Sponsors Link

8 Tips Memilih Kamar Apartemen Untuk Hunian dan Investasi

Apartemen menjadi salah satu hunian yang paling banyak diminati di perkotaan. Hal ini berdasarkan kebutuhan para calon pemilik apartemen. Banyak penduduk di perkotaan yang tidak mau membuang banyak waktu untuk perjalanan ke tempat kerja dan kebutuhan akses lain. Karena itu tips membeli apartement untuk pemula memang paling banyak dicari.

ads

Namun apartemen memiliki sisi keuntungan yang sangat menarik. Dimana apartemen tidak hanya digunakan untuk hunian tapi juga untuk investasi. Saat harga sudah naik dan bisa mendapatkan keuntungan maka saat itu menjadi waktu yang tepat untuk menjual atau menyewakan apartemen. Karena itu memilih tipe dan letak apartemen tidak boleh sembarangan. Begitu juga untuk pemilih lantai dan kamar apartemen. Agar Anda tidak bingung maka ikuti tips memilih kamar apartemen untuk hunian dan investasi, seperti berikut ini.

  • Kamar di lantai atas

Jika Anda ingin mendapatkan pemandangan yang menarik dan lingkungan yang tenang maka Anda bisa memilih lantai atas. Selain nyaman maka ini bisa jadi keuntungan investasi apartemen. Keuntungan tinggal di lantai atas memang tidak hanya kenyamanan saja tapi juga ketenangan. Anda tidak perlu terganggu oleh aktifitas di luar gedung karena jarak yang sangat aman dari akses luar gedung. Selain itu cuaca di lantai atas juga lebih nyaman karena sinar matahari yang penuh. Tapi sebelum memilih bandingkan keuntungan dan kerugian ini.

Keuntungan:

Biasanya lebih aman dari pencurian dan tindakan kejahatan.

Biasanya lebih tenang dan tidak berisik.

Pemandangan yang jauh lebih indah dengan sinar matahari penuh.

Kenaikan harga apartemen yang lebih cepat.

Kekurangan:

Cukup sulit akses untuk memindahkan barang atau perabot dalam ukuran besar.

Biaya AC yang lebih besar.

Kerugian saat ada bencana seperti gempa bumi atau tanah longsor.

  • Kamar di lantai tengah

Lantai tengah menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat untuk apartemen. Anda bisa mencoba memilih lantai tengah dengan kondisi yang paling nyaman dari semua lantai. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan seperti akses pintu masuk dan keluar yang lebih longgar dan nyaman. Terutama jika memakai lift dimana kemungkinan pasti lantai akan sesuai dan bisa nyaman keluar masuk. Karena memang antri lift menjadi salah satu kelebihan dan kekurangan tinggal di apartemen. Selain itu pemandangan di lantai tengah biasanya juga cukup menarik meskipun tidak terlalu indah seperti di lantai paling atas.

Keuntungan:

Konsumsi listrik biasanya stabil dan tidak berlebihan.

Dibandingkan lantai bawah biasanya lebih tenang dan tidak terlalu berisik.

Tidak repot ketika harus naik atau turun ke lantai yang lain.

Kekurangan:

Terkadang suhu cukup dingin sehingga diperlukan pemanas ruangan.

Cukup kurang nyaman karena berada di pusat hunian seperti di kelilingi oleh tetangga.

  • Kamar di lantai bawah

Jika Anda tidak ingin terlalu repot ketika pulang ke apartemen maka Anda bisa memilih kamar di lantai bawah. Terlebih jika Anda tinggal bersama dengan anak dan orang tua yang sudah lanjut usia. Kamar di lantai bawah tidak perlu menggunakan lift atau harus mengantri lift. Sehingga pilihan lantai ini memang sangat nyaman untuk kebutuhan khusus. Selain itu biasanya harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal dibandingkan lantai atas. Dan meskipun lingkungan di bawah lebih ramai biasanya masih termasuk tenang untuk ukuran apartemen. Tentu saja ini memang perbedaan rumah susun dan apartemen.

Keuntungan:

Tidak harus menggunakan lift atau cukup naik lift dengan jarak dekat saja.

Tidak memiliki tetangga di lantai bawah sehingga cukup tenang.

Cuaca dan kelembapan biasanya lebih nyaman.

Mudah untuk keluar masuk apartemen.

Kerugian:

Biasanya cukup rentan dengan pencurian sehingga harus mempertimbangkan keamanan.

Biasanya akses suara dari luar gedung cukup tinggi.

Kurang nyaman jika ingin kondisi yang tenang.

Pertimbangan dari Ukuran Kamar

Selain melihat kondisi dan letak lantai di apartemen maka Anda juga harus melihat kondisi dan ukuran kamar di apartemen. Hal ini sangat penting untuk membuat apartemen sebagai tempat hunian atau investasi saja. Nah berikut ini pertimbangan jika Anda ingin memilih ukuran kamar apartemen.

  • Tipe studio

Sebenarnya ketika akan membeli apartemen maka memang caranya agak mirip dengan cara membeli rumah. Pertimbangan ukuran apartemen sama seperti pertimbangan ukuran rumah. Jika Anda akan tinggal sendiri maka tipe apartemen studio bisa menjadi pilihan yang tepat. ukuran tips ini biasanya sekitar 20 sampai 30 meter sesuai dengan jenis apartemen. Di dalam ruangan biasanya cukup untuk kamar mandi, kamar tidur, dapur dan sedikit ruang santai. Anda bisa mengatur interior sehingga lebih nyaman untuk tempat tinggal.

  • Tipe alcove studio

Jika Anda ingin memilili ukuran lantai kamar yang lebih luas maka Anda bisa memilih tipe alcove studio. Ciri khas lantai kamarnya memiliki bentuk L. Dengan bentuk ini maka Anda bisa merubah interior sesuai dengan keinginan. Misalnya untuk sudut yang paling tersembunyi digunakan sebagai ruang tidur dan ruang santai. Sementara bagian lain bisa digunakan untuk ruang terbuka, dapur dan tempat menerima tamu.

  • Tipe convertible studio

Langkah yang lain adalah dengan memilih lantai dengan tipe convertible studio. Ini memang masih dalam tipe studio tapi ukurannya lebih besar. Anda bisa membuat setiap kamar memiliki sekat sehingga jauh lebih nyaman. Anda bahkan bisa menerapkan konsep lantai vertikal sehingga berkesan lebih luas.

  • Kamar lantai convertible

Kemudian pilihan yang lain adalah dengan memilih tipe kamar convertible. Dengan pilihan lantai ini maka Anda benar-benar bisa memilili semua ruangan dengan dinding pemisah. Anda bisa menggunakan kamar sesuai dengan fungsinya. Selain itu Anda bisa memiliki akses ke beberapa ruangan dengan pintu yang terpisah. Jika dipertimbangkan lagi akses kamar memang sangat nyaman dan luas.

  • Kamar loft

Anda juga bisa memilih kamar dengan tipe loft. Dengan adanya tipe ini maka Anda bisa memiliki akses jendela dan ruanga menjadi lebh nyaman. Anda bisa memiliki ruangan yang terpisah dan bisa lebih luas. Selain itu biasanya tipe ini banyak disukai karena akses udara yang langsung dan lebih nyaman.

Itulah semua tips memilih kamar apartemen untuk hunian dan investasi. Jika Anda memilih beberapa tipe tersebut maka pertimbangkan dengan harga dan anggaran Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Jual Beli