Sponsors Link

11 Cara Meminimalisir Debu di Kamar Tidur Paling Efektif

Menjaga kebersihan rumah memang salah satu tugas utama untuk semua pemilik rumah. Rumah yang bersih akan membuat Anda menjadi lebih nyaman. Selain itu rumah yang bersih juga membuat kesehatan tubuh terjaga. Tentu ini sangat berbeda jika Anda tinggal di rumah yang kotor dan tidak rapi. Masalahnya sebagian orang menjaga kebersihan rumah hanya untuk bagian yang terlihat umum saja.

ads

Sementara untuk kamar tidur cenderung diremehkan. Namun seharusnya kebiasaan ini tidak terjadi, karena kamar tidur harus selalu bersih. Kamar tidur menjadi tempat yang seharusnya paling nyaman. Kamar tidur tidak harus digunakan untuk tidur saja tapi juga untuk membaca, bersantai dan lainnya. Karena itu sebaiknya Anda juga menjaga agar kamar tidur tidak memiliki banyak debu dan kotoran. Berikut ini adalah beberapa cara meminimalisir debu di kamar tidur paling efektif.

  • Gunakan spring bed

Kasur menjadi bagian yang sangat penting dalam kamar tidur. Jika Anda menggunakan jenis kasur kapas maka biasanya kamar akan menjadi banyak debu. Debu ini sangat berbahaya karena bisa masuk ke dalam paru-paru dan menyebabkan alergi yang tidak nyaman. Karena itu rubahlah dengan spring bed yang lebih nyaman. Tutup spring bed dengan seprai agar terlihat lebih rapi. Bersihkan spring bed setiap hari meskipun itu dengan alat yang sederhana. Dan terapkan desain kamar tidur minimalis dengan model spring bed yang sesuai ukuran.

  • Hindari perabot kayu dan ukiran

Jika Anda menerapkan konsep kamar tidur yang klasik maka hindari menggunakan perabot kayu yang penuh dengan ukiran. Hal ini karena perabot seperti ini biasanya akan banyak debu yang menempel. Jika Anda tidak rajin membersihkan maka debu akan terus menumpuk. Karena itu pilihlah perabot yang lebih sederhana dan membuat ruangan tidak penuh dengan perabot. Termasuk juga pertimbangan dengan desain kamar tidur utama 

  • Hilangkan kebiasaan menyimpan benda di kamar tidur

Banyak orang memiliki kebiasaan buruk seperti menyimpan berbagai jenis benda di kamar tidur. Mereka memasukkan benda-benda ini di kolong tempat tidur, di atas meja dan bahkan menumpuk di lantai. Kebiasaan ini selain tidak bersih juga membuat kamar tidur menjadi sangat kotor. Bahkan bisa mengundang semut sehingga harus melakukan cara membasmi semut. Untuk itu buang semua benda yang tidak diperlukan dan bersihkan kamar tidur.

  • Tidak meletakkan sofa

Biasanya orang yang memiliki kamar tidur luas dan mewah akan menggunakan sofa di dekat tempat tidur. Tentu saja ini memang membuat kesan kamar tidur menjadi mewah dan nyaman. Tapi sofa bisa mengundang banyak debu dan kotoran. Sofa harus dibersihkan rutin setiap hari baik itu dengan alat penyedot debu atau dengan alat seadanya saja. Atau jika Anda tidak mau banyak debu maka sebaiknya jangan meletakkan sofa di kamar tidur. Gantikan dengan perabot lain yang lebih sederhana dengan mengikuti panduan cara mendesain kamar

  • Bersihkan setiap hari

Kamar tidur harus selalu bersih dan nyaman. Ini sangat penting untuk membuat Anda merasa kamar tidur sebagai tempat istirahat yang paling nyaman. Caranya adalah dengan membersihkan kamar tidur setiap hari. Anda harus menyapu lantainya, mengelap perabot yang berdebu, membersihkan tempat tidur, dan mengepel lantai. Dengan begitu kamar tidur Anda menjadi sangat bersih dan aman dari debu.

  • Buka jendela dan ventilasi

Lalu Anda juga harus mencoba untuk membuka jendela dan ventilasi setiap hari. Hal ini sangat penting untuk membuat aliran udara dalam kamar tidur menjadi lebih lancar. Jendela harus dibuka terutama saat pagi hari. Kemudian biarkan udara masuk sehingga terjadi pergantian udara yang baik. Bersihkan semua bagian ventilasi sehingga tidak ada debu disana. Langkah ini termasuk dalam cara menjaga kebersihan halaman rumah.

  • Gunakan AC

Anda juga bisa memasang AC untuk menjaga kualitas udara di kamar tidur. AC akan membuat udara tidak terlalu panas dan kamar menjadi lebih nyaman. Bahkan ada beberapa jenis AC yang memang bekerja untuk menyerap debu dan mengatasi masalah kelembapan yang buruk. Namun Anda harus menjaga kebersihan AC juga dengan cara melakukan service rutin setiap tiga bulan sekali.


  • Tidak banyak perabot di kamar

Jika Anda ingin membuat kamar tidur sangat nyaman dan bersih maka cobalah untuk membuat kamar tidak penuh dengan perabot. Anda bisa mencoba menggunakan perabot yang sederhana dan penting saja seperti tempat tidur, meja kecil, meja lampu, lemari baju dan perabot penting lain saja. Dengan konsep ini maka tempat tidur terlihat minimalis tapi rapi. Semakin sedikit barang maka Anda bisa membersihkan kamar tidur dengan mudah dan akhirnya tidak malas lagi.

  • Ganti seprai dengan rutin

Kebersihan tempat tidur juga menjadi hal yang sangat penting. Salah satu caranya adalah dengan mengganti seprai dengan rutin agar tidak banyak debu yang bersarang. Mengganti seprai dengan rutin juga akan mengurangi infeksi kuman, jamur, dan bakteri pada kulit Anda. Akhirnya selain bisa mengurangi debu juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  • Jangan menyimpan pakaian kotor di kamar tidur

Langkah lain agar kamar bersih dari debu adalah menghindari meletakkan atau menumpuk pakaian kotor di kamar tidur. Kebiasaan ini biasanya banyak dilakukan oleh remaja atau laki-laki. Kebiasaan ini sangat buruk karena bisa membuat banyak debu di kamar sehingga kamar menjadi sangat tidak nyaman. Selain itu juga akan mengundang cicak dan semut masuk kamar.

  • Jangan menggantung baju kotor

Memang biasanya beberapa orang meletakkan gantungan baju di kamar. Namun kebiasaan ini ternyata cukup buruk karena ada banyak orang yang menggantungkan baju kotor. Efeknya sama saja karena akan membuat kamar banyak debu dan tidak rapi. Selain itu biasanya nyamuk akan masuk ke dalam kamar. Jadi bersihkan kamar dari baju kotor Anda.

Begitulah semua cara meminimalisir debu di kamar tidur paling efektif. Dengan kebiasaan yang baik ini maka kamar menjadi sangat bersih dan rapi. Bahkan penghuni kamar pasti akan sangat sehat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan