Sponsors Link

9 Cara Memperbaiki Tembok yang Mengelupas

dinding mengelupasMembuat tampilan berbagai jenis-jenis rumah tinggal menjadi lebih menarik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menggunakan material fasad bangunan, jenis gaya arsitektur rumah dan sebagainya. Namun cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan cat pada seluruh tembok rumah. Cat ini sejatinya ditujukan untuk melindungi rumah dari kondisi perubahan cuaca ekstrim. Namun karena faktor yang tidak menentu, cat rumah juga dapat mengalami kerusakan. Salah satunya adalah cat tembok yang perlahan mengelupas. Kerusakan ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Namun yang pasti, tampilan rumah Anda akan terganggu. Memperbaiki tembok yang mengelupas sebenarnya tidak sulit, asal Anda mengetahui langkah-langkah yang tepat. Berikut ini adalah tahapan dari cara memperbaiki tembok yang mengelupas, yakni:

ads
  1. Kelupaskan cat lama

Hal pertama yang Anda lakukan adalah mengepulaskan bagian cat yang telah terkelupas sebelumnya. Lakukan secara menyeluruh hingga material penutup dinding terlihat dan sudah tidak dilapisi dengan cat lagi. Setelah itu, dinding kemudian dibersihkan. Proses ini harus dilakukan, sebab apabila tidak dilakukan pengelupasan maka cat baru yang akan menimpa cat lama ini tidak akan bertahan untuk waktu yang cukup lama.

Meskipun Anda menggunakan jenis cat dinding baru sekalipun, cat tersebut akan mengelupas secara perlahan. Maka dari itu, pengelupasan harus dilakukan dengan seksama menggunakan scrape.

  1. Mengampelas sisa cat

Apabila cat sudah selesai dikelupas, dinding kemudian dibersihkan dengan menggunakan amplas. Hal ini dilakukan agar cat yang lama tidak mengganggu pengaplikasian cat baru setelahnya. Untuk itu jenis amplas yang digunakan harus disesuaikan dengan ketebalan cat lama. Jangan sampai terlalu tebal karena dapat merusak bagian tembok. Dan jangan juga terlampau tipis.

  1. Membersihkan tembok menggunakan air

Dinding yang telah selesai di amplas kemudian dibersihkan dengan menggunakan air. Hal ini ditujukan agar cat lebih lama larut sehingga mudah dibersihkan. Apabila telah selesai, maka dinding harus didiamkan selama beberapa hari hingga kondisi tembok benar-benar telah kering. Proses pengecatan pun sebaiknya dilakukan pada kondisi kering. Hal ini dikarenakan tingkat kelembaban tembok memiliki pengaruh terhadap kualitas pengecatan nantinya.  

  1. Menggunakan paint remover untuk mengelupas cat lama

Proses pengelupasan cat akan jauh lebih mudah dilakukan bila Anda menggunakan paint remover. Paint remover sendiri merupakan sebuah zat kimia khusus yang digunakan untuk merontokan cat yang lama. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, namun Anda perlu menggunakan sarung tangan karet untuk mengamankan tangan.

  1. Memperbaiki kerusakan tembok

Sebelum melakukan pengecatan ulang, terlebih dahulu Anda memperbaiki kerusakan yang terjadi pada bagian dinding. Kerusakan ini dapat berupa adanya retak rambut, meratakan bagian permukaan hingga memberikan dempul. Sehingga kondisi dinding akan benar-benar siap ketika hendak di cat ulang.

Sponsors Link

  1. Mengaplikasikan cat dasar

Setelah kondisi dinding sudah siap, maka Anda dapat langsung melakukan proses pengecatan. Langkah pertama adalah dengan melakukan cat dasar. Cat dasar ini biasanya menggunakan warna dasar putih. Tunggulah sampai cat benar-benar kering sebelum Anda melakukan tahapan selanjutnya.

  1. Pengecatan ulang

Setelah melakukan pengecatan dengan cermat, Anda dapat melakukan proses pengecatan ulang mulai dari bagian-bagian yang sulit terlebih dahulu. Biasanya adalah bagian yang dekat dengan list, Anda dapat menggunakan alat bantu kuas. Proses pengecatan juga dapat dimulai dari bagian atas, lalu menyusul ke bagian bawah dengan menggunakan roll. Untuk mengecat area eksterior rumah biasanya menggunakan warna cat rumah elegan atau warna cat rumah yang indah dan sejuk khusus. Hal ini ditujukan agar cat mampu bertahan pada kondisi perubahan cuaca yang tidak menentu.

  1. Membersihkan nodat cat

Saat mengecat bagian dinding rumah, biasanya noda akan jatuh ke lantai. Untuk itu Anda perlu menyiapkan alat kebersihan rumah berupa lap pel basa. Dengan membersihkan noda cat yang masih dalam keadaan basah, akan lebih mempermudah dibandingkan dengan membersihkan ketika kondisi cat sudah kering.

Sponsors Link

  1. Agar cat tidak mudah mengelupas

Cara memperbaiki cat tembok yang mengelupas sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan dinding mengelupas, diantaranya adalah berikut ini:

  • Melakukan pengecatan tembok pada kondisi yang masih basah sehingga tingkat kelembabannya masih tinggi.
  • Jenis cat yang digunakan tidak memiliki kualitas yang baik.
  • Kualitas bahan-bahan dalam membangun rumah sendiri kurang baik. Contohnya adalah pada campuran pasir dengan semen yang tidak menyesuaikan dengan kualitas tertentu. Sehingga apabila hujan turun, air akan mudah meresap pada seluruh pori-pori tembok.
  • Faktor lain juga dapat disebabkan oleh kualitas plamir yang jelek.
  • Kondisi dinding yang masih kotor serta berdebu ketika di cat, sehingga daya rekatnya menjadi kurang.
  • Malah mengelupas cat lama, sehingga dapat memicu terjadinya pengelupasan cat setelah dilapisi dengan cat yang baru. Faktor inilah yang paling banyak terjadi pada umumnya.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara memperbaiki tembok yang mengelupas dengan baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,