Sponsors Link

9 Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir Sampai Benar-Benar Bersih

Ketika musim banjir datang, tentunya akan membawa malapetaka pada barang, struktur rumah dan berbagai barang pribadi termasuk juga kesehatan penghuni rumah. Ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan sesudah banjir untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada rumah beserta dengan isinya. Sebagai tambahan informasi, berikut akan kami berikan beberapa tips membersihkan rumah pasca banjir yang bisa anda lakukan.

1. Matikan Sumber Air dan Listrik

Tips membersihkan rumah pasca banjir yang pertama adalah mematikan sumber listrik dan juga air. Peralatan mesin dan listrik yang mungkin kebanjiran menimbulkan risiko sengatan listrik atau penyebab listrik konslet kebakaran ketika dinyalakan.

Jangan pakai peralatan listrik atau mesin lain hingga komponen listrik sudah dibersihkan, dikeringkan dan juga diperiksa oleh teknisi listrik. Sampai nantinya bantuan datang, sebaiknya segera matikan sumber air, gas dan juga listrik. Jika memang saklar daya utama tidak sempat dimatikan sebelum banjir, maka jangan masuk ke dalam rumah hingga teknisi listrik datang dan memastikan rumah anda aman untuk dimasuki.

2. Kuras Genangan Air

Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah menguras genangan air secara perlahan dan bertahap. Jika permukaan tanah masih jenuh dan air dikuras terlalu cepat, maka dinding dan lantai rumah anda bisa roboh serta menjadi penyebab dinding rumah retak struktur. Buka lebar lebar pintu dan jendela rumah agar udara segar dan kering bisa masuk menggantikan udara lembab agar bisa lebih cepat kering supaya proses bersih bersih jadi lebih mudah.

Anda juga bisa memanfaatkan kipas angin atau pemanas ruangan untuk mempercepat proses pengeringan udara. Semprot juga setiap kotoran yang menempel pada dinding dan furnitur kayu keras dengan air panas serta detergen desinfektan kemudian bilas beberapa kali dan keringkan dengan baik. Mulai dari membersihkan dinding bagian bawah atau tempat kerusakan paling buruk terjadi. Pantau juga selama beberapa hari pertumbuhan jamur dan bau. Anda juga bisa menyingkirkan jamur dengan cara menggosok permukaan dengan alkohol.

3. Bersihkan Berbagai Peralatan

Untuk membersihkan dan mendisinfeksi peralatan, anda bisa mencampurkan ½ gelas pemutih dengan 1 galon air bersih dalam ember. Karena sejumlah besar patogen berbahaya yang ada pada genangan banjir, maka sebaiknya jangan gunakan cuka, soda kue atau minyak esensial.

Untuk membersihkan lemari es dan freezer dan cara menghilangkan bau di kulkas, maka cabut unit lalu kosongkan dan buang isinya. Buat daftar barang yang dibuang agar bisa anda beli kembali nanti atau untuk klaim asuransi anda. Pakai kertas tisu untuk mengeringkan kemudian bersihkan dengan disinfektan dan jangan dibilas. Sanggah untuk membuka pintu dan biarkan hingga kering.

4. Bersihkan Furniture

Sesudah peralatan anda kembali berfungsi, maka lanjutkan dengan membersihkan furnitur anda. Jika anda memang belum melakukannya, maka buka semua jendela di rumah anda agar udara bisa bersirkulasi dan membantu mengeringkan barang barang anda.

  • Kasur: Kasur tidak bisa mengering dengan cepat sesudah banjir dan menjadi penyebab kutu kasur berkembang biak. Untuk itu, pindahkan kasur ke trotoar agar bisa kering dengan cepat.
  • Sofa dan perabotan berlapis kain: Seperti kasur, barang barang ini umumnya tidak bisa diselamatkan sesudah banjir.
  • Mebel kayu: Tempatkan potongan aluminium foil di bawah kaki atau bagian bawah furniture kayu supaya tidak menyerap air tambahan. Pindahkan laci ke lokasi yang kering dan sisihkan isinya untuk dibersihkan secara terpisah.

5. Bersihkan Langit Langit dan Dinding

Untuk membersihkan langit langit dan dinding, pakai tisu basah untuk mengangkat lumpur dan kotoran lainnya. Bersihkan langit langit dan dinding setiap kamar dengan memakai kain pel dan disinfektan. Ganti ember larutan desinfektan sesudah mulai terlihat berlumpur. Namun jika cat dinding sudah tidak baik, maka anda bisa memakai cara memperbaiki tembok yang mengelupas. Biarkan pembersih disinfektan tetap menyentuh permukaan setidaknya selama 5 menit kemudian keringkan dengan kertas handuk. Biarkan jendela tetap terbuka dan jika memungkinkan nyalakan kipas untuk mengalirkan udara dan mempercepat pengeringan.

6. Bersihkan Lantai

Untuk lantai linoleum dan ubin yang tidak terputus masih bisa diselamatkan. Pakai tisu untuk membersihkan kotoran dan juga lumpur serta juga bisa menggunakan salah satu dari cara membersihkan lantai keramik putih. Pel lantai dengan pembersih lantai disinfektan dan tunggu selama 5 menit lalu keringkan dengan handuk kertas bersih. Jika linoleum robek atau ubin retak, maka kemungkinan lantai juga akan rusak.

Untuk lantai papan vinil dan laminasi, permukaan ini tidka tahan air sehingga harus diganti dan anda juga masih harus membersihkannya dengan pembersih desinfektan. Untuk lantai kayu biasanya bisa tahan dari air ketika banjir. Singkirkan kotoran dengan handuk kertas basah dan lap memakai pembersih disinfektan. Tunggu selama 5 menit sesudah dibersihkan lalu keringkan dengan handuk kertas dan anda bisa menyalakan kipas angin di kamar untuk membantu mengalirkan udara.

7. Bersihkan Dapur dan Kamar Mandi

Buang semua makanan dan juga peralatan mandi yang tidak dikemas dalam wadah kedap udara. Bersihkan seluruhnya termasuk wadah makanan dengan pembersih desinfektan dan biarkan wadah tersebut mengering dengan sendirinya. Jangan lupa untuk menerapkan cara membersihkan lantai kamar mandi yang membandel.

Bersihkan juga permukaan lainnya seperti jendela dengan terlebih dahulu dibersihkan dengan tisu basah. Pastikan untuk mencari area kotoran tersembunyi seperti di bawah keset kamar mandi, di bawah tepi meja dan ventilasi lantai. Ulangi pembersihan dengan pembersih desinfektan agar memungkinkan permukaan yang keras supaya kering memakai kertas bersih untuk membersihkan permukaan yang keropos.

8. Bersihkan Karpet

Untuk cara membersihkan karpet, yang terbaik untuk dilakukan adalah melepas karpet dan dibawa untuk dibersihkan ke tempat pembersih karpet. Jika hanya sebagian karpet yang basah, maka anda bisa memakai penyedot basah kering untuk menghilangkan air sebanyak mungkin.

Sesudah itu, hubungi pembersih profesional atau bersihkan karpet dan bilas dengan pembersih ekstraksi yang juga disebut dengan pembersih uap dan pakai kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.

Tergantung dari tingkat kerusakan, mungkin anda juga perlu menarik karpet untuk mengeringkan bantalan dan lantai secara menyeluruh. Anda juga harus mengganti bantalan karpet jika ingin mencegah jamur dan sesudah dibersihkan dan dikeringkan, maka semprot dengan desinfektan untuk membunuh kuman.

9. Bersihkan Pakaian

Untuk kain yang bisa dicuci, atasi noda dengan semprotan prewash dan cuci dalam air dingin dengan deterjen bubuk yang berbeda dengan cara menghilangkan noda minyak yang sudah lama. Deterjen bubuk akan bekerja dengan baik untuk menghilangkan tanah liat dan kotoran yang mungkin mengandung air banjir dan air dingin berfungsi untuk menjaga noda dari pengaturan. Sesudah itu, cuci ulang kembali dengan air panas dengan deterjen bubuk dan klorin atau pemutih kain. Keringkan semua pakaian hingga anda yakin noda sudah hilang.

Demikian beberapa tips membersihkan rumah pasca banjir sederhana yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan sebagian barang barang yang memang masih berfungsi dengan baik. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan