Sponsors Link

6 Tips Membangun Rumah Saat Musim Hujan Yang Terbukti Berhasil

Pada artikel ini, kami akan memberikan penjelasan kepada anda mengenai bagaimana apa saja tips tentang membangun rumah saat musim hujan yang benar-benar harus anda perhatikan, terlebih sekarang kita sudah memasuki musim hujan.

ads

Musim hujan memang bisa menjadi anugerah bagi setiap orang, meskipun memang ada beberapa orang yang merasa khawatir jika turun hujan. Salah satunya adalah ketika seseorang ingin membangun rumah maupun proyek lain tentu saja tidak menghendaki hujan karena hal ini bisa menghambat penyelesaiannya.

Namun anda jangan khawatir karena ternyata ada beberapa cara bagi anda yang saat ini sedang membangun rumah, dan di saat yang bersamaan ternya musim hujan. Sebelum kami memberikan penjelasan mengenai apa saja tips membangun rumah, kami ingin membagikan informasi mengenai bagaimana cara membuat hiasan dinding dari kain flanel dan juga bagaimana cara merawat kolam renang di musim hujan.

1. Memantau cuaca

Cara pertama yang harus anda lakukan ketika anda ingin membangun sebuah rumah pada musim hujan adalah dengan memantau cuaca terlebih dahulu. Memantau cuaca memang sangat diperlukan, terlebih sudah memasuki musim hujan karena dikhawatirkan nanti pengerjaannya akan terganggu. Selain itu, tidak sulit untuk mengetahui cuaca karena memang zamannya sudah canggih.

Anda bisa memantau cuaca dengan menggunakan smartphone dan nanti anda hanya perlu menentukan daerah mana yang ingin anda ketahui cuacanya. Dengan mengetahui cuaca, maka tukang dan juga kuli akan lebih mengerti mengenai apa saja peralatan yang harus mereka siapkan agar supaya tidak sampai terkena imbas dari hujan yang deras.

2. Memperhatikan penempatan bahan bangunan

Cara kedua yang juga tidak boleh anda abaikan adalah anda harus memperhatikan mengenai penempatan bahan bangunan anda. Perlu anda tahu bahwa ada beberapa bahan bangunan yang memang kuat dengan air hujan, namun tidak sedikit yang malah sensitif terhadap air hujan dan bahkan malah bisa membuatnya rusak.

Beberapa bahan bangunan yang sensitif terhadap air hujan antara lain semen dan juga gamping halus yang tentu saja anda tidak boleh meletakkannya secara sembarangan. Maka dari itu, sebelum anda meletakkan semen, gamping, maupun bahan-bahan lainnya, anda harus memastikan bahwa lokasi penempatan bahan bangunan tersebut aman dari terkena air hujan.

3. Memasang terpal

Terpal bukan hanya dipasang bagi seseorang yang memiliki hajat menikah maupun sunatan, melainkan juga dibutuhkan oleh para tukang yang sedang mengerjakan atau membangun rumah anda. Biasanya terpal tersebut akan dipasang pada bagian atas bangunan atau rumah anda sehingga nanti kuli maupun juga tukang merasa nyaman dan aman ketika bekerja karena jika tidak ada terpal dan malah turun hujan, maka kinerja dari tukang dan kuli anda malah bisa terganggu dan pengerjaannya pun dikhawatirkan tidak selesai sesuai dengan target yang ditentukan.

Biasanya terpal-terpal tersebut ada yang sudah disiapkan oleh tukang, namun kebanyakan yang punya rumah atau juragannyalah yang menyiapkan terpal tersebut. Anda tidak harus membeli terpal yang bagus-bagus karena anda bisa meminjam ke tetangga anda, khususnya para petani tentu memiliki terpal karena akan digunakan ketika musim panen.

4. Mempersiapkan alat-alat pengaman

Alat pengaman merupakan salah satu bagian yang tidak boleh dilewatkan karena tentu saja membangun rumah saat musim hujan juga dipengaruhi oleh seberapa lengkap dan aman peralatan yang digunakan. Mungkin anda sudah tahu bahwa membangun rumah ketika musim hujan, identik dengan sambaran petir yang akan membuat tukang dan juga kuli berdebar-debar. Maka dari itulah, penting bagi anda untuk menyiapkan beberapa alat pengaman yang memang sudah terbukti mampu menangkal petir.

Nantinya alat tersebut harus anda letakkan di bagian area pembangunan rumah, pohon, tembok, dan area-area tinggi lainnya. Dengan menyiapkan alat ini, maka para pekerja tidak lagi merasa khawatir ketika bekerja dan bahkan mereka akan semakin cepat menyelesaikan rumah anda karena mereka berpikir bahwa anda merupakan orang yang benar-benar memperhatikan keselamatan para pekerja.


5. Memilih pekerja yang handal dan terpercaya

Tips membangun rumah saat musim hujan yang kelima adalah anda harus benar-benar selektif di dalam memilih pekerja yang akan anda suruh untuk membangun rumah anda. Merupakan sebuah kerugian yang besar ketika anda memilih pekerja secara sembarangan dan ternyata di tengah-tengah pekerjaan, ia berhenti dikarenakan hujan, padahal sebelumnya anda sudah menyiapkan berbagai macam keperluan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya untuk membuat para pekerja anda merasa nyaman dan aman.

Oleh karena itulah, anda harus benar-benar memilih dan menentukan tukang dan kuli yang handal dan juga terpercaya. Anda bisa meminta saran teman-teman atau keluarga anda mengenai siapa kira-kira yang cocok untuk anda amani membangun rumah impian anda. Dengan menyiapkan tukang yang sudah handal dan berpengalaman, maka sudah tidak perlu anda suruh pun, mereka akan paham bahwa mereka harus menggunakan cat tembok anti lembab karena dikhawatirkan jika menggunakan cat tembok sembarangan malah akan merembes dan bahkan bisa menimbulkan retakan di tembok yang akan merugikan diri anda sendiri karena anda harus mengeluarkan biaya dua kali.

6. Segera hentikan pembangunan pada waktu yang tepat

Jika pada waktu itu hujan turun dengan lebat dan bahkan disertai angin kencang, maka anda sebagai orang yang membayar mereka, harus langsung menyuruhnya untuk segera menghentikan pekerjaan mereka. Jangan pernah memaksa mereka untuk melanjutkan mengerjakan rumah anda karena hal ini bukan hanya akan merugikan tukang dan kuli, melainkan akan membangun pembangunan rumah anda menjadi tidak maksimal yang malah nanti bisa menimbulkan masalah yang lebih rumit.

Maka dari itu, di sini anda harus menjadi orang yang mampu bersikap bijak, dimana anda harus segera meminta tukang maupun kuli yang mengerjakan rumah anda untuk berhenti sejenak sampai situasi benar-benar kondusif yakni sudah tidak deras dan sudah tidak ada angin.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai apa saja tips membangun rumah saat musim hujan. Kami juga ingin menyarankan agar anda mencermati informasi lainnya yaitu jenis-jenis rumah tinggal dan ciri-ciri rumah tidak sehat.

, ,



Oleh :
Kategori : Info Dasar