Sponsors Link

6 Tips Membeli Rumah untuk Pasangan Muda

membeli rumah pasangan mudaSiapa yang tidak ingin memiliki salah satu dari berbagai jenis-jenis rumah tinggal? Anda pastinya juga ingin memiliki rumah bukan? Terlebih jika Anda merupakan pasangan muda yang baru saja menikah atau sedang dalam masa merencanakan pernikahan. Entah rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis lainnya, model rumah scandinavian, atau berbagai macam-macam konsep bangunan lainnya, asalkan itu adalah rumah pasti menjadi incaran banyak orang. Sudah menjadi tren terkini bila pasangan muda yang baru saja menikah ingin memulai hidup mandiri dan lepas dari orang tua. Maka dari itu, tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk mengontrak.

ads

Karena memiliki dana yang terbatas, tidak jarang juga pasangan muda yang memilih tinggal di rumah kontrakan. Namun ketahuilah bahwa mengontrak tidak selalu baik, lho! Mengontrak justru dapat membuat biaya pembayaran menjadi membengkak, karena Anda akan selalu mengeluarkan uang setiap bulannya. Karena rumah tersebut bukanlah properti pribadi, Anda juga tidak dapat melakukan proses renovasi dengan leluasa. Maka dari itu, membeli rumah adalah pilihan yang tepat.

Akan tetapi karena permintaan akan hunian semakin tinggi, harga rumah tinggal juga semakin melonjak. Lalu apakah yang harus Anda lakukan? Mudah saja, yakni dengan melakukan pembelian rumah melalui sistem KPR. Pembelian rumah tidak boleh dilakukan sembarangan lho! Ada tips dan trik khusus yang harus Anda ketahui! Berikut ini adalah beberapa tips membeli rumah untuk pasangan muda yang dapat Anda lakukan, simak!

  1. Membuat rencana untuk membeli rumah

Untuk membeli sebuah rumah, pertama-tama Anda perlu membuat rencana untuk membeli rumah tersebut. Rencana ini tidak boleh hanya sekedar ucapan saja, namun harus benar-benar dipikirkan secara matang. Mulailah mencari tipe rumah yang sesuai dan atur rencana penabungan rumah supaya rencana ini cepat terealisasikan. Sebab membeli sebuah hunian membutuhkan komitmen dan tekad yang lebih pada masa kini.

  1. Ketahui harga pasaran rumah

Mengetahui harga pasaran rumah yang beredar pada saat ini merupakan salah satu tips membeli rumah untuk pasangan muda yang sangat penting. Anda dapat melakukan survey harga rumah KPR dan carilah referensi sebanyak mungkin. Sesekali Anda juga dapat berkunjung ke lokasi atau menanyakan langsung pada pihak marketing atau agen properti. Hal ini sangat dianjurkan supaya Anda mendapatkan gambaran nyata tentang berapa banyak jumlah uang yang Anda butuhkan. Pelajari juga sistem-sistem pembelian KPR untuk pembeli yang sudah berumah tangga. Dokumen apa saja yang dibutuhkan, biaya apa saja yang dikeluarkan dan sebagainya.

  1. Hindari keinginan hidup konsumtif

Memiliki gambaran akan rumah idaman sangat wajar dan umum dimiliki oleh setiap orang. Namun Anda juga harus realistis terhadap kondisi yang terjadi saat ini. Anda juga harus menghindari gaya hidup yang konsumtif. Mulai sekarang, cobalah untuk mempergunakan penghasilan bulanan untuk hal-hal penting dan mendesak saja. Jangan membeli barang-barang mewah yang sebenarnya tidak terlalu penting dan dibutuhkan.


  1. Tentukan rumah yang sesuai

Anda juga perlu menargetkan rumah seperti apa yang ingin Anda beli. Meskipun rumah KPR, terdapat beberapa aspek yang juga perlu menjadi pertimbangan Anda. Diantaranya apakah lokasi hunian terletak dengan sarana trasnportasi, pusat perbelanjaan, fasilitas ibadah, sarana pendidikan dan sebagainya. Hal ini sangat perlu diperhatikan dengan memperlancar aktivitas Anda setiap harinya. Jangan sampai Anda salah membeli rumah yang berakibat mobilitas Anda menjadi terhambat. Pilihlah dengan seksama dan jangan lupa, pastikan harga jualnya sesuai dengan dana yang Anda targetkan!

  1. Membeli rumah idaman

Apabila dana yang dibutuhkan sudah tersedia dan Anda sudah menemukan lokasi rumah yang diinginkan, jangan langsung membeli rumah. Sebelum Anda mencapai keputusan final, ada baiknya Anda melakukan pencarian tentang rumah lain yang dapat menjadi alternatif. Jika memang keputusan Anda sudah bulat pada salah satu rumah, maka jangan ditunda lagi! Anda dapat langsung menanyakan pada pihak developer atau marketing untuk mengatur proses pembelian. Apabila ditunda, tidak menutup kemungkinan nantinya harga jual rumah menjadi semakin mahal!  


  1. Siapkan dokumen KPR

Seiring dengan proses pembelian rumah, biasanya Anda perlu mempersiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat penyajuan KPR. Jangan lupa segera masukan permohonan pengajuan KPR pada beberapa bank sekaligus jika Anda ingin membeli melalui pihak bank. Dengan begitu, kemungkinan pengajuan KPR disetujui oleh pihak bank akan semakin besar. Sebagai tips, Anda dapat memilih pihak bak yang memberikan KPR dengan nilai plafond tertinggi, nilai bunga terendah serta masa kredit yang lama. Hal ini ditujukan supaya cicilan bulanan Anda nantinya jauh lebih ringan.

Demikianlah beberapa tips membeli rumah untuk pasangan muda yang baik dan benar yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Jual Beli