Sponsors Link

8 Cara Merawat Kolam Renang di Musim Hujan

kolam renangSiapa yang tidak ingin memiliki kolam renang di berbagai jenis-jenis rumah tinggal miliknya? Tentu Anda pun ingin memilikinya bukan? Namun sayang membuat kolam renang membutuhkan dana yang cukup besar. Tidak berhenti pada itu saja, namun perawatan kolam renang juga tidak kalah merepotkannya. Terlebih pada saat musim hujan melanda. Untuk negara seperti Indonesia yang termasuk ke dalam negara tropis maka hanya terdapat dua musim, yakni musim hujan dan musim panas. Sehingga rentan waktu musim hujan yang berlangsung hampir setengah tahun atau sekitar enam bulan. Waktu yang cukup lama bukan? Oleh sebab itu, Anda membutuhkan tips yang tepat untuk merawat kolam renang dirumah. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai cara merawat kolam renang di musim hujan, simak!

ads
  1. Mengontrol lumut dan bakteri

Jika Anda menemukan kehadiran lumut pada kolam renang di rumah, maka kolam renang tersebut dapat dikatakan tidak terawat. Kolam renang yang berlumut juga dapat menyebabkan timbulnya banyak penyakit yang mengindikasikan rumah Anda termasuk ke dalam ciri-ciri rumah tidak sehat. Lumut yang ada di dalam kolam renang tidak hanya menimbulkan penyakit namun juga tidak sedap jika dipandang. Salah satu cara merawat kolam renang yang baik adalah mencegah timbulnya lumut hijau dan juga bakteri. Yakni dengan menjaga kadar pH di dalam kolam agar tidak terlalu tinggi. PH di dalam kolam renang harus tetap stabil agar menghindari pertumbuhan lumut hijau.

  1. Mengawasi volume air

Ketika musim hujan tiba, volume air di dalam kolam renang secara otomatis dapat meningkat akibat tambahan iar dari hujan. Pencampuran tersebut dapat menyebabkan air kolam berubah menjadi keruh. Tidak hanya itu, air yang berasal dari hujan juga dapat membawa kotoran yang akhirnya mengendap di kolam renang Anda. Oleh karena itu, ketika musim hujan tiba sebaiknya kosongkan terlebih dahulu kolam renang Anda. Sehingga air yang berada di kolam hanya berasal dari air hujan. Namun ingatlah untuk tidak menggunakan kolam sampai musim penghujan berakhir.

  1. Membersihkan secara berskala

Merawat kolam renang sejatinya dilakukan dengan cara membersihkannya. Pembersihan kolam renang secara berskala dapat membantu menjaga kualitas air kolam renang. Menentukan jadwal teratur untuk membersihkan kolam renang juga dinilai lebih efektif dibandingkan menunggu kolam renang kotor terlebih dahulu. Untuk membersihkannya, Anda perlu menguras air kolam renang terlebih dahulu. Baru selanjutnya dinding kolam renang disikat dengan menggunakan alat kebersihan rumah.

  1. Buang kotoran yang mengambang

Hujan yang turun apalagi hujan lebat, pastinya akan membawa banyak kotoran dan sampah seperti daun kering, plastik dan sebagainya. Alhasil, kolam renang pun menjadi kotor penuh sampah yang mengapung di permukaan. Jika dibiarkan salah, maka proses penusukkan daun akan menjadi lebih cepat yang nantinya akan mengotori kolam renang. Maka dari itu disela-sela jeda hujan yang turun, sempatkanlah untuk mengambil sampah-sampah daun yang berguguran.

  1. Mengeringkan kolam selepas musim hujan

Selepas musim hujan, air yang terdapat di kolam renang tentu sangat kotor dan penuh dengan bakteri. Segera kuras kolam renang tersebut dan ganti dengan air yang baru. Untuk pembersihan kolam renang, setelah air selesai dikuras biarkan dinding kolam renang menggenang. Diamkan samapi dua atau tiga hari berlalu, baru kemudian isi kembali kolam renang dengan menggunakan air yang baru. Pada kesempatan itu pula, Anda dapat mendeteksi apakah ada kerusakan pada dinding kolam renang atau tidak.


  1. Menggunakan sistem filtrasi

Jika Anda masih dalam masa perencanaan desain kolam renang di lahan sempit rumah, jangan lupa untuk tambahkan sistem filtrasi di dalamnya. Sistem filtrasi atau penyaringan dapat membantu agar kolam renang Anda tetap dalam kondisi bersih dan juga sehat. Sirkulasi di dalam air juga dapat berlangsung secara otomatis. Jadi perawatan kolam renang Anda akan jauh lebih ringan.

  1. Menggunakan soda ash

Soda ash ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk cara merawat kolam renang di rumah lho! Jika Anda mencampurkan soda ash pada air kolam renang, maka dijamin kondisi air akan tetap bersih. Sebab soda ash memiliki fungsi untuk menghilangkan bau anyir yang sering terjadi apabila air kolam tercampur dengan air hujan. Namun gunakanlah takaran yang tepat ktika menggunakan soda ash, jangan sampai terlampau banyak.

  1. Menggunakan kaporit tablet

Untuk merawat kolam renang Anda, dapat juga menggunakan alternatif kaporit tablet sebanyak 2 butir. Kaporit ini dapat berperan sebagai pencegah terjadinya penurunan kadar chlorine di dalam air kolam yang disebabkan oleh penambahan air hujan.

Memiliki kolam renang di rumah minimalis sederhana dan berbagai desain rumah minimalis tentunya menjadi idaman banyak orang. Akan tetapi harus tetap di dukung dengan pengetahuan merawat kolam renang. Demikianlah cara merawat kolam renang di musim hujan. Selamat mencoba!

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Perawatan