Sponsors Link

Ini Dia 7 Solusi Rumah Menghadap Barat!

rumah baratOrientasi dalam pembangunan berbagai jenis-jenis rumah tinggal adalah hal yang sangat perlu dipertimbangkan. Perlu Anda ketahui bahwa orientasi rumah memiliki peranan penting dalam menentukan material fasad rumah yang digunakan, material penutup dinding, warna cat rumah elegan yang digunakan serta tata letak ruangan di dalam rumah. Secara garis besar, kita mengenal empat arah mata angin utama, yakni selatan, utara, barat dan timur. Setiap arah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dalam pembangunan rumah tinggal, arah baratlah yang paling dihindari untuk digunakan. Mengapa demikian?

ads

Banyak orang yang menganggap rumah menghadap barat adalah malapetaka. Hal ini muncul bukan semata-mata hanya sebatas gurauan, namun hal ini disebabkan oleh sorotan cahaya atau sinar matahari yang di terima akan jauh lebih banyak dibandingkan dengan arah yang lain. Maka dari itu, rumah menghadap barat cenderung lebih panas. Meskipun terkesan tidak begitu menguntungkan, namun terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan rumah menghadap barat. Jika Anda melihat permasalahan ini dari kaca mata yang lebih besar, kerugian yang di dapatkan oleh rumah menghadap barat justru dapat diatasi dengan berbagai cara yang menarik.

Jika Anda memiliki hunian menghadap barat, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Sebab masih ada solusi dan jalan keluar yang dapat Anda lakukan. Hal ini juga akan membuat tampilan rumah Anda lebih unik dan menarik dibandingkan dengan rumah lainnya. Berikut ini adalah beberapa solusi menghadapi rumah menghadap barat yang baik dan benar, simak!

  1. Menata peletakan ruang

Sebelum rumah akan dibangun, Anda perlu melakukan anailsa dengan seksama dan mendetail. Layout rumah akan sangat berpengaruh pada rumah yang menghadap kearah barat. Namun jika rumah yang Anda dapatkan sudah jadi dan siap pakai, Anda masih dapat mengubah fungsi ruang tersebut dengan melakukan sedikit perombakan. Pada ruangan-ruangan yang menghadap kearah barat langsung dapat dimanfaatkan sebagai ruangan sekunder seperti ruang baca, gudang atau dapur. Jangan sampai meletakkan ruang-ruang utama pada area ini karena dapat mengurangi kenyamanan pengguna.

  1. Memperpanjang bagian teritisan

Selain dengan menata ruangan, cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperpanjang bagian teritisan pada bagian fasad rumah. Teritisan pada perumahan biasanya memiliki standar lebar sekitar 60 cm dari dinding. Namun untuk kasus rumah menghadap barat, Anda dapat memanjangkannya hingga 1,2 – 1,5 m.

  1. Pemanfaatan pohon

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau fungsi utama dari pohon adalah menyerap sinar matahari sebagai kebutuhan untuk melakukan fotosintesis. Maka dari itu, penanaman pohon dan berbagai jenis bunga untuk taman sangat direkomendasikan pada rumah tinggal dengan posisi menghadap barat. Maksimalkan area barat dengan penataan pohon-pohon teduh. Hal ini dapat membantu menghalau sinar matahari terik, terlebih pada siang hari.

Penanaman pohon disesuaikan kembali dengan luasan lahan yang tersedia. Jangan sampai pohon terlampau besar hingga memakan banyak ruang pada halaman dan justru memperburuk tampilan rumah. Selain mengurangi paparan sinar matahari, pohon juga dapat membantu meredam suara bising yang muncul dari lingkungan sekitar.

  1. Pemanfaatan tanaman rambat

Cara ini sebenarnya masih serupa dengan cara menanam pohon pada area barat. Namun pemanfaatan tanaman rambat lebih menghemat luasan dan sangat cocok digunakan pada rumah tinggal yang tidak memiliki lahan terlalu luas. Selain itu terdapat berbagai macam tanaman rambat hias yang dapat Anda gunakan. Selain dapat mengurangi intensitas cahaya di dalam ruangan, tanaman rambat juga dapat memberikan dampak signifikan pada tampilan rumah Anda. maka dari itu, penataan tanaman rambat juga perlu diperhatikan.

Sponsors Link

  1. Menggunakan secondary skin

Penggunakan secondary skin untuk menghalau sinar matahari memang hal yang umu dilakukan, terlebih pada rumah yang mengahadp kearah barat. Salah satu contoh secondary skin yang dapat Anda gunakan adalah kisi-kisi. Terdapat banyak jenis kisi-kisi yang dapat Anda gunakan. Hebatnya meskipun dapat menghalau sinar matahari, kisi-kisi masih memiliki celah yang memungkinkan udara masuk ke dalam ruangan. Pilihan Anda tidak terbatas pada kis-kisi saja. Masih banyak pilihan lain yang dapat Anda gunakan sesuai dengan selera.

  1. Mengoptimalkan teras rumah

Teras rumah pada rumah tinggal juga sebenarnya dapat mengurangi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Sebab dengan adanya teras rumah, sinar matahari jatuh kepada teras, tidak langsung masuk ke dalam ruangan.

  1. Menggunakan warna yang tepat

Warna cat rumah juga dapat berpengaruh terhadap panas dan dingin sebuah ruangan. Untuk menghasilkan ruangan yang sejuk, Anda perlu menggunakan warna cat rumah yang indah dan sejuk seperti warna putih. Hindari penggunaan warna-warna yang dapat menyerap panas seperti warna hitam, coklat serta abu-abu.

Demikianlah beberapa penjabaran darui solusi mengatasi rumah menghadap barat yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Lokasi