberapa besar barang yang bisa anda pindahkan dan tandai di mana ventilasi udara ada di kamar jika memang ada.

2. Buat Sketsa Setiap Dinding

Lanjutkan dengan membuat sketsa setiap dinding pada kertas terpisah sama seperti membuat dekorasi kamar kost murah. Hal ini penting supaya anda bisa memasukkan posisi benda benda seperti ventilasi udara, outlet listrik, radiator, jendela dan benda lain yang bisa menjadi penghalang kasur besar dalam ruangan tersebut.

Tambahkan juga dimensi ke sketsa anda. Ukur setiap titik tetap dalam ruangan dan ukur jarak dari gapura pintu ke sudut ruangan, sudut ruangan ke jendela dan sebagainya. Pilih titik awal dan mulai bekerja searah jarum jam dari sana sehingga anda tidak melewati apa pun.

Jangan lupa juga untuk mengukur ketinggian ruangan serta semua jarak ventilasi hingga seluruh ruangan bisa dipetakan dalam sketsa. Mengetahui ketinggian ruangan sangat penting khususnya jika kasur besar yang ingin anda gunakan adalah ranjang susun.

3. Cabut Kaki Kaki Tempat Tidur

Karena ukuran kasur yang sudah besar dan luas kamar yang sempit, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah mencabut kaki kaki tempat tidur yang akan anda gunakan termasuk juga untuk desain kamar tidur utama yang sempit. Jika anda tetap memakai kaki kaki tempat tidur, maka hanya akan mengambil ruang ekstra dan ruang gerak dalam kamar tersebut semakin terbatas.

Sebenarnya, penggunaan kaki tempat tidur masih bisa dilakukan. Namun sebaiknya pakai kaki tempat tidur dengan warna terang dan ukurannya tidak terlalu besar dan tidak usah mementingkan dekorasinya. Nantinya, anda bisa memperoleh ruang ekstra sekitar 10.2 cm jika kaki tempat tidur yang anda pakai tidak terlalu besar.

4. Buat Focal Point

Cara berikutnya, buat juga focal point yakni daerah tertentu dalam ruangan yang pertama kali bisa menarik perhatian mata yang juga harus diterapkan dalam cara menata kamar tidur ukuran 2×2. Tujuan dari kamar tidur haruslah menjauhkan perhatian orang dari ukurannya. Dengan warna primer yang terang dan focal point warna apa pun, maka kamar tidur yang tadinya sempit bisa terlihat lebih luas.

Jika anda memiliki karya seni yang bagus, maka bisa diletakkan di atas tempat tidur dan jauhkan perhatian dari bagian ruangan yang lain.

5. Posisikan Tempat Tidur di Tengah

Cara menata ruangan kamar yang sempit serta tempat tidur yang besar adalah memastikan anda meletakkan tempat tidur atau kasur di bagian tengah ruangan sebab ini merupakan perabot terbesar di dalam kamar yang berukuran kecil. Anda mungkin tergoda untuk mendorong tempat tidur ke sudut, namun menjaga tempat tidur tetap berada di tengah akan menjadikannya titik fokus pada ruangan dan membuat segala sesuatunya terlihat simetris dan mencegah kekacauan karena berusaha terlalu banyak memasukkan barang ke ruangan yang kecil.

Jika anda masih memiliki cukup ruang untuk berjalan pada setiap sisi tempat tidur, maka akan lebih mudah untuk beraktivitas di dalam ruangan tersebut.

6. Gunakan Palet Warna Sederhana

Tips menata kamar tidur selanjutnya adalah gunakan palet warna yang sederhana dan terang untuk mencerahkan dinding kamar tidur anda karena ini akan membuat dinding terlihat lebih besar.Sementara jika anda memakai warna yang gelap, maka akan membuat ruangan tersebut seperti tertutup.

Abu abu terang, putih atau bahkan warna mawar yang terang bisa anda gunakan untuk memberikan kesan segar, cerah sekaligus lebih terbuka. Meski begitu, anda masih bisa memakai warna gelap yang anda sukai. Mewarnai kamar anda dengan nuansa abu abu atau biru gelap juga bisa menghadirkan suasana yang lebih intim sekaligus apik.

Jika memang anda ingin membeli seprai yang baru, maka pilih juga cat dinding yang komplementer dengan sprei yang anda miliki seperti netral atau pastel dengan skema warna yang tepat.

7. Gunakan Tirai yang Tinggi

Sebaiknya, pasang tirai setinggi mungkin agar kamar yang tadinya sempit bisa terlihat lebih tinggi sebagai salah satu cara menghias kamar yang sempit. Semakin dekat tirai ke langit langit, maka akan semakin menarik mata ke atas ketika memasuki ruangan meski kasur yang anda gunakan berukuran besar. Untuk itu, gunakan tirai yang akan mencapai lantai bahkan pada saat digantung pada ketinggian langit langit.

Jika anda ingin menjaga tirai tetap terbuka di siang hari, maka pilih tirai berlapis ganda dengan lapisan yang tipis supaya bisa lebih terang sambil tetap menjaga privasi anda.

Pastikan juga anda memilih tirai dengan warna yang sesuai dengan dinding supaya mata anda tidak bingung karena terlalu banyak warna dalam ruangan yang sempit tersebut.

8. Pilih Seprai tyang Tidak Mengganggu Mata

Karena ukuran kamar sudah sempit namun kasur atau tempat tidur yang digunakan berukuran besar, maka sebaiknya pilih seprai yang tidak mengganggu mata dengan pola sibuk dan ini juga menjadi salah satu cara menata kamar tidur yang sempit. Hindari pola yang cerah dan lebih baik gunakan warna yang serupa dengan seprai, dinding atau tirai.

Jika memungkinkan, cari seprai yang juga bisa dibalik sehingga bisa memberikan variasi dari minggu ke minggu jika anda ingin memberi sedikit perubahan. Cream, putih, abu abu dan bahkan biru tua merupakan warna yang menenangkan dan tidak akan mengganggu mata serta membuat ruangan semakin sesak meski kasur yang digunakan cukup besar.

Cara menata kamar sempit dengan kasur besar yang sudah kami bahas di atas bisa anda terapkan untuk kamar tidur pribadi anda agar tampilannya bisa terlihat lebih besar dan luas. Semoga bisa bermanfaat.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Desain