Sponsors Link

5 Cara Menghilangkan Bau Kotoran Kucing di Kasur Terampuh

Memiliki hewan kesayangan di rumah memang sangat menyenangkan. Tapi ketika Anda memelihara hewan kesayangan maka memang ada konsekuensinya. Masalah yang tidak kalah penting adalah kotoran hewan yang terkadang tidak dibuang pada tempatnya. Maklum saja namanya juga hewan jadi terkadang mereka bertindak sembarangan dan terkadang juga menyenangkan. Hewan yang sangat umum dipelihara baik itu di berbagai jenis-jenis rumah tinggal adalah kucing. Kucing hewan yang lucu dan menggemaskan.

ads

Namun masalah yang sangat rumit dari kucing adalah kotoran kucing. Kotoran kucing sangat berbau dan baunya juga sulit dihilangkan. Sementara kucing menyukai tempat-tempat nyaman seperti kasur atau sofa. Tentu saja Anda tidak bisa melarang karena itu hewan kesayangan Anda. Tapi masalah jadi lebih berat lagi kalau kucing buang kotoran di atas kasur. Jangan panik! Ikuti saja tips tentang cara menghilangkan bau kotoran kucing di kasur paling ampuh, seperti dibawah ini.

1. Lawan dengan kopi bubuk

Apakah Anda pernah mendengar bahwa kopi bisa menjadi aroma khusus untuk melawan bau yang menyengat? Termasuk juga seperti bau kotoran kucing yang sangat busuk dan terkenal sulit untuk dilawan. Jadi Anda bisa menggunakan kopi untuk mengatasi masalah ini. Caranya adalah:

  • Pertama adalah mengambil kotoran kucing dengan alat serokan khusus. Jangan sampai pecah atau lengket di kasur jadi lakukan dengan hati-hati.
  • Kemudian taburkan kopi bubuk yang baru saja dibuka sehingga aroma kopinya masih kuat.
  • Biarkan selama kurang lebih 60 menit.
  • Kemudian bersihkan kopi bubuk lalu cuci dengan spon lembut yang diberi karbol wangi.
  • Keringkan dengan hairdryer atau juga bisa dijemur.
  • Biarkan kasur terkena panas matahari atau udara sampai kering lagi sehingga bau kotoran kucing benar-benar hilang.

2. Bersihkan dengan baking soda dan cuka

Meskipun kucing bukan termasuk hewan pembawa keberuntungan di rumah tapi kucing menjadi hewan yang sangat disayangi manusia. Hanya saja memang memelihara kucing membutuhkan kebersihan rumah yang lebih ekstra. Kotoran kucing sebenarnya tidak hanya menyebabkan bau saja tapi juga penyakit seperti risiko penyakit toxoplasma yang berbahaya untuk manusia. Lalu jika kucing sudah terlanjur buang kotoran di kasur, maka jangan marah, bersihkan saja dengan baking soda dan cuka. Seperti ini caranya:

  • Angkat kotoran kucing dengan tisu atau penyerok khusus sehingga kotoran kucing benar-benar hilang dan tidak ada yang lengket ke kasur.
  • Gunakan tisu atau spons basah untuk membersihkan bekas kotoran kucing tadi. Caranya tekan-tekan dengan lembut dan angkat dengan cairan di tisu atau spons tersebut. Ganti spons atau tisu secara bergantian agar bersih.
  • Keringkan bagian yang terkena kotoran kucing dengan vacuum cleaner.
  • Campurkan dalam wadah antara cuka dan baking soda. Perbandingannya sama saja. Lalu ambil spons dan bersihkan dengan menyerap bagian yang terkena kotoran kucing tadi.
  • Keringkan kasur dengan menjemur dibawah sinar matahari atau biarkan kasur terkena udara terbuka selama beberapa jam. Dan akhirnya bau kotoran kucing akan hilang sendiri.

3. Bersihkan dengan sabun cuci piring dan hidrogen peroksida

Memelihara kucing di rumah minimalis sederhana sudah pasti akan sangat menyenangkan. Kucing bisa dirawat secara indoor sehingga kucing tidak terlalu kotor. Tapi tetap saja ketika kucing membuang kotoran sembarangan seperti di atas kasur maka baunya pasti tidak enak dan sangat sulit untuk dihilangkan. Belum lagi kalau rumah yang minimalis memang tidak memiliki banyak sirkulasi udara. Nah untuk itu ketika kucing buang kotoran di atas kasur maka bersihkan dengan hidrogen peroksida dan detergen.

Caranya adalah dengan mencampur hidrogen peroksida dengan sabun cuci piring. Pertama tetap harus membersihkan kotoran tersebut. Kemudian taburkan hidrogen peroksida ke bagian yang terkena kotoran kucing. Biarkan selama 20 menit lalu beri sabun cuci piring yang berbentuk cair. Biarkan selama 20 menit. Kemudian sikat dengan sikat gigi atau sikat kecil yang bersih lalu keringkan dengan menyerap menggunakan spons atau tissu.

4. Bersihkan dengan baking soda dan tepung jagung

Selain menggunakan beberapa cara diatas maka Anda juga bisa menggunakan baking soda dan campuran tepung jagung. Tepung jagung yang Anda gunakan juga bisa dari tepung maizena. Selain bisa menghilangkan bau kotoran di kasur maka juga bisa mencegah kutu kasur spring bed. Caranya juga sangat mudah sehingga tidak membuang banyak waktu.


  • Pertama adalah dengan mengangkat semua kotoran kucing. Jika ada seprasi maka bersihkan bagian seprai dengan cara yang sama.
  • Kemudian taburkan baking soda yang sudah dicampur dengan tepung jagung. Lalu biarkan selama beberapa saat dan berikan beberapa tetes air. Setelah itu tunggu sampai agak mengering.
  • Lap bagian tersebut dengan tisu atau spon kemudian bersihkan dengan air biasa dengan cara memberi beberapa tetes saja. Bersihkan lagi dengan tissu dan sebaiknya jemur kasur agar terkena sinar matahari.
  • Tepung jagung dan baking soda bisa menghilangkan aroma kotoran kucing dengan cara yang sangat alami sehingga tidak meninggalkan bau kotoran kucing di atas kasur.

5. Gunakan produk penghilang bau kucing

Meskipun bau kucing dan bau kotoran kucing sangat berlainan tapi Anda bisa menghilangkan bau kotoran kucing dengan produk yang sama. Hanya saja produk semacam ini juga tidak bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kutu kasur. Ada beberapa produk penghilang bau kotoran kucing yang biasanya disemprotkan ke litter box, kasur, atau sofa. Bahkan bisa menghilangkan bau di tempat-tempat kucing sering bermain.

Namun langkah pertama sebelum menggunakan produk ini adalah dengan menghilangkan atau mengangkat kotoran kucing. Kemudian semprotkan produk secara langsung ke bagian kotoran tersebut. Tunggu selama beberapa jam sampai bau hilang. Lalu angkat seprai dan cuci dengan detergen khusus. Semprot lagi bagian kasur yang terkena kotoran kucing dan biarkan sampai beberapa jam. Setelah itu jemur kasur dan bau kotoran kucing pasti hilang.

Begitu ternyata cara menghilangkan bau kotoran kucing di kasur paling ampuh. Anda bisa memilih mana cara yang paling ampuh dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Pastikan Anda juga menjaga kebersihan rumah dari bau kotoran kucing dan juga urin kucing.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Kebersihan