Sponsors Link

7 Pertimbangan Pilih Landed House Atau Apartemen

Rumah memang telah  menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk manusia. Terlebih untuk sekarang ini dimana rumah sering digunakan sebagai tolak ukur sukses atau tidak. Karena itu banyak developer yang terus menawarkan berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Bila Anda awalnya hanya mengenal jenis rumah yang berdiri atau dibanguan di atas tanah, maka sekarang sudah ada apartemen.

ads

Tambahan pilihan model rumah seperti apartemen tentu sangat membingungkan. Terlebih jika Anda bingung karena mempertimbangkan banyak masa depan saat sudah memiliki rumah. Karena itu pikiran untuk membeli rumah memang tidak bisa dilakukan dengan mudah agar tidak terjadi kesalahan. Berikut ini adalah beberapa materi tentang pertimbangan pilih landed house atau apartemen.

  • Jarak rumah dengan tempat aktifitas

Landed house: biasanya landed house banyak dibangun di pinggir kota. Sementara jika Anda memiliki aktifitas di pusat kota maka pasti membutuhkan banyak waktu untuk perjalanan saja. Misalnya saja jika rumah di Bekasi dan kantor di Jakarta Pusat. Anda harus membayangkan kemacetan yang dihabiskan untuk pergi dan pulang kerja.

Apartemen: sementara itu apartemen biasanya dibangun di pusat kota yang dipenuhi dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Anda bisa mendapatkan akses dengan cepat ke rumah sakit, pusat sekolah, pusat belanja dan ke tempat kerja. Tentu saja kelebihan ini harus dipertimbangkan saat melakukan tips membeli apartement untuk pemula.

  • Lihat status keluarga Anda

Landed house: pada dasarnya jika Anda memiliki keluarga besar atau sudah menikah dengan dua atau tiga anak, maka landed house bisa jadi pilihan yang tepat. Anda bisa memilih atau membeli rumah dengan dua atau tiga kamar tidur. Posisi rumah yang dibangun di atas tanah juga lebih mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan termasuk ketika akan membangun rumah dengan dua atau tiga lantai.

Apartemen: apartemen sebenarnya sesuai untuk rumah tangga kecil atau untuk tempat tinggal sendiri. Hal ini karena beberapa tipe yang ditawarkan oleh apartemen biasanya dengan ruangan yang kecil. Termasuk dengan satu atau dua tempat tidur. Sementara itu apartemen juga memiliki ruang yang terbatas sehingga tidak nyaman untuk keluarga besar. Tapi dari segi harga jual memang Anda harus melihat keuntungan investasi apartemen.

  • Pertimbangan harga

Landed house: Sebenarnya harga rumah tapak memang akan meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini karena tanah yang tersedia untuk membangun rumah juga semakin sedikit sehingga sulit untuk bisa memiliki rumah murah dengan lokasi strategis. Jika ada biasanya harganya sudah sangat mahal.

Apartemen: memang harga apartemen juga akan naik dari waktu ke waktu. Hanya saja apartemen jumlahnya semakin banyak dan tersedia tipe-tipe yang menarik sesuai anggaran Anda. Masalah harga ini juga menjadi perbedaan rumah susun dan apartemen. Dimana ada pengaruh lingkungan rumah susun sehingga biasanya apartemen jauh lebih mahal.

  • Kebutuhan biaya listrik dan air

Landed house: untuk jenis biaya listrik dan air maka sebenarnya tinggal di landed house memang lebih menguntungkan. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya listrik dan air sesuai dengan kebutuhan. Anda tidak perlu membayar iuran bersama sehingga biaya pengeluaran pajak jauh lebih murah.

Apartemen: apartemen sebenarnya membutuhkan biaya listrik dan air yang sangat tinggi. Hal ini karena semua fasilitas yang menggunakan air atau listrik akan ditanggung bersama misalnya untuk fasilitas kolam renang dan lift. Kemudian ketika Anda tinggal di apartemen memang pasti akan membutuhkan AC untuk mendinginkan ruangan. Inilah yang akan membuat biaya listrik jauh lebih besar lagi. Jadi pertimbangkan juga dengan kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen.

  • Biaya keamanan

Landed house: jika Anda melihat biaya keamanan maka sebenarnya di landed house memang jauh lebih murah. Pada dasarnya itu sesuai dengan posisi, lokasi dan jenis rumah Anda. Jika termasuk komplek maka biaya keamanan untuk membayar satpam dan petugas keamanan lain. Tapi jika Anda tinggal di pinggiran maka biasanya biaya keamanan jauh lebih murah.

Apartemen: sementara itu ternyata tinggal di apartemen memang membutuhkan biaya keamanan yang lebih tinggi. Hal ini memang sesuai dengan tingkat keamanan di apartemen. Misalnya untuk pembayaran satpam, penjaga parkir, penjaga gerbang dan lain-lain. Jadi jelas memang lebih mahal tinggal di apartemen.

  • Ukuran dan kemudahan menerima tamu

Landed house: pada dasarnya landed house memiliki ukuran yang luas dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Di rumah sendiri Anda bisa menerima tamu dengan mudah tanpa harus melewati prosedur yang rumit.

Apartemen: biasanya  seluas apapun tipe apartemen Anda tapi biasanya selalu terlihat sempit. Hal ini memang sangat tidak nyaman karena bangunan apartemen bersusun sehingga tidak terlihat memiliki tanah. Sementara itu ketika ada saudara yang datang atau menginap maka biasanya prosedur juga lebih rumit. Anda harus melapor dulu sehingga berkesan kurang nyaman.

  • Fasilitas yang tersedia

Landed house: pada dasarnya ketika Anda memilih rumah maka Anda tidak perlu mempertimbangkan fasilitas. Semua kebutuhan ini bisa tergantung dengan kepentingan Anda. Bahkan biasanya jika tinggal di komplek mewah maka dekat dengan beberapa fasilitas seperti pusat belanja, kolam renang, sekolah dan fasilitas lain. Tapi semua fasilitas itu sifatnya tidak mengikat dan Anda bebas memilih.

Apartemen: konsep apartemen dibuat dengan menyediakan fasilitas yang lengkap seperti pusat belanja, kolam renang, rumah sakit, jalan besar atau jalan tol, dan fasilitas lain. Hal ini sangat penting untuk penghuni apartemen yang biasanya ingin berhemat waktu dan tenaga ketika menggunakan fasilitas tersebut.

Jadi Pilih Landed House Atau Apartemen?

Jadi pertimbangan untuk memilih landed house atau apartemen bisa dilakukan dengan beberapa uraian tersebut. Namun satu yang pasti adalah bahwa Anda harus memastikan dana yang tersedia, kebutuhan dan kenyamanan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda di masa sekarang dan masa depan.

Itulah beberapa pertimbangan pilih landed house atau apartemen. Anda bisa menyesuaikan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Jual Beli