Sponsors Link

8 Desain Kamar Tidur Minimalis Anak dan Dewasa

Tidur merupakan salah satu kegiatan yang lumayan berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Kurang tidur/insomnia dimalam hari merupakan salah satu hal yang membuat badan cepat lelah. Beragam penyebab seseorang mengalami insomnia. Jika ditinjau dari segi keberadaan letak rumah, jika rumah anda berada di dekat gardu listrik, insomnia juga dapat merupakan salah satu tanda bahaya rumah dekat gardu listrik. Selain itu, jika rumah anda berada di jalur tusuk sate, insomnia juga merupakan salah satu tanda bahaya rumah tusuk sate.

ads

Jika memang rumah anda berada di jalur tusuk sate ataupun dekat gardu listrik dan anda cukup merasa nyaman dengan lokasi rumah anda. Maka cara lain yang dapat anda tempuh untuk mengatasi insomnia adalah dengan mendesain kamar tidur anda sehingga anda merasa lebih nyaman berada di kamar tidur dan keinginan untuk tidur pun secepatnya segera menggantikan insomnia. Berikut beberapa desain kamar tidur minimalis yang patut anda simak :

1. Memasang wallpaper

Kamar tidur yang dipercantik wallpaper

Kamar tidur yang dipercantik wallpaper

Fungsi wallpaper rumah yang paling utama adalah mempercantik dinding rumah. Kamar tidur anda juga dapat anda percantik dengan memilih wallpaper yang cantik. Pilih wallpaper dengan warna favorit anda, dengan motif yang simple dan dapat memberi kesan lembut dingin. Hal tersebut bertujuan agar anda merasa nyaman di kamar tidur sehingga tidurpun menjadi nyenyak.

Jangan memilih wallpaper dengan corak yang rumit karena hanya akan menambah pikiran anda untuk mencoba mengerti kerumitan wallpaper tersebut. Selain itu, corak yang simple tanpa kerumitan akan memberi kesan longgar pada kamar minimalis anda. Untuk panduan anda dalam memilih wallpaper yang tepat, ada beberapa Tips Memilih Wallpaper Untuk Kamar Tidur

Terdapat pula Tips Memilih Wallpaper Dinding yang bahannya bisa menyala di kegelapan. Wallpaper jenis tersebut sangatlah cocok untuk dipasang di kamar tidur anda. Pilih pula bahan yang mudah dibersihkan serta tahan air agar wallpaper anda awet. Dengan memilih wallpaper yang tahan air, maka dinding tembok anda akan terhindar dari lembab dan jamur

Baca Juga:

2. Mengecat dengan warna soft

cat dinding kamar tidur dengan warna soft

cat dinding kamar tidur dengan warna soft

Jika budget anda minim untuk memasang wallpaper di keseluruhan dinding kamar tidur, maka anda dapat mengaplikasikan wallpaper hanya pada sebagian dinding kamar tidur anda. Anda dapat memasang wallpaper pada bagian belakang kepala tempat tidur dan mengaplikasikan cat pada dinding bagian yang lainnya. Gunakanlah Cat Tembok Anti Lembab dan Jamur.

Pilih warna dinding yang soft, dapat berupa warna biru atau hijau. Anda juga bisa memilih warna coklat atau campuran warna coklat dan gold untuk memberikan nuansa hangat di kamar tidur anda.

Jika anda bingung memilih cat warna untuk kamar tidur anda, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu Tips Memilih Cat Yang Bagus Untuk Kamar Tidur. Tips ini akan memberikan anda panduan dan kemudahan untuk memilih cat warna yang tepat yang anda inginkan.

Jika kamar tidur akan digunakan untuk anak perempuan, anda dapat memilih warna pink soft atau ungu yang soft. Untuk anak laki-laki gunakan warna biru soft. Meskipun begitu, tidak semua anak perempuan menyukai warna pink adan anak laki-laki menyukai warna biru. Sebelum melakukan renovasi ataupun hanya sekedar mengecat ulang, tanyakan bagaimana kesukaan anak sehingga anak juga akan semakin nyaman berada di kamarnya.

Biasanya, mengecat dinding rumah bisa kita lakukan sendiri, tetapi jika anda tidak mengetahui Cara Mengecat Dinding dengan benar, anda bisa menyewa tukang cat yang sudah berpengalaman. Dengan bantuan tukang cat hasil yang didapat akan lebih sempurna dan rapi tentunya.

Patut anda baca juga :

Sponsors Link

3. Penempatan kasur/bilik kasur yang menempel pada dinding

Kasur yang menempel di dinding

Kasur yang menempel di dinding

Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit dan Kecil adalah dengan menempatkan kasur yang menempel pada dinding akan memberikan ruang yang longgar. Selain itu, dengan menempatkan kasur menempel pada dinding, anda dapat menempatkan furnitur lain seperti penempatan meja kerja dan kursi atau dapat pula meja rias dan kursi diseberang ruangan.

Untuk bilik kasur yang terbuat dari kayu, beri sedikit celah antara bilik kayu dan dinding kamar tidur. Celah kecil ini difungsikan untuk mencegah dinding lembab dan berjamur.

Dengan celah antara dinding dan kasur terdapat celah untuk kayu bernapas sehingga udara tidak terkumpul dan kelembapan tidak ada sehingga tembok pun tidak akan berjamur dan kamar tidur anda akan senantiasa sehat dan nyaman.(Baca : Cara Menata Kamar Tidur )

4. Menggunakan kasur bertingkat atau kasur lipat

kasur bertingkatGunakan kasur bertingkat jika anda memiliki anak yang lebih dari satu akan tetapi ukuran rumah anada tidak terlalu luas. Dengan menggunakan kasur bertingkat maka ruangan akan menghemat ruangan sehingga kesan minimalis dan longgar juga didapatkan.

Alternatif lain dari penghematan tempat, untuk mendapatkan kesan longgar di ruangan sempit adalah dengan cara menggunakan kasur lipat.

Ketika kasur tidak sedang dipakai, kasur dapat dilipat dan ditempatkan di pojok ruangan atau bisa juga disimpan di lemari. Dengan demikian ruangan jika tidak sedang digunakan untuk tidur dapat menjadi lebih longgar.(Baca : Tips Memilih Kasur)

 

5. Memberi tirai pada jendela dan grill

jendela bertiraiJendela yang dapat digunakan untuk memperoleh fungsi ventilasi  rumah, sering kali juga terdapat di kamar tidur. Percantik jendela kamar tidur anda dengan memberi tirai yang cantik.

Anda dapat memberi tirai bukaan atas ataupun tirai yang dapat disibakkan ke kiri dan ke kanan. Motif tirai pun tersedia beragam pilihan yang dapat memenuhi selera anda.

Terdapat beragam jenis-jenis grill/jeruji yang dapat anda pilih untuk mempercantik tampilan jendela kamar tidur. Selain mempercantik jendela, pemasangan grill juga merupakan salah satu cara mencegah rumah kemalingan.

Bukankah sangat umum bahwa orang-orang seringkali menyimpan barang-barang berharga seperti berbagai dokumen penting, sertifikat, perhiasan di kamar tidur. Dengan pemasangan grill tampilan jendela semakin cantik dan rumah menjadi semakin aman.

Jenis-jenis jendela dan cara membuatnya :

6. Memanfaatkan kolom kasur sebagai laci

laci di kolom kasurUntuk mendapatkan tampilan bersih nan minimalis, kolom kasur yang ada di kamar tidur dapat anda manfaatkan dengan mengubahnya/menggunakannya sebagai laci.

Dengan memanfaatkan kolom kasur sebagai laci, maka anda akan menghemat tempat, tidak lagi memerlukan lemari (jika pun tetap memerlukan lemari, ukurannya lemari bisa kecil), ruangan menjadi rapi, suasana sumpek penuh hilang dan kesan longgar pun anda dapatkan.

Laci tersebut dapat anda manfaatkan untuk menyimpan pakaian, buku-buku, mainan. perlengkapan aksesoris seperti sepatu dan sendal juga dapat anda simpan di laci bawah tempat tidur tentunya dengan membuat laci yang ukurannya lumayan besar sehingga sandal dan sepatu dapat masuk.

Sponsors Link

7. Menyesuaikan tema

kamar tidur bertema

Untuk Dekorasi Kamar yang unik dan inspiratif gunakan seprai, sarung bantal, sarung guling, selimut, bed cover sesuai tema kamar anda. Misalkan saja anda mengecat warna kamar anda dengan warna ungu, maka akan lebih terlihat cantik jika anda memilih warna seprai, sarung bantal guling, selimut dan bed cover yang warnanya senada dengan warna ungu. Warna yang dapat anda pilih berupa ungu, putih, warna kayu.

Meskipun demikian, untuk Desain Interior anda bisa menggunakan juga warna netral yang dapat menjadi pilihan anda karena warna netral cocok dengan warna apa saja. Warna netral tersebut seperti warna putih dan warna coklat kayu.

Dengan menggunakan warna pada seprai, sarung bantal guling, selimut, bad cover yang sesuai dengan tema maka ruangan akan terlihat semakin rapi dan menghasilkan kesan longgar pada kamar tidur anda.

8. Menggunakan pintu geser

pintu-geser-untuk-kamar-tidur

Pintu geser dapat anda jadikan salah satu cara penghematan tempat untuk kamar tidur minimalis.

Dengan adanya pintu geser, maka buka tutup pintu kamar tidur tak lagi memerlukan ruang yang cukup luas sebagai tempat pintu membuka dan menutup.

Selain itu, dengan menggunakan pintu geser, anda akan lebih menghemat dana. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahan dalam membangun rumah yang diperlukan untuk membuat pintu geser lebih ringan serta lebih murah dibandingkan dengan pintu tebal.

Artikel Terkait :


Artikel Lainnya


*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 09th, August 2016 / 06:42 Oleh :
Kategori : Minimalis