Sponsors Link

8 Cat Tembok Anti Lembab dan Jamur

Sponsors Link

Rumah idaman bukan hanya rumah yang bagus dan mewah. Rumah idaman tidak hanya semata-mata rumah dengan harga eksterior dan interior yang mahal. Tapi rumah idaman adalah rumah yang nyaman di huni bagi semua orang yang tinggal di dalam nya. Tentu saja kerapian bangunan rumah anda dan kenyamanan penghuni yang tinggal di dalam nya adalah hal yang paling penting. Bagaimana jika rumah anda tidak nyaman? Maka keinginan untuk tinggal dirumah akan hilang. (Baca juga: Cara Mengatasi Dinding yang Lembab dan Berjamur)

ads

Salah satu penyebab rumah anda menjadi tidak nyaman adalah udara yang terasa pengap dan bangunan rumah yang terlihat tidak bersih. Hal ini sangat membuat stress karena jika di aktivitas saja sudah melelahkan dan sekarang anda tidak dapat beristirahat dirumah karena ketidak nyamanan rumah anda. Oleh karena itu hal yang harus anda perhatikan adalah kebersihan dinding rumah anda. Banyak sekali orang yang terlalu lama sadar bahwa kebersihan bangunan rumah itu adalah hal yang penting. Ini membuat beberapa orang telat untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan pada dinding rumah nya. (Baca juga: Cara Mencuci Sofa Kain Sendiri dengan Benar)

Dinding/tembok yang lembab biasa disebabkan oleh air yang merembes. Jika ini di biarkan terus menerus maka dinding akan berjamur. Apabila jamur telah menumpuk dan tidak segera di bersihkan, hal yang akan terjadi adalah cat rumah anda terkelupas dan pada akhirnya anda mau tidak mau harus mengecat seluruh bagian itu kembali.

Repot bukan? Beberapa penyebab lain memang menjadi faktor terjadinya rembesan air dan dinding jadi menjamur. Bukan hanya air. Masih banyak faktor lain yang dapat membuat dinding anda rusak karena rembesan dan jamur seperti di antaranya, (Baca juga: Tips Mengecat Rumah Sendiri)

  1. Mencat tembok pada saat tembok masih lembab, pengecatan tembok yang tidak tepat pada waktunya dapat merusak tembok dengan sendiri nya. Tembok anda hanya akan menjadi seperti dimakan waktu karena kesalahan kecil yang anda lakukan.
  2. Terdapat zat – zat kima di dalam tembok atau dinding rumah anda yang mendukung tumbuh nya jamur di dinding rumah anda.
  3. Nah, ini lah yang terpenting. Agar anda tidak mengalami kesulitan di kemudian hari akan kerusakan dinding anda, ada baik nya jika kita melakukan pencegahan. Namun beberapa orang telat untuk menyadari ini. Banyak yang belum memahami fungsi dari berbagai jenis cat, hingga akhirnya kebanyakan masyarakat hanya membeli dan menggunakan cat berdasarkan warna yang mereka sukai. Tanpa memperdulika merk, kualitas dan fungsi cat itu sendiri. Kesalahan dalam pemilihan cat ini lah yang membuat anda harus mengatisipasi hal – hal buruk sewaktu – waktu nantinya. (Baca juga: Cara Mengecat Tembok Lama yang Mengelupas)

Tips Memilih Cat Anti Lembab dan Jamur

Pasti banyak diantara kita yang masih bingung, bagaimana solusinya? Bagaimana jika saya telah terlanjur mengecat rumah saya? Bagaimana jika telah terdapat jamur dan noda pada bangunan rumah saya? Namun jika dinding anda telah berjamur ataupun anda baru berencana untuk melakukan pengecatan dinding rumah anda, tidak ada salah nya anda melakukan pencegahan atau perawatan dinding rumah anda sejak dini. Karena dengan pemilihan cat yang tepat tentunya anda telah mengantisipasi untuk tejadinya kerusakan dalam waktu dekat dan anda tidak perlu khawatir jika dinding rumah anda akan terlihat seperti bangunan tua atau terlihat kotor dalam waktu singkat. Untuk itu pilihlah cat yang sesuai dengan standard dan penggunaan nya. Berikut kami berikan solusi bagi anda yang ingin menjaga kenyamanan dan kebersihan dinding rumah anda. (Baca juga: Cara Mengelupas Cat Tembok dengan Cepat)

Sponsors Link

  1. Jika anda telah terlanjur mengecat dinding rumah anda ataupun telah terdapat jamur yang banyak di dinding rumah anda, hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan pengerokan pada cat dinding lama anda, lakukan lah dengan benar dan sampai rata agar tidak membuat belang saat proses pengecatan. (Baca juga: Cara Mengatasi Rumah Lembab dan Berjamur)
  2. Jika daerah rumah anda lembab gunakan lah cat waterproofing. Jika dinding anda berjamur gunakan atau lapisi dinding dengan lapisan primer/anti alkali agar dinding tidak menjamur. (Baca juga: Cara Membersihkan Kaca Kamar Mandi Berjamur)
  3. Jika anda ingin mengecat dinding anda dengan cat jenis waterproofing, anda dapat membeli cat dengan merk Welproof, Top Seal, Aquaproof, No Drop, atau Sika Raintite. Cat jenis ini dapat anda temukan di toko bangunan terdekat rumah anda, namun untuk jenis atau merk cat premium mungkin hanya dapat di beli di toko besar. (Baca juga: Tips Membersihkan Kamar Mandi Secara Alami)
  4. Apabila anda lebih memilih untuk memberi perlindungan ekstra pada dinding rumah anda, mungkin anda dapat beri semua perlindungan seperti anti lembab waterproofing, anti alkali dan lapisan primer. Ada jenis atau merk cat yang dapat mengatasi semuanya yaitu Welproof dan Top Seal.  (Baca juga: Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang Membandel)
  5. Warna yang disuguhkan oleh jenis cat pada penjelasan sebelum nya yang memiliki ungsi khusus sudah sangat baik. Namun jika anda tidak keberatan mengeluarkan kocek lebih dan ingin dinding rumah anda lebih indah, gunakanlah anti alkali dan waterproofing secara terpisah. Anda dapat melapisi dinding anda dengankedua jenis cat itu kemudian memberi cat lain sebagai warna yang anda inginkan. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding)
  6. Untuk bagian dalam rumah, dianjurkan untuk anda menggunakan cat tembok interior seperti Weldon, Envi, Belazo ME, Dulux Pentalite, Vinilex, dll.
  7. Untuk Bagian luar rumah gunakanlah cat tembok eksterior seperti Belazo EF, Dulux Weathershield, Mowilex Weathercoat, dsb.  (Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kain dan Kulit)
  8. Sebagai tips agar cat rumah anda tahan lama, cobalah untuk mengecat dinding rumah anda dengan beberapa kali lapisan dan jangan hanya sekali. Ini dilakukan agar warna dinding rumah anda terlihat kuat dan tahan lama. Cobalah untuk melakukan 2-3 kali pengecatan setelah anda memberi lapisan anti alkali dan Waterproofing.

Berapa kisaran harga cat tembok anti lembab?

Beberapa dari anda tentu nya ingin rumah anda terlihat cantik dan sehat. Namun melihat banyak nya komponen yang dibutuhkan pasti anda was – was dengan berapa harga yang harus anda bayarkan bukan? Untuk itu berikut kami berikan kisaran harga sebagai perhitungan untuk belanja rumah dan bangunan anda! (Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Rumah dengan Efektif)

  • Drop berkisar antara Rp. 45.000,- hingga Rp. 740.000,-
  • Welproof berkisar antara Rp. 42.000,- hingga Rp. 720.000,-
  • Top Seal berkisar antara Rp. 46.000,- hingga Rp. 750.000,-
  • Aquaproof berkisar antara Rp. 42.000,- hingga Rp. 730.000,-
  • Sika Raintite berkisar antara Rp. 52.000,- hingga Rp. 870.000,-

Nah itu dia tadi seputar cat tembok anti lembab, bagaimana? Berencana merenovasi rumah anda? Buatlah rumah anda nyaman dari sekarang! (Baca juga: Solusi Atap Bocor dan Cara Mencegahnya)



Artikel Lainnya


Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 06th, January 2017 / 09:51 Oleh :
Kategori : Dinding Tembok