Sponsors Link

6 Tips Membeli Rumah di Jakarta yang Wajib Diketahui

Ibukota Jakarta merupakan salah satu tujuan beberapa masyarakatnya untuk mencoba peruntungan nasib dalam mencari pekerjaan. Sebagai ibukota metropolitan, banyak yang tertarik akan keragaman lapangan pekerjaan yang dibutuhkan dan pula kelengkapan fasilitas yang ada didalamnya dibandingkan dengan daerah lain yang masih berkembang. Sudah jelas bahwa banyak sekali orang yang memutuskan untuk memasuki Jakarta dan mungkin memutuskan untuk tinggal disana baik sifatnya sementara atau menetap untuk jangka waktu yang panjang.

Setelah bekerja di Jakarta dan mendapatkan pekerjaan yang layak dan kontrak kerja cukup lama, akan membuat Anda berpikir untuk mencari tempat tinggal yang bisa digunakan cukup lama pula. Mengontrak atau mengekos seperti pada tips mengontrak rumah mungkin salah satu solusinya, namun mungkin karena kurang bebas akibat beberapa peraturan dan beberapa faktor lain memutuskan Anda untuk mencari rumah sendiri. Nah, beberapa tips membeli rumah di Jakarta wajib diketahui agar apat membantu Anda mendapatkan hunian layak di Ibukota.

1. Informasi Adalah Kunci

Sudah jelas hal pertama yang Anda lakukan sebelum membeli rumah adalah mencari informasi tentang jual beli rumah sebanyak-banyaknya. Mungkin Anda bisa mencari kenalan atau membeli rumah dari lelang bank atau pergi ke acara pameran properti yang biasa diadakan di mall-mall. Pameran biasanya menghadirkan harga yang lebih murah karena adanya diskon, potongan administrasi atau KPR.

Atau memanfaatkan teknologi yang ada karena fase kehidupan di Jakarta yang cepat dan tidak ingin membuang waktu terlalu banyak dengan keliling ibukota, gunakanlah internet untuk memudahkan Anda mencari informasi tentang rumah yang dijual. Banyaknya informasi yang Anda punya pasti akan membantu Anda untuk membandingkan dan mengambil keputusan hunian apa yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Mencari Sendiri

Banyaknya informasi di internet dalam informasi jual beli rumah tentunya harus diperhatikan secara seksama kembali, apakah ada pihak lain yang ikut menawarkan seperti agen atau makelar. Jika budget yang Anda miliki terbatas cara membeli rumah adalah ada baiknya carilah informasi rumah sendiri karena bila menggunakan jasa agen atau makelar, biaya yang dikeluarkan akan lebih mahal karena harus membayar biaya jasa mereka.

3. Budget

Salah satu tips membeli rumah tentu saja siapkan budgetmu secara seksama. Ini merupakan hal yang penting agar kamu benar-benar siap apabila tiba-tiba ada dana yang harus dikeluarkan dan merogoh kantongmu lebih dalam. Sesuaikan dana budegtmu untuk membeli rumah dengan rumah yang ingin kamu beli.

Jangan terlalu memaksakan membeli rumah yang berada di luar jangkauan pendapatanmu, karena selain menjadi beban nantinya kamu juga harus menyiapkan dana lain seperti membeli isi rumah atau melakukan perawatan, membayar pajak dan lain sebagainya. Jadi pertimbangkan secara seksama sebelum membeli.

4. Rumah Second

Jika Anda masih menimbang biaya untuk membangun rumah dari awal, mungkin tips membeli rumah bekas di perumahan bisa menjadi pertimbangan. Harga rumah bekas dapat Anda negosiasikan dengan pemilik rumah, sehingga mungkin nantinya Anda akan mendapatkan harga lebih murah daripada harus membeli yang baru.

Pastikan kembali Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya sebagai hal utama dalam tips membeli rumah di Jakarta wajib diketahui untuk menjadi bahan pertimbangan. Jangan sampai nanti Anda nantinya salah pilih, ketahui yang harus diperhatikan saat membeli rumah second dan telitilah sebelum membeli. Lihatlah apakah rumah yang Anda beli butuh banyak perbaikan atau tidak sehingga Anda harus mempertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan.

5. Rusun atau Apartemen?

Tidak ingin membuang waktumu sia-sia di jalan karena macet yang bisa sampai berjam-jam? Atau ingin tinggal ditempat yang mudah untuk dijangkau kemana saja ditengah ibu kota? Tapi mencari perumahan atau rumah huni ditengah kota sangat susah, walaupun ada terkadang harus memasuki gang sempit yang bahkan mobil saja tidak bisa masuk. Mungkin mencari hunian berupa apartemen atau rumah susun dapat memberikanmu solusi.

Saat ini sudah banyak hunian berbentuk apartemen hadir berdiri ditengah ibu kota, terutama kalangan anak muda atau keluarga baru seperti pada tips membeli rumah untuk pasangan muda lebih mengincar apartemen untuk hunian mereka. Akses kedalam apartemen biasanya sudah sangat aman sehingga tindak kriminal seperti maling kemungkin kecil akan terjadi. Selain itu akses dan fasilitas yang diberikan juga sudah banyak dan mudah dijangkau.

Begitu pula dengan rumah susun, mungkin yang ada dibayangan adalah ruangannya yang sempit dan berisik serta panas. Padahal banyak keuntungan yang bisa diambil jika tinggal dirumah susun lho. Kebanyakan rumah susun yang dibangun lokasinya sangat strategis dengan pusat kota. Harga yang nantinya Anda keluarkan juga tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan apartemen ataupun rumah mengingat harga tanah di Jakarta begitu tinggi.

6. Pinggiran Jakarta vs Pusat kota

Sudah pasti bahwasanya biaya hidup di ibukota cukup tinggi begitu pula harga rumah. Banyak pula pekerja yang mencari tempat tinggal di tengah kota mengingat tingkat kemacetan yang begitu tinggi sehingga untuk menghemat waktu banyak yang memilih untuk mencari tempat tinggal di tengah ibu kota. Mungkin itu bisa dijadikan opsi, namun melihat mahalnya rumah di ibu kota, terutama yang letaknya strategis mungkin banyak yang harus dipertimbangkan kembali.

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan adalah memilih tempat tinggal di pinggiran Jakarta. Memang agak jauh, tapi Anda akan mendapatkan hunian yang maisih sesuai dengan budget Anda. Ppilihlah daerah yang memiliki akses ketempat kerja Anda atau sekolah yang mudah, seperti dekat dengan stasiun KRL, atau halte Busway dan Trans Jakarta.

Daerah pilihan yang bisa Anda jadikan opsi adalah di daerah Depok, Bekasi atau BSD yang masih memiliki beragam tipe rumah dari tipe 36 dan 45 dengan kisaran harga 500 juta. Atau bisa memilih di daerah perbatasan dengan Jakarta seperti Cipayung dan Cakung.

Sudah siap untuk tinggal di ibukota dan menetap disana? Pastikan kembali Anda mempunyai informasi mengenai tips membeli rumah di Jakarta wajib diketahui dan dana yang cukup ya. Walaupun banyak yang bilang hidup di Jakarta keras namun pasti semua dilampaui dengan usaha dan menabung tentunya.

Melihat harga rumah yang begitu tinggi di ibukota jangan membuat Anda berkecil hati. Carilah informasi sebanyak-banyaknya sebelum Anda terburu-buru untuk membeli dan membaca tulisan kembali diatas yang mungkin dapat membantu Anda memberikan beberapa opsi sebelum membeli rumah.

, , ,



Oleh :
Kategori : Lokasi