Sponsors Link

Desain Kamar Tidur Utama Minimalis

Desain kamar tidur yang nyaman cukup penting untuk menambah kualitas tidur Anda dan keluarga. Sehingga di pagi hari Anda bisa bangun dengan perasaan segar dan bahagia. Suasana pagi yang menyenangkan berpengaruh pada kualitas pekerjaan di kantor. Begitu juga dengan putra-putri Anda. Kualitas tidur yang maksimal bisa memperbaiki daya ingat dan meningkatkan prestasi di sekolah. Mendesain kamar tidur yang nyaman sama pentingnya demi meningkatkan  kriteria rumah sehat untuk keluarga tercinta. (Baca juga: Kriteria Rumah Sehat)

Sama seperti proses mendesain dan menata ruang tamu, mendesain kamar tidur dalam rumah Anda diperlukan perencanaan matang dalam hal tata letak, tema kamar tidur, interior, dan penataan perabot. Berikut ini kami ulas cara mendesain kamar tidur yang nyaman untuk Anda.

Kamar Tidur Utama

Mendesain kamar tidur utama tentunya perlu pertimbangan dan persetujuan dengan pasangan. Jangan sampai salah satu penghuni kamar tidur tidak nyaman dengan pemilihan warna, perabot yang tidak cocok, atau pencahayaan yang kurang bagus. Berikut adalah beberapa desain kamar tidur utama :

1. Kamar Tidur Utama yang Mewah

kamar tidur mewahkamar tidur mewah 1

2. Kamar Tidur Utama yang Unik

Kamar Tidur Utama yang Unik

3. Kamar Tidur Utama dengan Warna Cerah

Kamar Tidur Utama dengan Warna Cerah

Kamar Tidur Utama dengan Warna CerahKamar Tidur Utama dengan Warna Cerah

Kamar Tidur Utama dengan Warna CerahKamar Tidur Utama dengan Warna Cerah

Kamar Tidur Utama dengan Warna CerahKamar Tidur Utama dengan Warna Cerah

4. Kamar Tidur Utama dengan Tema Alam

Kamar Tidur Utama dengan Tema AlamKamar Tidur Utama dengan Tema Alam

Kamar Tidur Utama dengan Tema Alam

Kamar Tidur Utama dengan Tema AlamKamar Tidur Utama dengan Tema Alam

5. Kamar Tidur Utama sesuai Tata letak dan ukuran

Kamar Tidur Utama sesuai Tata letak dan ukuranKamar Tidur Utama sesuai Tata letak dan ukuran

Kamar Tidur Utama sesuai Tata letak dan ukuranKamar Tidur Utama sesuai Tata letak dan ukuran

model-kamar-tidur-minimalis9Kamar tidur utama biasanya terletak di bagian depan, berbatasan dengan ruang tamu. Namun pertimbangkan akses pintu masuk kamar tidur utama dari ruang keluarga. Sebab Anda juga memerlukan privasi menata diri saat ada tamu datang. Ukuran kamar tidur utama tentunya lebih besar dari kamar lain. Agar lebih lega untuk tempat dua orang sekaligus perabot penyimpanan berdua.

Untuk kamar utama dalam rumah minimalis agar tidak terkesan sempit, pasang jendela yang lebar untuk pencahayaan siang yang cukup dan sirkulasi udara segar. Meskipun kamar minimalis meski kecil tidak akan terkesan sumpek. (baca : Fungsi Ventilasi Rumah)

Kamar mandi dalam kamar tidur utama sangat disarankan. Satu kamar mandi di luar ruangan tidak mencukupi kebutuhan bila dalam keluarga terdapat empat anggota keluarga. Belum lagi bila ada tamu yang menginap. Selain itu, kamar mandi dalam menjaga privasi Anda. Ada banyak pilihan desain kamar mandi dalam meski kecil namun tidak terkesan sempit.

  • Memilih cat dan wallpaper

Pemanis dalam kamar tidur tentulah pemilihan  warna cat atau wallpaper.  Ada beberapa warna yang cocok untuk kamar tidur. Putih, krem, kuning mewakili warna terang dan cukup netral. Bila Anda dan pasangan memiliki pilihan warna favorit lain bisa saling diskusi. Anda bisa mengecat sendiri dinding rumah Anda sesuai warna favorit berdua.

Bila Anda tertarik memasang wallpaper di seluruh dinding kamar tidur, pilihkan motif yang lembut dan netral. Sesuaikan nuansa yang ingin Anda hadirkan dalam kamar tidur Anda. Sesuaikan dengan model dan warna gorden Anda. Memasang grill jendela juga perlu Anda pertimbangkan untuk keamanan kamar dari pencuri. 

  • Memilih perabot

Tempat tidur, lemari, meja rias adalah perabot utama dalam kamar tidur. Rapatkan salah satu sisi tempat tidur di dinding berdekatan dengan jendela agar ruangan lebih luas. Lemari dan meja rias tempatkan berseberangan dengan tempat tidur. Jangan lupa memilih jenis pintu rumah yang cocok juga untuk kamar tidur utama.

Desain Kamar Tidur Anak

Mendesain kamar tidur anak tidak jauh berbeda dengan mendesain kamar utama. Namun tidak terlalu rumit karena ukurannya tidak terlalu luas dan selera anak belum terlalu banyak.  Anda bisa juga mengajak anak-anak berdiskusi tentang kesukaan mereka. Bila anak ikut dilibatkan, mereka tentu akan merasa memiliki dan rajin menjaga kamar mereka sendiri agar tetap rapi.

  • Tata letak dan ukuran

desain-kamar-tidur-minimalis-anak-laki-laki-16Bila memiliki sepasang anak putra dan putri, tentu Anda perlu membuat dua kamar tidur. Anak laki-laki dan perempuan tentu memiliki selera ruangan yang berbeda. Namun soal ukuran ruangan bisa anda sesuaikan dengan luas rumah Anda.

Posisi dua kamar tidur anak bisa diletakkan berdekatan dengan kamar mandi diantaranya.  Fungsi kamar mandi ini sebagai kamar mandi luar. Sekaligus untuk kamar mandi bagi tamu yang menumpang.

Jangan lupakan sirkulasi udara yang rata dengan ukuran jendela yang sesuai. Bila salah satu kamar menghadap depan dengan jendela yang memadai sebagai fungsi ventilasi rumah, kamar di sisi lain tambahkan jendela yang menghadap ruang terbuka di belakang.  Sehingga kamar tetap sehat dan nyaman dengan mendapat udara dan pencahayaan alami matahari.

  • Memilih cat dan wallpaper

Untuk kamar anak laki-laki pilihan warna-warna cerah seperti biru, hijau, atau kombinasi hitam-putih cukup menarik. Hal ini bisa membangun suasana tetap ceria dan semangat saat belajar dalam ruangan. Agar tampak lebih hidup, Anda bisa menambahkan wallpaper di satu sisi dinding.

Untuk kamar anak perempuan, pilihan warna-warna cerah seperti merah muda atau ungu muda, kuning juga bagus. Menambahkan wallpaper dengan tema bunga atau karakter princess kesukaan anak bisa menjadi pertimbangan. Diskusikan dengan putri Anda.

  • Memilih perabot

Perabot untuk kamar anak yang utama adalah kamar tidur, almari dan meja belajar. Pilihkan ukuran yang sesuai dengan luas kamar tidur anak. Pilihkan kamar tidur kecil atau medium untuk tempat beristirahat anak anda agar nyaman.  Terutama bila ada teman dan sahabat anak datang menginap.  Desain Pintu Geser bisa menjadi pemanis kamar tidur anak.

Diskusikan pilihan almari dan meja belajar yang sesuai dengan selera anak. Misalkan dalam memilih warna atau gambar yang sesuai dengan selera mereka.

Bila Anda memiliki dua anak laki-laki atau dua anak perempuan. Maka hal itu bisa lebih menghemat tempat di rumah Anda. Yang pertama fungsi kamar tidur anak bisa dijadikan satu. Anda juga bisa memilihkan tidur susun untuk menghemat tempat yang ada. Ada beragam ranjang susun yang bisa Anda pilihkan.

  1. Tempat tidur susun yang bisa dimasukkan. Tempat tidur semacam ini biasa diaplikasikan dalam keluarga kecil. Karena memang menghemat tempat dan manis bentuknya. salah satu kasur tinggal dimasukkan dalam kolong bila sudah tidak dipakai. Kelemahan kasur susun jenis ini ada pada gelindingan rodanya. Bila sudah lama dipakai, gelindingan mengeluarkan bunyi decit. Jadi gelindingan kasur bagian bawah harus sering-sering diberi pelumas.
  2. Tempat tidur tingkat. Anak-anak biasanya menyukai tempat tidur tingkat semacam ini. karena sifat anak pada umumnya suka naik turun tangga sebagai aktifitas sekaligus bermain. Tempat tidur tingkat dengan tangga semacam ini bisa menjadi solusi lain kamar tidur kecil untuk menghemat tempat yang ada. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah daya kekuatan kasur tingkat semacam ini. Anda juga harus memperhatikan masa laku kasur ini. Sebab semakin tua kasur tingkat ini dipakai, daya kekuatannya berkurang.
  3. Tempat tidur tingkat bertema unik dan kreatif. Tempat tidur tingkat yang bertema unik dan kreatif hadir untuk anak-anak Anda dengan beragam model. Anda bisa melihat desain dan modelnya di toko langganan Anda. Namun tentu saja harga untuk tempat tidur semacam ini lebih mahal dari tempat tidur tingkat yang sederhana.
, , , , ,



Oleh :
Kategori : Desain